fbpx

Kelebihan dan Kekurangan Kayu Trambesi

Kayu trembesi, salah satu kayu alternatif kayu jati yang bisa di andalkan. Kayu trembesi memiliki karakteristis yang hampir mirip dengan kayu jati, cuma dalam hal kepadatan secara umum masih di bawah kayu jati.

Nah untuk kamu yang penasaran dengan kelebihan dan kekurangan kayu trembesi yang di debut-sebut sebagai salah satu kayu alternatif kayu jati ini, simak artikel ini sampai selesai.

Kelebihan

Pohon trembesi mampu tumbuh lebih cepat di banding dengan pohon jati dan juga pohon trembesi dapat tumbuh hingga berdiameter 1,5 meter. Dengan diameter tersebut para pembuat furnitur akan di buat mudah dalam pekerjaannya, terutama saat membuat meja makan yang berukuran besar. Jadi tidak perlu menyambung dua papan kayu terlebih dahulu untuk membuat meja berukuran besar.

Dalam penggunaannya, kayu trembesi mampu untuk menonjolkan kesan yang tangguh. Jika kamu mencari komponen dengan kayu trembesi ini, kamu tidak akan menemukan kayu ini dengan ketebalan di bawah 3 cm. Karena rata-rata ketebalan untuk daun meja ataupun lemari sekitar 4 hingga 15 cm. Dan jika kamu mencari ketebalan ini pada furnitur kayu jati, kamu juga tidak akan menemukannya.

Furnitur yang di hasilkan dengan menggunakan kayu trembesi memiliki hasil yang bagus dan tak kalah dari kayu jati. Semasa masih menjadi pohon, pohon trembesi mampu menyerap polusi udara. Jadi untuk kamu yang tinggal di tempat dengan polusi udara yang cukup banyak bisa menggunakan pohon ini untuk meminimalir pencemaran udara.

Kekurangan

Kayu trembesi memiliki kekurangan dalam faktor kekuatan dan keawetannya. Dalam faktor keawetan, kayu ini berada di kelas IV yang berarti kayu ini cukup rentan terhadap serangan rayap kayu, jamur dan kutu buku.

Dalam faktor kekuatan, kayu ini berada pada kelas III yang berarti kayu ini tidak cukup kuat untuk menopang beban yang berat. Maka dari itu kayu ini tidak cocok digunakan untuk rangka atap atau material bangunan, kayu ini cocok untuk menjadi bahan pembuatan furnitur seperti meja atau lemari.

Tips perawatan

Meskipun memiliki kekurangan di atas, kamu bisa mengakalinya dengan cara memberikan obat anti rayap dan jamur pada kayu sebelum diolah agar keawetannya bisa bertahan lama. Setelah menjadi furnitur, bersihkan debu menggunakan lap secara rutin.

Setelah mengetahui hal di atas? apakah kamu berniat mencari furnitur atau lemari yang terbuat dari kayu trembesi?

ARTIKEL TERKAIT

Kategori:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pos Terkait

Uncategorized

Mau bangun/ gambar rumah dulu?

Sakti desain tempat paling tepat untuk konsultasi….

Uncategorized

INGIN PUNYA RUMAH? 

Daripada buat beli rumah mending mbangun aja.. Punya uang 150 juta atau 600 juta tapi memilih beli rumah daripada bangun rumah sendiri?? Daripada membeli rumah lebih baik membangun rumah sendiri melalui kontraktor konsultan berpengalaman, karena Baca Selengkapnya…

TIM SAKTI DESAIN

Selamat Datang di SAKTI DESAIN

Sakti Desain adalah salah satu merk dagang dari PT Sakti Indah Properti Land yang bergerak di bidang Desain Arsitektur, Kontraktor, Toko Bangunan, Developer Properti, dan Agen Properti. Berdiri sejak tahun 2011