Kelebihan dan Kekurangan Wajan Keramik

Dipublikasikan oleh Administrator pada

Kelebihan dan Kekurangan Wajan Keramik. Memiliki peralatan masak, merupakan prioritas utama untuk keluarga. Misalnya saja wajan, peralatan masak ini di setiap rumah pasti ada.

Dari berbagai bahan pembuatan wajan, terdapat wajan keramik yang memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan yang menjadi banyak pertimbangan.

kelebihan wajan keramik
inductioncookwaresets.biz

Bebas Zat Pemicu Penyakit

Kelebihan wajan keramik yang paling utama adalah bebas zat pemicu penyakit. Berbeda dengan wajan teflon yang dilapisi dengan zat kimia anti lengket. Wajan keramik tidak akan menimbulkan reaksi kimia ketika terpapar suhu panas. Sifat licinnya tercipta secara alami, bukan kimiawi.

Sebagai bonus kesehatan, wajan keramik diklaim mampu mempertahankan nutrisi bahan makanan yang dimasak. Penggunaan minyak juga dapat dikurangi karena permukaan wajan ini sudah licin.

Menyerap Panas dengan Baik

Pada dasarnya, keramik mampu menyerap panas dengan baik dan merata. Dengan demikian, masakan jadi lebih cepat matang, tapi tidak akan mudah hangus. Cocok untuk menumis sayuran dan memanggang daging, nih.

Mudah Dibersihkan

Membersihkan wajan usai memasak adalah hal yang menyebalkan. Kamu harus menggosok sekuat tenaga dan berpotensi merusak permukaan wajan. Lain halnya dengan wajan keramik yang sangat mudah dibersihkan. Hal ini dikarenakan permukaannya halus dan licin. Cukup cuci menggunakan sabun cuci piring dan spons pencuci. Jika ada noda kerak yang tebal, rendam saja wajan tersebut dengan air bersuhu normal selama 10-15 menit. Nantinya noda tersebut akan terlepas dari permukaan wajan.

easyrecipedepot.com

Bobotnya Berat

Wajan keramik memiliki bobot yang berat jika dibandingkan dengan wajan stainless steel atau teflon. Penyebabnya adalah material dasar yang dari awal memang sudah memiliki bobot berat. Kekurangan wajan keramik yang satu ini akan menyulitkanmu ketika hendak menggerakkannya selagi memasak. Wajan keramik juga sebaiknya tidak digantung di area kitchen set karena rawan terjatuh. Hindari pula kebiasaan menyimpan wajan keramik di tumpukan paling atas karena bisa membuat benda di bawahnya penyok 

Permukaan Rawan Tergores

Material yang tergolong alami ini sayangnya mudah tergores. Meskipun tidak menimbulkan bahaya, goresan tersebut akan mengurangi keindahan wajan keramik. Proses memasak pun jadi kurang menyenangkan karena permukaannya tidak lagi halus dan rata.

Namun, untungnya saat ini ada langkah pencegahan yang bisa dilakukan. Di antaranya adalah menggunakan spatula dari kayu atau silikon yang sudah bersertifikat food grade. Lalu, hindari mencuci wajan keramik dengan sikat dan gumpalan kawat.

Jangan lupa cek artikel lainnya di sakti desain. Jika kamu ada pertanyaan dan ingin mengetahui tentang sakti desain, kamu bisa klik banner di bawah ini atau klik icon whatsapp di samping kanan Layar. Cek juga channel youtube kami Sakti Desain Konsultan.

Tag : wonosobo, banjarnegara, temanggung, magelang, yogyakarta, kontraktor interior, kontraktor interior design, interior kontraktor, jasa kontraktor rumah, jasa kontraktor bangunan, jasa kontraktor apartemen, jasa kontraktor gudang, jasa kontraktor hotel, jasa kontraktor terbaik di indonesia, jasa kontraktor kantor, jasa kontraktor lantai, jasa kontraktor lokal, jasa kontraktor rumah 2 lantai, jasa kontraktor per meter, jasa kontraktor renovasi rumah, jasa kontraktor rumah murah, jasa kontraktor taman, jasa kontraktor rumah terbaik, jasa arsitek rumah, jasa arsitek, jasa arsitek murah, jasa arsitek rumah mewah, jasa arsitek rumah minimalis, jasa arsitek desain rumah, jasa arsitek rumah murah, jasa arsitek renovasi rumah, jasa arsitek online, jasa arsitek rumah klasik, jasa arsitek dan desain interior, jasa arsitek profesional, jasa arsitek rumah online, jasa desain rumah, harga jasa desain rumah, jasa desain rumah online, harga jasa desain rumah 3d, jasa desain rumah minimalis, jasa desain rumah minimalis sederhana, jasa desain rumah mewah, jasa desain rumah murah, jasa desain rumah minimalis 1 lantai, jasa desain rumah kita, jasa desain rumah kost, jasa desain rumah dan rab, harga jasa desain rumah per meter, jasa desain rumah minimalis 2 lantai, jasa desain rumah 3d, jasa desain rumah per m2, jasa desain rumah online murah, jasa desain rumah elegan, jasa desain rumah minimalis modern 2 lantai, jasa desain rumah 2 lantai, jasa desain rumah tinggal, jasa desain rumah minimalis murah, jasa desain rumah klasik, jasa desain rumah modern, jasa desain rumah kecil, kontraktor rumah, jasa kontraktor rumah, harga kontraktor rumah per meter, kontraktor rumah sakit, kontraktor rumah murah, rekomendasi kontraktor rumah, jasa arsitek dan kontraktor rumah, jasa kontraktor rumah murah

Kategori:

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *