Jenis, Kekurangan dan Kelebihan Aluminium Composite Panel

Dipublikasikan oleh Administrator pada

jenis aluminium Panel (made-in-china.com)
made-in-china.com

Jenis, Kekurangan dan Kelebihan Aluminium Composite Panel. Mungkin banyak orang yang tidak mengetahui tentang material aluminium composite panel ini. Sebagai informasi Aluminium composite panel adalah material yang diproduksi dari bahan polyethylene serta dilapisi oleh lembaran aluminium di kedua sisinya. Adapun, material ini sendiri memiliki bentuk yang kuat dan kaku, tapi bobotnya cenderung ringan sehingga mempermudah proses pemasangan. 

Jenis

Di pasaran, terdapat dua jenis aluminium composite panel yang bisa kamu temukan. Pertama adalah aluminium composite panel polyester yang sangat cocok digunakan untuk dinding interior. Selain itu, ada pula aluminium composite panel polyvinyl de flouride yang lebih cocok digunakan di bagian eksterior dan bisa dikombinasikan dengan material lain, seperti panel kanopi ataupun kaca. 

jenis aluminium Panel (putblog.org)
putblog.org

Kelebihan Aluminium Composite Panel

Ada banyak sekali keunggulan yang ditawarkan oleh material ini. Pertama, aluminium composite panel memiliki bobot ringan, yakni sekitar 3,5 kilogram saja per meter persegi sehingga mudah dipasang ataupun dipindahkan. Selain itu, material ini juga terbuat dari bahan utama yang bersifat anti korosi, asam, garam, ataupun sinar ultraviolet sehingga lebih tahan lama. 

Termasuk sebagai salah satu material ramah lingkungan karena diproduksi menggunakan bahan aluminium yang didaur ulang, aluminium composite panel juga hadir dengan berbagai pilihan motif ataupun warna. Bahkan, kamu bisa menemukan motif menyerupai marmer hingga kayu sehingga lebih fleksibel untuk digunakan pada berbagai konsep desain rumah. 

Kekurangan Aluminium Composite Panel

Meskipun material ini punya banyak sekali kelebihan, tapi terdapat pula sejumlah kekurangan yang sebaiknya kamu ketahui. Pada beberapa sumber menyebutkan bahwa material inti berupa polyethylene dan lem pengikat ke lapisan aluminium berpotensi mengeluarkan gas beracun dalam kondisi suhu panas tinggi. Pada suhu panas tinggi pula, lapisan inti dari material ini bisa menggelembung sehingga menyebabkan permukaan aluminium menjadi tidak rata dan berpotensi mengganggu tampilannya. 

Kekurangan lainnya yaitu kurang begitu kuat terhadap tekanan angin. Sehingga konstruksi bangunan yang menggunakan material ini harus dipastikan kuat agar mengurangi risiko kecelakaan. Selain itu, jika sistem grounding terhadap bangunan utama kurang maksimal, maka lembaran aluminium composite panel bisa berpotensi terkena sambaran petir.

Jangan lupa cek artikel lainnya di sakti desain. Jika kamu ada pertanyaan dan ingin mengetahui tentang sakti desain, kamu bisa klik banner di bawah ini atau klik icon whatsapp di samping kanan Layar. Cek juga channel youtube kami Sakti Desain Konsultan.


Tags :

wonosobo, banjarnegara, temanggung, magelang, yogyakarta, kontraktor interior, kontraktor interior design, interior kontraktor, jasa kontraktor rumah, jasa kontraktor bangunan, jasa kontraktor apartemen, jasa kontraktor gudang, jasa kontraktor hotel, jasa kontraktor terbaik di indonesia, jasa kontraktor kantor, jasa kontraktor lantai, jasa kontraktor lokal, jasa kontraktor rumah 2 lantai, jasa kontraktor per meter, jasa kontraktor renovasi rumah, jasa kontraktor rumah murah, jasa kontraktor taman, jasa kontraktor rumah terbaik, jasa arsitek rumah, jasa arsitek, jasa arsitek murah, jasa arsitek rumah mewah, jasa arsitek rumah minimalis, jasa arsitek desain rumah, jasa arsitek rumah murah, jasa arsitek renovasi rumah, jasa arsitek online, jasa arsitek rumah klasik, jasa arsitek dan desain interior, jasa arsitek profesional, jasa arsitek rumah online, jasa desain rumah, harga jasa desain rumah, jasa desain rumah online, harga jasa desain rumah 3d, jasa desain rumah minimalis, jasa desain rumah minimalis sederhana, jasa desain rumah mewah, jasa desain rumah murah, jasa desain rumah minimalis 1 lantai, jasa desain rumah kita, jasa desain rumah kost, jasa desain rumah dan rab, harga jasa desain rumah per meter, jasa desain rumah minimalis 2 lantai, jasa desain rumah 3d, jasa desain rumah per m2, jasa desain rumah online murah, jasa desain rumah elegan, jasa desain rumah minimalis modern 2 lantai, jasa desain rumah 2 lantai, jasa desain rumah tinggal, jasa desain rumah minimalis murah, jasa desain rumah klasik, jasa desain rumah modern, jasa desain rumah kecil, kontraktor rumah, jasa kontraktor rumah, harga kontraktor rumah per meter, kontraktor rumah sakit, kontraktor rumah murah, rekomendasi kontraktor rumah, jasa arsitek dan kontraktor rumah, jasa kontraktor rumah murah

Kategori:

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×