Kelebihan dan Kekurangan Plafon Triplek. Plafon, atau yang biasa kita sebut langit-langit rumah, adalah sebuah komponen rumah yang menutup dan melindungi ruangan dari kerangka atap. Plafon di rumah memiliki banyak jenis, beberapa di antaranya yang paling sering digunakan adalah langit-langit triplek, plafon gipsum, dan plafon fibersemen atau GRC board. Dari tiga jenis langit-langit tersebut, kali ini kita akan membahas tentang langit-langit triplek.

Plafon yang terbuat dari lapisan-lapisan kayu tipis ini sangat spesial rasanya karena lebih populer dibandingkan dengan jenis lainnya. Secara singkat, plafon ini lebih sering digunakan karena harganya yang relatif murah dan pemasangannya yang mudah.

Untuk kamu yang berniat memasang plafon triplek ini, simak kelebihan dan kekurangan dari plafon triplek ini

kelebihan dan kekurangan plafon triplek
amazon.com

Kelebihan

  • Harganya murah. Plafon ini memiliki harga yang lebih bersahabat di kantong dibandingkan dengan plafon gypsum atau GRC. Pilihan yang tepat untuk desain rumah indah yang ekonomis.
  • Bertekstur halus. Pori-pori pada triplek yang digunakan untuk langit-langit rumah sangat rapat sehingga terlihat halus, mulus, dan lebih rapi; membuatnya lebih mudah dicat dan di dekorasi sesuai dengan keinginan.
  • Proses pemasangannya mudah. Karena karakteristiknya yang ringan, plafon ini mudah dipasang dan dibentuk sesuai dengan kebutuhan. Bisa banget kamu kerjakan sendiri.
  • Kuat dan tahan lama. Triplek memang sudah terkenal dengan sifatnya yang dapat menopang beban berat.
  • Mudah ditemukan dimana-mana. Langit-langit triplek sangat populer penggunaannya di kalangan masyarakat luas, dan bisa kamu temukan di toko material terdekat.
  • Tidak mudah menyusut atau melengkung. Tidak seperti material besi, kayu merupakan penghantar panas yang buruk sehingga tidak dapat menyusut dan menjaga suhu ruangan di dalam rumah.

Kekurangan

  • Tidak tahan api. Karena terbuat dari material kayu, plafon triplek mudah terbakar sehingga penempatannya tidak disarankan terlalu dekat dengan sumber api.
  • Akan lembab apabila terekspos air terus-menerus. Walaupun tahan air, plafon triplek yang umurnya sudah tua tidak akan tahan air dan mudah keropos.

Jangan lupa cek artikel lainnya di sakti desain. Jika kamu ada pertanyaan dan ingin mengetahui tentang sakti desain kamu bisa klik banner di bawah ini atau klik icon whatsapp di samping kanan. Dan juga cek channel youtube kami Sakti Desain Konsultan.

ARTIKEL TERKAIT

Kategori:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pos Terkait

Uncategorized

Mau bangun/ gambar rumah dulu?

Sakti desain tempat paling tepat untuk konsultasi….

Uncategorized

INGIN PUNYA RUMAH? 

Daripada buat beli rumah mending mbangun aja.. Punya uang 150 juta atau 600 juta tapi memilih beli rumah daripada bangun rumah sendiri?? Daripada membeli rumah lebih baik membangun rumah sendiri melalui kontraktor konsultan berpengalaman, karena Baca Selengkapnya…

TIM SAKTI DESAIN

Selamat Datang di SAKTI DESAIN

Sakti Desain adalah salah satu merk dagang dari PT Sakti Indah Properti Land yang bergerak di bidang Desain Arsitektur, Kontraktor, Toko Bangunan, Developer Properti, dan Agen Properti. Berdiri sejak tahun 2011

×