Kayu Gaharu

Dipublikasikan oleh Administrator pada

Apakah kamu pernah mendengar kata kayu gaharu? Dan apakah anda pernah melihatnya atau menggunakannya? Karena kita tahu kita menggunakan perabotan berbahan kayu tetapi terkadang kita tidak tahu itu terbuat dari bahan apa. Atau item lain yang berbahan kayu?.

Sekarang anda mulai penasarankan, seperti apa sebenarnya kayu Gaharu itu? Simak artikelnya dibawah ini!

Apa Itu Kayu Gaharu?

Kayu Gaharu merupakan jenis kayu yang berasal dari beberapa spesies pohon dari genus Aquilaria, khususnya jenis A. malaccensis. Jenis kayu satu ini umumnya memiliki warna kehitaman pekat yang khas dan juga mengandung kandungan resin pada bagian gubalnya.

Kandungan resin yang terdapat pada bagian gubal kayu Gaharu ini juga terkenal sebagai bahan pelengkap wangi-wangian karena memiliki aroma harum yang sangat khas. Aroma ini juga dipercaya mampu menjadi aromaterapi anti-stres yang cukup ampuh.

Sudah sejak sekitar ratusan tahun yang lalu jenis kayu ini menjadi komoditas perdagangan dari berbagai kerajaan di Nusantara ke berbagai penjuru dunia seperti India, Persia, Negara-negara Arab, hingga negara-negara di Afrika Timur.

Keterbatasan jumlah kayu Gaharu di alam, serta tingginya permintaan serta minat terhadap jenis kayu satu ini membuat harga kayu ini disebut-sebut sebagai salah satu komoditas kayu termahal yang ada di dunia, lho!

Ciri dan Karakteristik dari Kayu Gaharu

Nggak kalah dari kayu Ulin, kayu Gaharu juga sangat terkenal lho. Selain aromanya yang khas, kayu Gaharu memiliki ciri dan karakteristik yang cukup khas pula. Di alam liar, pohon dari kayu Gaharu umumnya bisa tumbuh tinggi hingga ketinggian 35 hingga 40 meter dengan diameter batang utamanya rata-rata 60 cm.

Pohon dari kayu Gaharu memiliki daun yang lancip alias meruncing pada bagian ujungnya serta memiliki buah berbentuk bulat oval dengan ukuran panjang sekitar 3 cm hingga 5 cm. Buah dari pohon kayu Gaharu ini berwarna kemerahan dan memiliki permukaan kulit yang agak berbulu.

Pada pohon kayu Gaharu yang berkualitas sangat baik, bagian gubal pohonnya memiliki warna hitam pekat yang merata serta memiliki aroma harum khas yang pekat saat dipotong atau disayat. Sedangkan pada kayu Gaharu yang berkualitas rendah, bagian gubal berwarna lebih kecokelatan serta aroma yang dihasilkan tidak sekuat pada kayu gaharu yang berkualitas tinggi.

Manfaat serta Penggunaan Kayu Gaharu

Selain memiliki zat yang bisa digunakan untuk bahan wewangian seperti yang disebutkan sebelumnya, kayu Gaharu juga banyak dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan lainnya. Sama halnya seperti kayu Cendana. Berikut beberapa bentuk pemanfaatan dari kayu Gaharu dari berbagai bidang secara umum.

Aksesoris Fashion

Penggunaan dari kayu Gaharu yang cukup populer selain sebagai bahan parfum adalah sebagai aksesoris. Kayu Gaharu sering digunakan sebagai bahan membuat gelang, kalung, hingga liontin. Kayu ini juga kerap menjadi material untuk membuat tasbih.

Sebagai bahan obat-obatan

Kayu Gaharu juga lazim digunakan sebagai tanaman obat dalam membuat obat-obatan untuk beberapa penyakit tertentu seperti sembelit, kembung, ginjal, diare, masuk angin, sesak nafas, hingga gejala hipertensi.

Sebagai bahan Kosmetik dan Shampoo

Siapa sangka, selain parfum, kandungan pada kayu Gaharu juga kerap menjadi pilihan pelengkap produk-produk kosmetik dan juga perawatan tubuh seperti shampoo.

