fbpx

Untuk medirikan sebuah bangunan misalnya gedung atau rumah diperlukannya ragam bahan yang dibutuhkan sesuai dengan kebutuhan anda. Jika kamu menginginkan material dinding yang memiliki banyak manfaat, pilihlah material gipsum. Papan gipsum terbuat dari campuran bahan yang kertas. Bahan gipsum tidak seperti bahan pada umumnya, papan gipsum memiliki ketebalan yang tipis yaitu sekitar 9-15 mm. Meskipun tipis material ini memiliki karakteristik yang menguntungkan dan merugikan. Simak ulasannya berikut ini.

Instalasi Mudah

Material ini tidak seperti material konstruksi lain yang memakan waktu lama, pemasanganya tidak menyita waktu yang lama dan juga tidak memerlukan tenaga yang banyak. Jika kamu membeli gipsum biasanya dijual dalam bentuk lembaran yang luas, nah luas inilah yang membuat kamu tidak kerepotan karena satu lembaran gipsum dapat meng-cover ruangan yang luas, bobotnyapun ringan. Gipsum mudah di potong menggunakan alat pemotong apapun.

Dapat Meredam Suara

Karakteristik lain dari papan ini, adalah meredamkan suara. Material ini cocok digunakan dalam sebuah kantor yang di dalamnya juga terdapat pabrik produksi. Jika anda menyekat ruangan dengan gipsum maka ruangan tersebut tidak akan terganggu dengan suara bising yang di hasilkan dari suara – suara lain. Material ini juga cocok untuk di pakai ruang studio musik atau home theather. Perlu di ingat material inni hanya mengurangi bukan mengeblok suara, jadi suara yang melewati gipsum akan dikurangi frekuensinya.

Mudah Dirawat dan Diperbaiki

Jika material gipsum sudah mulai kotor atau berdebu, anda tidak perlu mengecat ulang cukup bilas dengan kain setengah basah atau menyedotnya. Jika mengalami keretakan ringan misalnya retakan terlihat seperti garis atau biasa disebut retak rambut, anda cukup menutupinya dengan plaster semen instan. Setelah kering tambahkan plamir yang memiliki warna yang sama dengan gipsum milikmu. Cara lain, kamu bisa potong bagian yang rusak lalu tambal dengan yang baru.

Tidak Tahan Air

Meski memiliki karakteristik di atas kamu perlu ingat material ini tidak ramah dengan air. Karena gipsum terbuat dari campuran bahan kertas maka dari itu bahan ini tidak tahan air. Sangat disarankan untuk tidak memakai ruangan yang berhubungan langsung misal seperti kamar mandi.

Rapuh

Material gipsum selain tidak tahan dengan air, material ini juga mudah rapuh jadi anda tidak bisa memberikan beban berat di atasnya karena hal tersebut akan membuat gipsum retak bahkan bisa sampai hancur. Seperti bahan lainnya semakin tua umur material yang di gunakan maka ketahanannya akan melemah. Maka dari itu ada baiknya bila anda mengganti gipsum sebelum material itu rusak.

ARTIKEL TERKAIT

Kategori:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pos Terkait

Uncategorized

Mau bangun/ gambar rumah dulu?

Sakti desain tempat paling tepat untuk konsultasi….

Uncategorized

INGIN PUNYA RUMAH? 

Daripada buat beli rumah mending mbangun aja.. Punya uang 150 juta atau 600 juta tapi memilih beli rumah daripada bangun rumah sendiri?? Daripada membeli rumah lebih baik membangun rumah sendiri melalui kontraktor konsultan berpengalaman, karena Baca Selengkapnya…

TIM SAKTI DESAIN

Selamat Datang di SAKTI DESAIN

Sakti Desain adalah salah satu merk dagang dari PT Sakti Indah Properti Land yang bergerak di bidang Desain Arsitektur, Kontraktor, Toko Bangunan, Developer Properti, dan Agen Properti. Berdiri sejak tahun 2011