Keunggulan Material Gypsum Untuk Dinding. Dinding gypsum merupakan material yang harus kamu perhatikan karena bisa mempengaruhi komposisi rumah. Dinding gypsum ini mengutamakan aspek fungsional sekaligus mempunyai kualitas yang tinggi dengan berbagai ukiran dan motif yang menarik.

Umumnya orang sudah mengetahui kalau gypsum digunakan untuk plafon rumah, namun tak banyak orang tau material ini bisa dijadikan bahan pelapis dinding. Lalu apa keunggulan gypsum sebagai pelapis dinding dibanding dengan memplester dinding seperti pada umumnya? Cek di bawah ini :

See the source image, keunggulan gypsum
gharpedia.com

Proses pemasangan mudah 

Untuk diketahui, proses pemasangan papan gypsum interior tergolong mudah dirancang dengan baik pada sisi interior. Tak hanya mudah, proses pengerjaannya pun relatif cepat sekalipun cukup siapkan rangka dinding, lalu papan gipsum bisa langsung ditempel. 

Apabila pemasangan melibatkan dinding beton, maka semen dan batu batanya terlebih dahulu harus disiapkan, namun pembuatannya memakan sedikit waktu.

Mudah Diperbaiki

Selain prosesnya mudah, dinding gypsum juga tergolong sangat mudah diperbaiki. Pasalnya, apabila gypsum mengalami kerusakan seperti berlubang atau lecet, cukup mendempul atau memotong bagian yang rusak itu, lalu menempelkannya kembali ke bagian yang baru.

Lebih Ringan

Dibandingkan dengan dinding beton, bobot dinding papan gypsum cenderung jauh lebih ringan, terlebih dapat dibentuk dengan baik. Hal tersebut menjadi keunggulan penggunaan papan gipsum, karena akan membuat penghuni rumah menjadi aman terutama ketika terjadi gempa.

See the source image
interiorsystemsindia.com

Ramah Lingkungan

Papan gipsum terbilang ramah lingkungan, karena jika bahan material ini sudah tidak terpakai lagi, maka gipsum tidak akan mencemari tanah. Sebab, gypsum nantinya akan langsung melebur dalam tanah. Bahan materialnya juga bisa menghemat penggunaan energi pada rumah.

Contohnya jika ruangan rumah Anda ber-AC, gypsum lebih mudah membuat ruangan menjadi dingin karena sifat materialnya yang tidak menyerap hawa dingin.

Lebih Hemat

Selain pemasangannya mudah, penggunaan material gypsum kamu pun bisa meminimalisir biaya pengeluaran ketika membangun rumah. Pasalnya, dinding gypsum tergolong ringan sehingga tidak mengharuskan kamu untuk membuat pondasi rumah yang kuat. 

Selain itu, kamu bisa memasang sendiri gypsum untuk dinding, sehingga tak perlu lagi mengeluarkan biaya untuk tukang bangunan.

Tidak Menyerap Panas 

Bahan gypsum terdiri atas berbagai jenis, salah satunya dapat mengurangi panas sehingga sangat cocok dijadikan pendingin ruang. Ini disebabkan karena gypsum dilengkapi oleh bahan material yang mampu memantulkan energi dan sinar matahari.

Bisa dikatakan, suhu rendah dan sejuk akan mampu tinggal lebih lama di dalam ruangan, sehingga dapat membuat ruangan lebih nyaman.

See the source image, keunggulan gypsum
bestinteriordesignideastoday.blogspot.com

Tersedia dalam berbagai motif 

Tak hanya mengutamakan aspek fungsional, dinding gypsum juga memperhatikan unsur estetika yang sangat baik. Sebab, dinding gypsum terdiri atas berbagai motif mulai aksen polos dengan tekstur warna-warna netral hingga bermotif unik dan terlihat mewah.

Selain itu, kamu juga bisa memilih jenis dinding gypsum sesuai permintaan maupun kebutuhan untuk hunian. 

Mudah didapat

Kemudahan lain bukan hanya proses pemasangannya saja, melainkan juga ketersediaan gypsum  di pasaran. Sebab, kamu pun tak perlu khawatir jika kesulitan untuk mencari bahan material dinding gypsum di toko material, sekalipun harganya masih amat terjangkau.

Dapat dirancang secara melengkung

Untuk diketahui, penggunaan gypsum juga tergolong lebih fleksibel dalam merancang visual yang lebih baik. Pasalnya, gypsum tersebut bisa diaplikasikan dalam bidang yang bersifat melengkung.

Saat ini, banyak produsen gypsum yang sudah memproduksi papan lengkung sesuai kebutuhan tata ruang.

Jangan lupa cek artikel lainnya di sakti desain. Jika kamu ada pertanyaan dan ingin mengetahui tentang sakti desain kamu bisa klik banner di bawah ini atau klik icon whatsapp di samping kanan. Dan juga cek channel youtube kami Sakti Desain Konsultan.

ARTIKEL TERKAIT

Kategori:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pos Terkait

Uncategorized

Mau bangun/ gambar rumah dulu?

Sakti desain tempat paling tepat untuk konsultasi….

Uncategorized

INGIN PUNYA RUMAH? 

Daripada buat beli rumah mending mbangun aja.. Punya uang 150 juta atau 600 juta tapi memilih beli rumah daripada bangun rumah sendiri?? Daripada membeli rumah lebih baik membangun rumah sendiri melalui kontraktor konsultan berpengalaman, karena Baca Selengkapnya…

TIM SAKTI DESAIN

Selamat Datang di SAKTI DESAIN

Sakti Desain adalah salah satu merk dagang dari PT Sakti Indah Properti Land yang bergerak di bidang Desain Arsitektur, Kontraktor, Toko Bangunan, Developer Properti, dan Agen Properti. Berdiri sejak tahun 2011

×