Kekurangan dan Kelebihan Material Bangunan Triplek

Dipublikasikan oleh Administrator pada

Kekurangan dan Kelebihan Material Bangunan Triplek. Kayu lapis(plywood) atau lebih dikenal dengan triplek ini merupakan material papan pabrikan yang tak asing di telinga. Triplek terbuat dari beberapa helai kayu yang direkatkan secara bersama-sama sehingga menjadi lebih tebal. Lembaran kayu yang tipis ini disebut sebagai venir dan direkatkan sedemikain rupa dengan serat kayu yang bervariasi.

Triplek sendiri memiliki beberapa jenis dan juga memiliki kelebihan dan kekurangan. Untuk jenisnya, kamu bisa cek pada artikel di atas, dan untuk kekurangan dan kelebihan bisa cek di bawah ini :

See the source image, material triplek
caribteak.com

Kelebihan Triplek

  • Cukup terjangkau
  • Mudah digunakan, sehingga tidak jarang triplek dijadikan bahan dasar untuk melatih prakarya atau membuat kerajinan tangan.
  • Mudah dan cepat diaplikasikan. Triplek sering digunakan untuk membuat berbagai variasi furnitur, termasuk sofa, kursi, lemari, rak dan kabinet.
  • Triplek memiliki permukaan mendatar yang seragam, sehingga ideal untuk membuat perabot yang berpermukaan baik besar atau kecil misalnya meja, kursi atau countertop dapur/ruangan kerja.
  • Bisa dilapis misalnya dengan melamin. Triplek dengan serat kayu juga bisa dilapis resin supaya tampil kian mengkilap.
  • Triplek terdiri dari berbagai jenis dengan variasi kekuatan yang berbeda, sehingga bisa disesuaikan dengan kebutuhan setiap ruangan.
  • Selain sebagai bahan furnitur, triplek bisa digunakan sebagai bahan flooring yang cukup baik dan bervariasi.
  • Triplek tidak mudah berubah bentuk, retak atau dimakan usia, terutama triplek jenis tinggi yang sudah dilengkapi dengan lapisan anti rayap.
  • Triplek juga memiliki ketebalan berbeda yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan, biaya dan lama pengerjaan.
See the source image, material triplek
bing.com

Kelemahan Triplek

  • Rata-rata kayu triplek tidak tahan air jika terekspos dalam waktu lama. Sehingga tripleks kurang cocok untuk permukaan outdoor, terkecuali jika jenis khusus yang waterproof. 
  • Semakin panjang triplek yang digunakan maka semakin besar kemungkinan triplek menjadi bengkok atau longgar. Blockboard lebih dianjurkan untuk pemakaian panel panjang.
  • Tidak sekuat atau sepadat kayu solid, namun memang harganya lebih murah.
  • Penggunaan lem triplek dianggap kurang ramah lingkungan sehingga banyak yang lebih mengunggulkan kayu asli.
  • Tidak bisa diukir atau dipahat untuk estetika kerajinan tangan.

Jangan lupa cek artikel lainnya di sakti desain. Jika kamu ada pertanyaan dan ingin mengetahui tentang sakti desain, kamu bisa klik banner di bawah ini atau klik icon whatsapp di samping kanan Layar. Cek juga channel youtube kami Sakti Desain Konsultan.


Tags :

wonosobo, banjarnegara, temanggung, magelang, yogyakarta, kontraktor interior, kontraktor interior design, interior kontraktor, jasa kontraktor rumah, jasa kontraktor bangunan, jasa kontraktor apartemen, jasa kontraktor gudang, jasa kontraktor hotel, jasa kontraktor terbaik di indonesia, jasa kontraktor kantor, jasa kontraktor lantai, jasa kontraktor lokal, jasa kontraktor rumah 2 lantai, jasa kontraktor per meter, jasa kontraktor renovasi rumah, jasa kontraktor rumah murah, jasa kontraktor taman, jasa kontraktor rumah terbaik, jasa arsitek rumah, jasa arsitek, jasa arsitek murah, jasa arsitek rumah mewah, jasa arsitek rumah minimalis, jasa arsitek desain rumah, jasa arsitek rumah murah, jasa arsitek renovasi rumah, jasa arsitek online, jasa arsitek rumah klasik, jasa arsitek dan desain interior, jasa arsitek profesional, jasa arsitek rumah online, jasa desain rumah, harga jasa desain rumah, jasa desain rumah online, harga jasa desain rumah 3d, jasa desain rumah minimalis, jasa desain rumah minimalis sederhana, jasa desain rumah mewah, jasa desain rumah murah, jasa desain rumah minimalis 1 lantai, jasa desain rumah kita, jasa desain rumah kost, jasa desain rumah dan rab, harga jasa desain rumah per meter, jasa desain rumah minimalis 2 lantai, jasa desain rumah 3d, jasa desain rumah per m2, jasa desain rumah online murah, jasa desain rumah elegan, jasa desain rumah minimalis modern 2 lantai, jasa desain rumah 2 lantai, jasa desain rumah tinggal, jasa desain rumah minimalis murah, jasa desain rumah klasik, jasa desain rumah modern, jasa desain rumah kecil, kontraktor rumah, jasa kontraktor rumah, harga kontraktor rumah per meter, kontraktor rumah sakit, kontraktor rumah murah, rekomendasi kontraktor rumah, jasa arsitek dan kontraktor rumah, jasa kontraktor rumah murah

Kategori:

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×