fbpx

Kebanyakan orang akan mengeluarkan banyak uang untuk merenovasi rumah mereka. Hal ini bisa terjadi karena pemilik rumah sering melakukan kesalahan dari tahap perencanaan samai proses renovasi dilakukan. Kesalahan tersebut bukan berdampak kepada anggaran saja, namun juga menyita banyak waktu, energi dan menuntut solusi yang menjadikan si pemilik rumah stress.

Bagi anda yang ingin melakukan renovasi, sebaiknya tidak melakukan kesalahan renovasi yang sama agar terhindar dari masalah sulit. Berikut beberapa kesalahan renovasi yang umum dilakukan beserta tips untuk menghindarinya.

Terlalu melebihkan keinginan

Perlu anda ketahui, saat renovasi rumah yang di utamakan bukanlah keinginan kita melainkan kebutuhan. Dalam hal ini juga menentukan waktu yang tepat untuk melakukannya. Jika anda terlalu mengutamakan keinginan seperti fokus terhadap gaya interior, detai dan dekor secara tidak langsung mengabaikan kerusakan yang harus di perbaiki, dan hasilnyapun anda mengeluarkan uang yang bisa di bilang percuma. Renovasi bukan hanya untuk memperindah tampilan saja, namun memperbaiki kondisi bangunan yang sudah rusak.

Anggaran yang tidak sesuai

Perencanaan anggaran didasarkan dengan kebutuhan, namun jangan membuat anggaran dipangkas drastis, terutama jika anda tidak menyediakan anggaran untuk merenovasi yang tidak diperkirakan seperti harga material yang tiba-tiba naik. Maka dari itupatikan perencanaan biaya renovasi tidak terlalu kecil sesuai dengan material yang anda butuhkan dan siapkan beberapa anggaran tambahan jika sewaktu-waktu material harganya naik.

Memperbaiki kerusakan dalam satu waktu

Berjalannya waktu, kebutuhan rumah kian bertambah. Bukan hanya kerusakan yang harus segera di perbaiki, namun juga menambah ruangan untuk anggota keluarga yang beranjak dewasa. Jika anda hanya mempunyai anggaran terbatas pilihlah masalah yang paling mendesak, jangan lakukan renovasi di satu waktu karena semakin banyak renovasi maka resiko kegagalan dan beban pikiran meningkat.

Mekakukan perubahan instan

Saat proses renovasi dilakukan, berkomitmenlah pada rencana awal yang telah di buat. Perubahan yang dilakukan di tengah-tengah proses renovasi dapat mengubah rencana secara keseluruhan, salah satunya menambah anggaran biaya. Biasanya perubahan akan dilakukan pada saat setengah jadi atau sebagian hasil. Maka dari itu sangat penting untuk mempertimbangkan setiap langkah dengan baik dan tepat.

Tidak memikirkan kendala

Sudah menjadi hal yang umum, jika sesuatu yang direncanakan sewaktu-waktu akan di luar yang di rencanakan. Faktor kendala bisa datang dari mana saja misal molornya para pekerja, proses yang lebih sulit dari dugaan dan lain-lain. Siapkan 15-20% dari total anggaran renovasi untuk mengantisipasi pengeluaran tambahan.

+ tidak memanfaatkan bantuan dari profesional

Memang renovasi rumah bisa dilakukan secara mandiri, namun ada baiknya memanfaatkan jasa para profesional di bidangnya. Jika anda berinisiatif melakukan renovasi sendiri tampa memiliki keahlian, justru dapat memunculkan resiko kegagalan yang besar, alih-alih menekan biaya bisa-bisa membengkak. Maka dari itu jika anda takut terjadi hal tersebut tidak ada salahnya menggunakan jasa profesional.

ARTIKEL TERKAIT

Kategori:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pos Terkait

Uncategorized

Mau bangun/ gambar rumah dulu?

Sakti desain tempat paling tepat untuk konsultasi….

Uncategorized

INGIN PUNYA RUMAH? 

Daripada buat beli rumah mending mbangun aja.. Punya uang 150 juta atau 600 juta tapi memilih beli rumah daripada bangun rumah sendiri?? Daripada membeli rumah lebih baik membangun rumah sendiri melalui kontraktor konsultan berpengalaman, karena Baca Selengkapnya…

TIM SAKTI DESAIN

Selamat Datang di SAKTI DESAIN

Sakti Desain adalah salah satu merk dagang dari PT Sakti Indah Properti Land yang bergerak di bidang Desain Arsitektur, Kontraktor, Toko Bangunan, Developer Properti, dan Agen Properti. Berdiri sejak tahun 2011