Jenis-Jenis Ventilasi Udara Atap Rumah dan Tipsnya

Dipublikasikan oleh Administrator pada

Jenis-Jenis Ventilasi Udara Atap Rumah dan Tipsnya. Memiliki tambahan ventilasi udara di atap rumah bisa memberikan sirkulasi yang baik untuk rumah. Umumnya setiap rumah memiliki ventilasi udara berupa jendela dan ventilasi udara di atas pintu ataupun dinding. 

Namun tahukah kamu jika ventilasi tersebut kurang efektif jika rumah kamu berdekatan dengan rumah tetangga. Maka dari itu, kamu perlu untuk menggunakan ventilasi udara di atap rumah. Untuk jenisnya kamu bisa cek beberapa ulasan berikut ini :

Ventilasi Silang atau Cross Ventilation

ventilasi udara atap
zionstar.net

Secara umum, jenis ventilasi udara di atap rumah  ini membuat dua bukaan yang saling berhadapan, sehingga sirkulasi berjalan optimal. Sistem ini meletakkan bukaan pada arah yang berhadapan, sehingga terjadi pertukaran udara dari dalam keluar bangunan. Efektivitas tercapai dari ukuran bukaan (inlet-outlet), alhasil adanya peningkatan kecepatan udara yang membuat turunnya suhu ruangan

Evaporative Cool Towers

ventilasi udara atap
pinterest.com

Jenis ini membuat udara luar yang bersifat panas dan kering akan menjadi lebih dingin ketika masuk ke dalam bangunan menggunakan media air. Dalam sebuah penelitian tentang cara membuat penghawaan alami lewat atap rumah, menyebut beberapa strategi umum untuk mendapatkan udara ke dalam rumah secara alami dalam konteks atap rumah.

Ventilasi ini menggunakan asas langsung penguapan pendinginan secara pasif, dengan cara udara masuk dari puncak menara yang berisi air, kemudian udara dingin turun suhu udara turun dan kelembaban meningkat , udara lebih padat yang dihasilkan dari proses penguapan air menuruni menara dan keluar dari bukaan yang didesain pada bagian bawah cooling tower.

Tips Merawat Ventilasi Udara Atap

Agar ventilasi atap rumah yang kamu pasang bisa berfungsi dengan maksimal dan awet, terdapat beberapa hal yang perlu kamu perhatikan berikut di antaranya : 

  1. Gunakan bentuk plafon rumah yang tinggi agar sirkulasi udara bergerak secara optimal.
  2. Bukaan atap sebisa mungkin berbentuk jendela agar udara yang masuk bisa lebih banyak.
  3. Gunakan insulin atap agar dapat meredam panas di siang hari.
  4. Turbin ventilator dapat dimanfaatkan sebagai ventilasi udara di atap rumah, untuk hasil maksimal.

Jangan lupa cek artikel lainnya di sakti desain. Jika kamu ada pertanyaan dan ingin mengetahui tentang sakti desain, kamu bisa klik banner di bawah ini. Cek juga channel youtube kami Sakti Desain Konsultan, kami membahas tentang rumah seperti desain terbaru, proses pembuatan, perencanaan dan lain-lain.


Tags :

wonosobo, banjarnegara, temanggung, magelang, yogyakarta, kontraktor interior, kontraktor interior design, interior kontraktor, jasa kontraktor rumah, jasa kontraktor bangunan, jasa kontraktor apartemen, jasa kontraktor gudang, jasa kontraktor hotel, jasa kontraktor terbaik di indonesia, jasa kontraktor kantor, jasa kontraktor lantai, jasa kontraktor lokal, jasa kontraktor rumah 2 lantai, jasa kontraktor per meter, jasa kontraktor renovasi rumah, jasa kontraktor rumah murah, jasa kontraktor taman, jasa kontraktor rumah terbaik, jasa arsitek rumah, jasa arsitek, jasa arsitek murah, jasa arsitek rumah mewah, jasa arsitek rumah minimalis, jasa arsitek desain rumah, jasa arsitek rumah murah, jasa arsitek renovasi rumah, jasa arsitek online, jasa arsitek rumah klasik, jasa arsitek dan desain interior, jasa arsitek profesional, jasa arsitek rumah online, jasa desain rumah, harga jasa desain rumah, jasa desain rumah online, harga jasa desain rumah 3d, jasa desain rumah minimalis, jasa desain rumah minimalis sederhana, jasa desain rumah mewah, jasa desain rumah murah, jasa desain rumah minimalis 1 lantai, jasa desain rumah kita, jasa desain rumah kost, jasa desain rumah dan rab, harga jasa desain rumah per meter, jasa desain rumah minimalis 2 lantai, jasa desain rumah 3d, jasa desain rumah per m2, jasa desain rumah online murah, jasa desain rumah elegan, jasa desain rumah minimalis modern 2 lantai, jasa desain rumah 2 lantai, jasa desain rumah tinggal, jasa desain rumah minimalis murah, jasa desain rumah klasik, jasa desain rumah modern, jasa desain rumah kecil, kontraktor rumah, jasa kontraktor rumah, harga kontraktor rumah per meter, kontraktor rumah sakit, kontraktor rumah murah, rekomendasi kontraktor rumah, jasa arsitek dan kontraktor rumah, jasa kontraktor rumah murah

Kategori:

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×