Kegunaan-Kegunaan Bangun Tanggul

Banjir merupakan bencana yang tidak bisa di sepelekan, mengingat di bebewapa wilayah indonesia terjadi. Untuk meminimalkan terjadinya banjir, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan salah satunya membuang sampah pada tempatnya dan menjaga lingkungan terbebas dari sampah. Cara lainnya untuk meminimalisir banjir ialah membangun konstruksi tanggul penahan banjir.

Jika lingkungan rumah atau komplek perumahanmu berlokasi dekat dengan aliran air atau sungai, tak ada salahnya mengajak orang-orang sekitar untuk membangun tanggul secara gotong royong. Karena dengan membangun tanggul dapat memberikan beberapa manfaat. Apa saja manfaat yang bisa di dapatkan? Simak penjelasan singkat di bawah ini!

Mengatur Tinggi Air

Pembangunan tanggul di kawasan hunian secara efektif dapat mengendalikan arah aliran air. Dengan adanya tanggul, saat aliran air sungai menjadi deras, air tersebut tidak akan meluap ke kawasan pemukiman sehingga hunianmu bisa terbebas dari banjir.

Menjaga Aliran Air Sungai

Tanggul juga bekerja dan bermanfaat untuk menjaga aliran air sungai sehingga membuat aliran air menjadi lebih cepat dengan muka air yang lebih tinggi. Namun, keberadaan tanggul ini juga harus diseimbangi dengan kebiasaan baik dari masyarakat.

Mencegah Kerusakan Infrastuktur

Seperti yang kita ketahui, banjir dapat menyebabkan kerusakan parah, terutama pada infrastruktur yang ada di kawasan tempat tinggalmu. Dengan membuat tanggul pencegah banjir, kerusakan infrastruktur bisa diminimalisir sehingga semua kebutuhan masyarakat tidak akan terhalang dan membuat aktivitas kehidupan bisa tetap berlangsung dengan baik.

Mencegah Erosi Tanah

Saat musim hujan, banjir lumpur pun kerap terjadi di beberapa wilayah. Maka dari itu, pembuatan tanggul sangat penting karena tanggul juga berfungsi untuk mencegah adanya erosi tanah.

Mengenai pembuatannya, tanggul pencegah erosi tanah memerlukan material yang lebih keras sehingga berbeda dari tanggul pencegah banjir biasa. Jadi sebelum membuat pastikan sudah di diskusikan terlebih dahulu ke dinas setempat.

ARTIKEL TERKAIT

Kategori:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pos Terkait

Uncategorized

Mau bangun/ gambar rumah dulu?

Sakti desain tempat paling tepat untuk konsultasi….

Uncategorized

INGIN PUNYA RUMAH? 

Daripada buat beli rumah mending mbangun aja.. Punya uang 150 juta atau 600 juta tapi memilih beli rumah daripada bangun rumah sendiri?? Daripada membeli rumah lebih baik membangun rumah sendiri melalui kontraktor konsultan berpengalaman, karena Baca Selengkapnya…

TIM SAKTI DESAIN

Selamat Datang di SAKTI DESAIN

Sakti Desain adalah salah satu merk dagang dari PT Sakti Indah Properti Land yang bergerak di bidang Desain Arsitektur, Kontraktor, Toko Bangunan, Developer Properti, dan Agen Properti. Berdiri sejak tahun 2011

×