fbpx

Kenalan dengan Dinding Kamprot dan Cara Membuatnya

Pernahkah kamu berfikir, tampilan dinding apa yang cocok untuk desain exterior rumah? biasanya tampilan dinding exterior rumah ya seperti terexpos atau plaster biasa.

Apakah kamu pernah mendengar istilah dinding kamprot? walaupun sering diaplikasikan pada exterior rumah, mungkin belum sering terdengar oleh masyarakat awam. Namun sebetulnya banyak dari kamu yang pernah melihat atau menyentuh tampilan dinding yang satu ini. Nah, berikut penjelasan singkat apa itu dinding kamprot dan bagaimana pemanfaatannya.

Definisi

Dinding kamprot adalah teknik finishing permukaan dinding dengan tekstur kasar. pengertian tekstur kasar disini beragam, bisa dari segi bentuk, corak atau finishing itu sendiri. Tampilan dinding kamprot terlihat acak tidak sempurna namun saat terkena cahaya, tekstur kasar pada dinding ini dipertegas dan terlihat jelas dan estetik.

Tak heran jika dinding kamprot sering menghiasi bagian eksterior-eksterior rumah.

Cara membuat

Dalam pembuatan dinding kamprot, penggunaan material yang tetap sangat diutamakan agar hasilnya sesuai dengan keinginan.

Membuat bahan dinding kamprot

Bahan dasar yang umum digunakan untuk membuat dinding kamprot adalah semen dan asir yang di aduk scara merata. Bahan dasar ini rentan rontok terutama jika di buat menggunakan semen instan berkualitas rendah atau sedang. Untuk pengayakan pasir, ukuran butir harus di pilih dengan tepat, agar hasil sesuai ekspetasi.

Plaster dinding

Walaupun memiliki tekstur kasar, namun kamu tetap harus memplaster dinding, agar hasilnya sempurna dan maksimal. plaster dinding digunakan sebagai canvas untuk membuat finishing dinding kamprot.

Spray gun khusus

Pengerjaan dinding kamprot biasanya menggunakan sekop, namun jika secara profesional terkadang menggunakan alat khusus yaitu spray gun. Pengerjaan yang profesional menggunakan alat ini supaya hasil dari dinding kamprot rata dan sempurna karena jika menggunakan skop terkadang tidak rata.

Memberi warna

Dalam pewarnaannya dinding kamprot biasanya di cat setelah material dari dinding ini kering. Namun kamu bisa mencampurkan dengan cat emulsi dan kamu akan mendapatkan tampilan yang lebih bervariasi. Cat emulsi juga bisa mempengaruhi kelembutan atau kekasaran dinding, semakin kental cat emulsi maka semakin lembut tekstur dinding.

Dinding kamprot biasanya menjadi pilihan dinding eksterior outdoor, teras, halam rumah atau gedung. Namun ingat, dinding kamprot tetap bisa melukai kulit. Bagaimana kamu tertarik mengaplikasikan dinding kamprot?

ARTIKEL TERKAIT

Kategori:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pos Terkait

Uncategorized

Mau bangun/ gambar rumah dulu?

Sakti desain tempat paling tepat untuk konsultasi….

Uncategorized

INGIN PUNYA RUMAH? 

Daripada buat beli rumah mending mbangun aja.. Punya uang 150 juta atau 600 juta tapi memilih beli rumah daripada bangun rumah sendiri?? Daripada membeli rumah lebih baik membangun rumah sendiri melalui kontraktor konsultan berpengalaman, karena Baca Selengkapnya…

TIM SAKTI DESAIN

Selamat Datang di SAKTI DESAIN

Sakti Desain adalah salah satu merk dagang dari PT Sakti Indah Properti Land yang bergerak di bidang Desain Arsitektur, Kontraktor, Toko Bangunan, Developer Properti, dan Agen Properti. Berdiri sejak tahun 2011