Keuntungan Beli Rumah Second Dibanding Rumah Baru. Banyak orang yang bermimpi untuk memiliki rumah sendiri. Apalagi bagi pasangan muda, biasanya mempunyai rumah adalah tujuan dalam hidup yang harus mereka capai.

Setelah Anda dan pasangan yakin untuk memiliki rumah, biasanya muncul satu pertanyaan di kepala Anda, sebenarnya lebih baik beli rumah atau bangun rumah dan mana yang lebih untung? Jika kamu memilih membeli rumah lebih baik, membeli rumah yang baru atau yang second?

Membeli rumah second bisa memberikan keuntungan dibanding membeli rumah yang baru lo. Jika kamu berniat membeli rumah second atau bekas, berikut beberapa keuntungan yang bisa menjadi pertingbangan

keuntungan rumah second
Desain garasi 31

Rumah sudah jadi dan siap dihuni

Rumah second yang dijual sudah berdiri, sehingga Anda dapat melihat bentuk dan kualitas bangunan rumah dijual. Bentuk dan kualitas rumah tentu mempengaruhi harga jual rumah. 

Di sisi lain, saat membeli rumah baru, Anda hanya bisa melihat bentuk rumah dijual berdasarkan gambar dari brosur yang dibuat pengembang.

Rumah second pun umumnya dijual dalam keadaan siap huni atau layak untuk dihuni. Berbeda dengan rumah dijual pengembang, yang umumnya inden, alias rumah dijual saat belum dibangun. 

lingkungan rumah sudah hidup

Rumah second dijual sang pemilik biasanya memiliki lingkungan dan fasilitas penunjang yang sudah jadi, seperti memiliki tetangga, kontrol sosial, sistem keamanan, fasilitas pendidikan, fasilitas kesehatan, tempat ibadah, dan fasilitas lainnya. Di samping itu, infrastruktur kawasan rumah, seperti jalan, taman, listrik, dan air sudah berjalan.

Sebaliknya, rumah dijual pengembang di pasar primer umumnya belum memiliki lingkungan sosial, fasilitas, dan infrastruktur yang hidup. Dengan demikian, para penghuni butuh waktu lebih lama untuk beradaptasi karena sistem sosial belum berjalan normal.

Harga yang miring

Membeli rumah second tentu menguntungkan anda sebagai calon pembeli karena memiliki ruang untuk bernegosiasi. Berbeda dengan rumah dijual developer, yang memiliki patokan harga dan diskon dengan besaran tertentu.

Biasanya penjual rumah sudah menetapkan harga jual tertinggi yang ditawarkan dan patokan harga terendah yang bisa dijual yang tentunya tidak akan diungkapkan kecuali sudah kepepet. Sebagai pembeli kamu harus jeli melihat kondisi rumah, namun jangan menekan harga terlalu kebangetan yang wajar-wajar saja.

Bisa dijadikan investasi dan resikonya lebih kecil

Rumah yang siap dihuni berarti siap juga untuk disewakan atau dijual kembali setelah renovasi. Jika rumah dekat dengan area padat aktivitas, kamu bisa menyewakannya. Jika cukup luas bisa dijadikan kos-kosan.

Lingkungan rumah yang sudah hidup dengan segala fasilitasnya membuat Anda sudah bisa mengukur risiko investasi saat rumah dijual atau ditawarkan pemilik. Biasanya, rumah yang berada di kawasan yang telah jadi memiliki risiko investasi yang lebih kecil dibanding rumah dijual di pasar primer. 

Rumah second telah memiliki sejarah eskalasi kenaikan harga jual (capital gain) dan nilai sewa (rental yield) yang dapat dijadikan rujukan untuk Anda dalam berinvestasi. 

Jangan lupa cek artikel lainnya di sakti desain. Jika kamu ada pertanyaan dan ingin mengetahui tentang sakti desain kamu bisa klik banner di bawah ini atau klik icon whatsapp di samping kanan. Dan juga cek channel youtube kami Sakti Desain Konsultan.

ARTIKEL TERKAIT

Kategori:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pos Terkait

Uncategorized

Mau bangun/ gambar rumah dulu?

Sakti desain tempat paling tepat untuk konsultasi….

Uncategorized

INGIN PUNYA RUMAH? 

Daripada buat beli rumah mending mbangun aja.. Punya uang 150 juta atau 600 juta tapi memilih beli rumah daripada bangun rumah sendiri?? Daripada membeli rumah lebih baik membangun rumah sendiri melalui kontraktor konsultan berpengalaman, karena Baca Selengkapnya…

TIM SAKTI DESAIN

Selamat Datang di SAKTI DESAIN

Sakti Desain adalah salah satu merk dagang dari PT Sakti Indah Properti Land yang bergerak di bidang Desain Arsitektur, Kontraktor, Toko Bangunan, Developer Properti, dan Agen Properti. Berdiri sejak tahun 2011

×