Kelebiahan Desain Atap Pelana dan Kekurangannya. Atap pelana adalah desain yang di buat untuk mempercantik atap rumah. Dari berbagai jenis dan bentuk desain atap rumah, bentuk atap ini yang paling sederhana. Bentuk atap ini hanya memiliki dua sisi miring, dan sisi lainnya berupa dinding segitiga. Sisi yang miring memiliki kemiringan 35 serajat, sehingga menciptakan ruang kosong di bawah atap.

Atap ini memang biasa di gunakan oleh masyarakat pada umunya, namun apakah kamu sudah mengetahui apa kelebihan setelah menggunakannya? jika belum, berikut kelebihan dan kekurangan menggunakan atap berbentuk pelana ini, simak penjelasan singkat di bawah ini!

atap

Daya serap panas

Atap pelana memiliki daya serap panas yang cocok digunakan di daerah tropis. Atap ini digunakan di rumah modern maupun tradisional. Selain bentuknya yang sederhana, atap ini cocok untuk digunakan di berbagai jenis rumah.

Resiko bocor kecil

Atap ini memiliki resiko bocor yang kecil karena tak ada pertemuan antara arah air yang berbeda. Namun kamu harus cermat memilih kemiringan atap pelana ini. Jika terlalu condong ke datar, air hujan dapat tergenang  dan dapat menyebabkan kebocoran.

rangka atap galvalum

Bahan yang diperlukan sedikit

Atap pelana memiliki konstruksi yang sangat sederhana, sedernaha ini yang membuat atap ini menggunakan sedikit bahan material dan juga lebih murah di banding dengan atapa jenis yang lainnya. Apalagi jika kamu menggunakan kerangka gawel.

Untuk yang belum tahu apa itu gawel, gawel adalah penyangga atap pengganti kuda-kuda kayu yang biasanya terbuat dari baja ringan. Untuk bagian penutup atap, kamu bisa menggunakan material apapun mau itu genteng tanah liat, beton ringan hingga genteng metal.

Pengerjaan yang cepat

Karena bentuknya yang sederhana, proses pembuatan atap ini lebih cepat selesai di bangding dengan atap jenis-jenis lainnya. Umumnya kemiringan atap ini ini antara 30 hingga 40 derajat, namun jangan terlalu kecil kemiringannya ya.

Dari kelebihan-kelebihan di atas, atap pelana memiliki kekurangan yaitu angin akan tertahan pada rongga di bawahnya, selain itu bentuk yang mejulang juga rentan terhadap retakan akibat hujan, angin dan terik matahari. Jadi pastikan kamu sudah melapisinya dengan cat khusus eksterior. Untuk jenis atap lainnya kamu bisa klik disini.

Jangan lupa cek artikel lainnya di sakti desain. Jika kamu ada pertanyaan dan ingin mengetahui tentang sakti desain kamu bisa klik banner di bawah ini atau klik icon whatsapp di samping kanan.

ban saktidesain

ARTIKEL TERKAIT

Kategori:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pos Terkait

Uncategorized

Mau bangun/ gambar rumah dulu?

Sakti desain tempat paling tepat untuk konsultasi….

Uncategorized

INGIN PUNYA RUMAH? 

Daripada buat beli rumah mending mbangun aja.. Punya uang 150 juta atau 600 juta tapi memilih beli rumah daripada bangun rumah sendiri?? Daripada membeli rumah lebih baik membangun rumah sendiri melalui kontraktor konsultan berpengalaman, karena Baca Selengkapnya…

TIM SAKTI DESAIN

Selamat Datang di SAKTI DESAIN

Sakti Desain adalah salah satu merk dagang dari PT Sakti Indah Properti Land yang bergerak di bidang Desain Arsitektur, Kontraktor, Toko Bangunan, Developer Properti, dan Agen Properti. Berdiri sejak tahun 2011

×