Jenis-Jenis Sampah dan Cara Membuangnya

Dipublikasikan oleh Administrator pada

See the source image, jenis-Jenis Sampah
newcastlebeach.org

Jenis-Jenis Sampah dan Cara Membuangnya. Selama ini banyak orang yang membuang sampah biasanya akan dikumpulkan lalu dibuang ke tempat sampah. Bahkan tak sedikit orang yang membuang sampah tidak pada tempatnya. Sebaiknyanya sampah dibuang berdasarkan jenis-jenis seperti berikut ini :

Sampah Organik

Kebanyakan sampah organik berasal dari sisa makanan ataupun sisa memasak di rumahmu. Daun-daun kering juga masuk dalam golongkan dalam jenis sampah organik.

Saat pembuangannya, jenis sampah ini tidak terlalu sulit. Kamu bisa membuangnya secara langsung di tempat sampah atau menguburkannya. Selain membuang, kamu bisa mengolah sampah jenis tersebut untuk pupuk. Tentunya ini menjadi pilihan bijak karena bisa menyuburkan tanah.

Note : Jangan membakar sampah organik, karena hal itu akan menjadi polusi udara.

Sampah Anorganik

Sampah anorganik merupakan sampah seperti sampah plastik, logam dan kertas kaca.Sampah ini sangat sulit terurai sehingga jika kamu membiarkannya menjadi tumpukan sampah, ia akan terus bertahan hingga puluhan bahkan ratusan tahun.

Kumpulkanlah jenis sampah anorganik terpisah-pisah sesuai dengan jenisnya. Hal ini akan memudahkan bagian pengelolaan sampah untuk mendaur ulangnya. 

Sampah B3

Jenis sampah ini merupakan singkatan dari sampah bahan beracun dan berbahaya. Biasanya, jenis sampah B3 bukanlah dihasilkan di rumah-rumah. Sampah B3 umumnya merupakan limbah dari proses kegiatan industri.

Pembuangan sampah jenis ini tidak bisa dilakukan secara asal-asalan karena hal itu bisa merusak lingkungan sekitar. Diperlukan proses khusus untuk membuang hal berbahaya dari limbah ini. Baru pada akhirnya bisa dibuang bersama sampah jenis lain.

Sampah Padat

Secara sederhana, sampah padat adalah segala limbah yang tidak berbentuk cairan. Cara membuang jenis sampah padat bisa langsung ke tempat sampah. 

Namun, kamu juga harus memperhatikan jenis lain dari sampah padat itu. Jika sampah padatnya merupakan bahan anorganik, kamu bisa langsung mengelompokkannya atau mendaur ulangnya. Jika sampah padatnya termasuk jenis sampah organik, kamu bisa menjadikannya sebagai pupuk.

Sampah Cair

Sampah cair merupakan cairan yang sudah tidak diperlukan lagi. Namun, cara pembuangannya tergantung dari sub jenis sampah ini. Ada dua jenis sampah cair, yaitu limbah hitam dan limbah rumah tangga. 

Limbah hitam merupakan sampah cair yang dihasilkan dari kamar mandi. Pembuangannya harus ekstra hari-hati dan memperoleh pengolahan karena mengandung patogen yang berbahaya bagi kehidupan. Saut lagi adalah jenis sampah cair limbah rumah tangga. Pembuangannya lebih mudah karena bisa di alirkan melalui saluran pembuangan.

Jangan lupa cek artikel lainnya di sakti desain. Jika kamu ada pertanyaan dan ingin mengetahui tentang sakti desain, kamu bisa klik banner di bawah ini atau klik icon whatsapp di samping kanan Layar. Cek juga channel youtube kami Sakti Desain Konsultan.

Kategori:

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×

Powered by WhatsApp Chat

×