fbpx

Kekurangan dan Kelebihan Material Bambu

Material bambu menjadi material favorit altenatif pengganti kayu yang harganya semakin tinggi. Perlu kamu ketahui, budidaya bambu lebih mudah karena proses tumbuhnya yang cepat sekitar 3-5 tahun, di mana waktu tumbuh pohon bisa menghabiskan waktu puluhan tahun lamanya. Material bambu dapat do kombinasikan dengan material lain dan juga cocok untuk berbagai konsep bangunan. Namun sebelum kamu memanfaatkannya ada baiknya mengetahui kekurangan dan kelebihan dari material ini supaya tidak salah dalam pengaplikasiannya.

Kekurangan

Mudah terbakar

Material bambu mudah terbakar. Meskipun terdapat beberapa cara untuk meningkatkan ketahanan terhadap api, namun kamu harus mengeluarkan biaya yang cukup tinggi untuk menggantinya jika terjadi kebakaran rumah.

Sambungan cenderung lemah

Biasanya rangkaian struktur bambu menggunakan pasak, tali ijuk ataupun paku sehingga kekuatan sambungan kurang prima untuk dipakai untuk konstruksi bangunan. Bahkan bisa jadi material bambu pecah saat disambungkan menggunakan paku sehingga harus di pasang secara hati-hati dan teliti.

Durabilitas rendah

Materila bambu memiliki durabilitas yang rendah karena rentan terserang kumbang bubuk, hama, lumut bahkan air hujan sehingga bangunan maupun perabotan menjadi tidak tahan lama. Rangka bangunan yang terbuat dari bambu yang tidak di awetkan tidak dapat bertahan lebih dari 5 tahun. itulah mengapa popularitasnya belum bisa bersain dengan material kayu.

Kelebihan

Harga terjangkau & ekonomis

Kelebihan dari material bambu adalah harganya yang ekonomis. Di pasaran kamu bisa membeli material ini sekitar Rp10k per-batang untuk diameter 2 cm atau Rp180k untuk diameter 16 cm. Tentunya hal ini memberi keuntungan tersendiri.

Bersifat elastis

Material bambu mempunyai momen di mama memiliki kelembapan yang tinggi. Maka dari itu material bambu dinilai sangat baik untuk memikul momen lentur dan bersifat elastis dengan ketahanan yang baik terhadap angin. Dengan sifat ini material bambu seringkali direcomendasikan untuk konstruksi bangunan yang berada di kawasan rawan gempa.

Mudah di bentuk

Dari pada material kayu, material bambu sangat mudah di bentuk dan di belah. Maka dari itu material bambu sering di gunakan sebagai furnitur rumah, hiasan dalam berbagai ukuran. Walaupun mudah di bentuk material ini teap memiliki kekuatan yang baik untuk menahan beban tarik, geser, tekan maupun tekuk.

Itulah kekurangan dan kelebihan material bambu. Semoga dengan mengetahui kekurangan dan kelebihan material ini kamu bisa memanfaatkannya semestinya.

ARTIKEL TERKAIT

Kategori:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pos Terkait

Uncategorized

Mau bangun/ gambar rumah dulu?

Sakti desain tempat paling tepat untuk konsultasi….

Uncategorized

INGIN PUNYA RUMAH? 

Daripada buat beli rumah mending mbangun aja.. Punya uang 150 juta atau 600 juta tapi memilih beli rumah daripada bangun rumah sendiri?? Daripada membeli rumah lebih baik membangun rumah sendiri melalui kontraktor konsultan berpengalaman, karena Baca Selengkapnya…

TIM SAKTI DESAIN

Selamat Datang di SAKTI DESAIN

Sakti Desain adalah salah satu merk dagang dari PT Sakti Indah Properti Land yang bergerak di bidang Desain Arsitektur, Kontraktor, Toko Bangunan, Developer Properti, dan Agen Properti. Berdiri sejak tahun 2011