Karakteristik Dari Kayu Meranti

Dipublikasikan oleh Administrator pada

Dari berbagai kayu di asia tenggara kayu meranti merupakan jenis kayu paling populer dan paling komersial. Ppada umumnya kayu digunakan sebagai bahan baku untuk membuat konstruksi banguan atau bahan dasar furnitur. Kayu merenti memiliki ciri khusus karena kayu ini termasuk kayu kertas yang memunyai bobot ringan sedang-hingga berat.

Kayu ini bisa dikenali dari permukaannya yang berwarna merah muda pucat, merah muda kecokelatan, merah tua, sampai merah tua kecokelatan. Warna tersebut menandakan usia dari kayu Meranti, di mana semakin gelap warnanya berarti usianya semakin tua sehingga mutunya semakin baik. Lalu apa saja ya manfaat dan kelebihannya? Yuk simak di bawah ini!

Mudah Dikeringkan

Setiap kayu pasti memiliki kadar airnya tersendiri, begitu juga kayu Meranti dengan Berat jenisnya yang berkisar antara 0,3 – 0,86 pada kandungan air 15%. Namun, kayu Meranti masih termasuk ke dalam kayu yang mudah dibebaskan dari banyaknya kadar air yang terkandung.

Pengeringan kayu Meranti bisa dilakukan secara alami dengan sinar matahari maupun dengan memakai alat. Biasanya, pengeringan kayu ini bertujuan untuk menjaga ukuran dan bentuk kayu supaya tetap stabil.

Tergolong Awet

Menurut kekuatannya, jenis-jenis meranti merah dapat digolongkan dalam kelas kuat II-IV (hingga 15 tahun), sedangkan keawetannya tergolong dalam kelas III-IV (hingga 10 tahun). Terdapat 5 tingkatan klasifikasi kayu, semakin kecil tingkat kelas, semakin awet kayu suatu jenis kayu. Kayu Meranti merah juga cukup mudah diawetkan dengan menggunakan campuran minyak diesel dengan kreosot.

Kayu yang Paling Mendekati Sempurna

Mengapa dapat dibilang demikian? Karena kayu meranti ini memiliki beberapa keistimewaan, di antaranya adalah pohon dari kayu meranti memiliki bentuk batang bulat silindris, dengan tinggi total mencapai 40-50 m.

Kulit kayu meranti rata atau beralur dalam atau dangkal, berwarna keabu-abuan sampai coklat, memiliki batang yang lurus, berdiamter besar, bebas cabang, minim cacat mata kayu di mana kayu meranti memiliki kemampuan pruning: yaitu pembebasan cabang pohon alami yang mandiri sehingga menjadikannya kayu yang kaya akan manfaat dan kelebihan.

Bagaimana sekarang kamu tahukan karakteristik dari kayu meranti ini?, apakah salah satu dari karakteristik di atas ada yang membuat kalian terkejut. Jangan lupa share dan cek artikel lainnya di saktidesain.com.

“SAKTI DESAIN adalah perusahaan jasa konsultan desain arsitektur, kontraktor bangunan untuk hunian (rumah/ apartemen) maupun komersial (kantor/ ruko/ tempat usaha lain) dan properti. Bagi Anda yang membutuhkan konsultasi, Anda dapat menghubungi kantor kami atau ke nomor (0286)323303 atau 085713235758. Kami melayani untuk seluruh wilayah Indonesia.”

Tag : wonosobo, banjarnegara, temanggung, magelang, yogyakarta, kontraktor interior, kontraktor interior design, interior kontraktor, jasa kontraktor rumah, jasa kontraktor bangunan, jasa kontraktor apartemen, jasa kontraktor gudang, jasa kontraktor hotel, jasa kontraktor terbaik di indonesia, jasa kontraktor kantor, jasa kontraktor lantai, jasa kontraktor lokal, jasa kontraktor rumah 2 lantai, jasa kontraktor per meter, jasa kontraktor renovasi rumah, jasa kontraktor rumah murah, jasa kontraktor taman, jasa kontraktor rumah terbaik, jasa arsitek rumah, jasa arsitek, jasa arsitek murah, jasa arsitek rumah mewah, jasa arsitek rumah minimalis, jasa arsitek desain rumah, jasa arsitek rumah murah, jasa arsitek renovasi rumah, jasa arsitek online, jasa arsitek rumah klasik, jasa arsitek dan desain interior, jasa arsitek profesional, jasa arsitek rumah online, jasa desain rumah, harga jasa desain rumah, jasa desain rumah online, harga jasa desain rumah 3d, jasa desain rumah minimalis, jasa desain rumah minimalis sederhana, jasa desain rumah mewah, jasa desain rumah murah, jasa desain rumah minimalis 1 lantai, jasa desain rumah kita, jasa desain rumah kost, jasa desain rumah dan rab, harga jasa desain rumah per meter, jasa desain rumah minimalis 2 lantai, jasa desain rumah 3d, jasa desain rumah per m2, jasa desain rumah online murah, jasa desain rumah elegan, jasa desain rumah minimalis modern 2 lantai, jasa desain rumah 2 lantai, jasa desain rumah tinggal, jasa desain rumah minimalis murah, jasa desain rumah klasik, jasa desain rumah modern, jasa desain rumah kecil, kontraktor rumah, jasa kontraktor rumah, harga kontraktor rumah per meter, kontraktor rumah sakit, kontraktor rumah murah, rekomendasi kontraktor rumah, jasa arsitek dan kontraktor rumah, jasa kontraktor rumah murah

Kategori:

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *