Kenalan Dengan Tanaman Akar Wangi

Dipublikasikan oleh Administrator pada

Apakah kamu mendengar nama tanaman akar wangi? dari namanya saja, kamu mungkin membayangkan adalah tanamannya berbau harum. Namun tidak semua itu benar, untuk lebih jelasnya yuk kenalan dulu dengan tanaman akar wangi ini.

Apa itu tanaman akar wangi

Tanaman akar wangi punya beberapa nama julukan lain yang mungkin lebih akrab di telinga kalian, di antaranya adalah narwastu, serai wangi, dan vetiver. Nama ilmiah akar wangi adalah Chrysopogon zizanioides dari famili Poacease yang masih satu rumpun dengan serai atau padi.

Asal akar wangi adalah dari negara India, namun tumbuhan ini juga banyak dibudidayakan di negara tropis termasuk Indonesia. Tanaman rerumputan ini bisa tumbuh subur di iklim panas, mencapai 1 sampai 3 meter tingginya. Karakteristik fisiknya sering ditandai dengan bentuk batang yang panjang dan daun tipis panjang yang kaku dan keras. Akar wangi juga bisa berbunga coklat keunguan dengan akar yang kokoh.

Nah, dari segi aroma, akar wangi adalah juaranya. Tanaman dengan banyak manfaat ini punya aroma semerbak yang hampir sama dengan serai dan citrus. Dengan nuansa alami a la tropis, tak heran jika akar wangi sering dijadikan bahan parfum, pengharum ruangan atau pewangi benda, dan juga skincare.

Kategori:

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×

Powered by WhatsApp Chat

×