Kegunaan, Kelebihan dan Kekurangan Kayu Sungkai. Kayu sampai saat ini masih menjadi bahan utama untuk membuat furnitur. Mulai dari kursi, meja sampai kitchen set, semua masih banyak menggunakan kayu. Terlebih, sekarang ini banyak sekali jenisnya dan masing-masing memiliki karakteristiknya sendiri-sendiri.

Jika pada artikel sebelumnya kita sudah membahas asal muasal dan karakteristik kayu sungkai. Kali ini kita bahas kegunaan, kelebihan serta kekurangan dari kayu sungkai ini. langsung saja cek ulasannya di bawah ini! 

kegunaan kayu sungkai

Kegunaan Kayu Sungkai

Bicara soal kegunaannya, kayu sungkai kerap dimanfaatkan sebagai bahan baku untuk pembuatan furniture rumah, seperti kursi, meja, daun pintu, dan lemari pakaian. Namun, berkat kekuatannya yang cukup baik, kayu sungkai juga bisa digunakan sebagai rangka atap dan tiang rumah. Selain itu, kayu sungkai juga sering diolah menjadi veneer yang biasa digunakan untuk melapisi permukaan kayu lapis.

Kelebihan Kayu Sungkai

Meskipun memiliki permukaan yang kasar, tapi serat-serat dari kayu sungkai menciptakan motif yang sangat cantik dengan sentuhan natural. Sebagai furniture, kayu sungkai juga tergolong jenis kayu yang cukup kuat.

Kelebihan kayu sungkai lainnya ada pada proses pengolahannya yang mudah dilakukan sehingga para pengrajin furniture bisa menghemat waktu dan tenaga dalam pembuatannya. Hal ini jugalah yang menjadikan harga kayu sungkai lebih terjangkau dibanding jenis kayu lainnya, seperti kayu mahoni atau jati.

Kekurangan Kayu Sungkai

Kekurangan dari jenis kayu ini tidak dapat dijadikan furniture untuk penempatan di luar ruangan, seperti meja atau kursi teras. Hal ini karena kayu sungkai tidak tahan terhadap perubahan cuaca. Kayu sungkai juga rentan terhadap serangan hama, seperti rayap atau kutu bubuk. Oleh karena itu, furniture yang terbuat dari kayu sungkai harus diberikan obat atau cairan pelindung hama kayu.

Selain itu, permukaan yang cenderung kasar juga menjadi kekurangan dari kayu sungkai karena bisa mengganggu kenyamanan penggunanya. Akan tetapi, kamu tidak perlu khawatir karena hal ini bisa diatasi dengan menggunakan lapisan atau finishing khusus pada permukaan furniture kayu sungkai.

Melalui ulasan di atas, diharapkan kamu dapat mempertimbangkan secara lebih matang sebelum menggunakan kayu sungkai sebagai furnitur atau bahan bangunan rumah.

Jangan lupa cek artikel lainnya di sakti desain. Jika kamu ada pertanyaan dan ingin mengetahui tentang sakti desain kamu bisa klik banner di bawah ini atau klik icon whatsapp di samping kanan. Dan juga cek channel youtube kami Sakti Desain Konsultan.

ARTIKEL TERKAIT


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pos Terkait

Uncategorized

Mau bangun/ gambar rumah dulu?

Sakti desain tempat paling tepat untuk konsultasi….

Uncategorized

INGIN PUNYA RUMAH? 

Daripada buat beli rumah mending mbangun aja.. Punya uang 150 juta atau 600 juta tapi memilih beli rumah daripada bangun rumah sendiri?? Daripada membeli rumah lebih baik membangun rumah sendiri melalui kontraktor konsultan berpengalaman, karena Baca Selengkapnya…

TIM SAKTI DESAIN

Selamat Datang di SAKTI DESAIN

Sakti Desain adalah salah satu merk dagang dari PT Sakti Indah Properti Land yang bergerak di bidang Desain Arsitektur, Kontraktor, Toko Bangunan, Developer Properti, dan Agen Properti. Berdiri sejak tahun 2011

×