Bahan Bangunan dan Perabot Interior serta Dekorasi Rumah

Pemanfaat kayu Gaharu lainnya adalah dalam bidang arsitektur dan interior seperti kayu Meranti. Warnanya yang hitam membuat banyak orang yang berminat menggunakannya sebagai pelengkap bahan bangunan seperti kusen pintu, berbagai perabot dan furnitur interior, atau sekedar sebagai dekorasi penyempurna ruang.

Ritual Kebudayaan dan Adat Istiadat

Dikenal sejak masa lampau, kayu Gaharu di Nusantara juga identik sebagai simbol dan perangkat untuk ritual kebudayaan dan adat istiadat di beberapa daerah di Nusantara. Penggunaannya biasanya dengan cara dibakar untuk mengeluarkan aroma yang ada di dalamnya.

Ternyata manfaat dan khasiat dari penggunaan kayu Gaharu banyak sekali bukan? Tidak heran jika pemintaan akan komoditas kayu ini sangat tinggi serta memiliki harga yang diatas rata-rata, terutama dari negara-negara luar.

Jadi apakah kamu tertarik untuk menggunakan kayu Gaharu untuk menyempurnakan tampilan atau rumah impianmu? Atau sudah menggunakannya?. Jangan lupa share dan cek artikel lainnya di saktidesain.com.

“SAKTI DESAIN adalah perusahaan jasa konsultan desain arsitektur, kontraktor bangunan untuk hunian (rumah/ apartemen) maupun komersial (kantor/ ruko/ tempat usaha lain) dan properti. Bagi Anda yang membutuhkan konsultasi, Anda dapat menghubungi kantor kami atau ke nomor (0286)323303 atau 085713235758. Kami melayani untuk seluruh wilayah Indonesia.”

Tag : wonosobo, banjarnegara, temanggung, magelang, yogyakarta, kontraktor interior, kontraktor interior design, interior kontraktor, jasa kontraktor rumah, jasa kontraktor bangunan, jasa kontraktor apartemen, jasa kontraktor gudang, jasa kontraktor hotel, jasa kontraktor terbaik di indonesia, jasa kontraktor kantor, jasa kontraktor lantai, jasa kontraktor lokal, jasa kontraktor rumah 2 lantai, jasa kontraktor per meter, jasa kontraktor renovasi rumah, jasa kontraktor rumah murah, jasa kontraktor taman, jasa kontraktor rumah terbaik, jasa arsitek rumah, jasa arsitek, jasa arsitek murah, jasa arsitek rumah mewah, jasa arsitek rumah minimalis, jasa arsitek desain rumah, jasa arsitek rumah murah, jasa arsitek renovasi rumah, jasa arsitek online, jasa arsitek rumah klasik, jasa arsitek dan desain interior, jasa arsitek profesional, jasa arsitek rumah online, jasa desain rumah, harga jasa desain rumah, jasa desain rumah online, harga jasa desain rumah 3d, jasa desain rumah minimalis, jasa desain rumah minimalis sederhana, jasa desain rumah mewah, jasa desain rumah murah, jasa desain rumah minimalis 1 lantai, jasa desain rumah kita, jasa desain rumah kost, jasa desain rumah dan rab, harga jasa desain rumah per meter, jasa desain rumah minimalis 2 lantai, jasa desain rumah 3d, jasa desain rumah per m2, jasa desain rumah online murah, jasa desain rumah elegan, jasa desain rumah minimalis modern 2 lantai, jasa desain rumah 2 lantai, jasa desain rumah tinggal, jasa desain rumah minimalis murah, jasa desain rumah klasik, jasa desain rumah modern, jasa desain rumah kecil, kontraktor rumah, jasa kontraktor rumah, harga kontraktor rumah per meter, kontraktor rumah sakit, kontraktor rumah murah, rekomendasi kontraktor rumah, jasa arsitek dan kontraktor rumah, jasa kontraktor rumah murah

Kategori:

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *