Jenis-Jenis Rumah Adat Joglo Khas Jawa. Rumah joglo merupakan rumah adat khas dari pulau jawa. Rumah adat ini memiliki keunikan dan filosofi dengan tampilan struktur bangunan yang estetik dan fungsinya masih relevan sampai saat ini.

Rumah Joglo terdiri dari beberapa jenis yang masing-masing tentunya memiliki keunikannya sendiri. Langsung saja berikut beberapa jenis-jenis rumah joglo :

Rumah Joglo Sinom

jenis rumah joglo
google.com

Jenis pertama adalah Rumah Joglo Sinom. Rumah adat Indonesia ini memiliki konsep yang merupakan pengembangan dari Rumah Joglo dengan teras keliling. Ciri khasnya, Rumah Joglo Sinom dilengkapi dengan 36 tiang atau saka, di mana empat di antaranya merupakan tiang besar utama atau disebut juga dengan saka guru. Beralih ke bagian atap, Rumah Joglo Sinom memiliki sisi yang dibagi menjadi empat bagian dengan setiap sisi yang memiliki tiga tingkatan dengan satu bubungan.

Rumah Joglo Pangrawit

pinterest.com

Selanjutnya, ada model Rumah Joglo Pangrawit yang memiliki ciri khas berupa lambang gantung dengan atap berbentuk kubah. Pada setiap sudut Rumah Joglo Pangrawit, kamu juga bisa melihat adanya tiang atau saka. Saat ini, desain arsitektur Rumah Joglo Pangrawit juga banyak digunakan pada rumah-rumah modern sehingga kamu mungkin tak asing saat melihatnya.

Rumah Joglo Jompongan

jenis rumah joglo
google.com

Ada pula Rumah Joglo Jompongan dengan karakter atap yang terdiri dari dua susunan berbentuk bubungan yang dibuat memanjang ke sisi kanan dan kiri. Selain itu, Rumah Joglo Jompongan juga memiliki keunikan berupa penggunaan pintu geser serta denah lantai yang berbentuk bujur sangkar. Memiliki desain keseluruhan yang tampak lebih simpel ketimbang Rumah Joglo lainnya, jenis rumah yang satu ini pun biasanya tidak memasang banyak hiasan maupun ornamen di bagian atap.

Rumah Joglo Hageng

jenis rumah joglo
google.com

Jika dibandingkan dengan Rumah Joglo Pangrawit , model Rumah Joglo yang satu ini memiliki ukuran atap utama terbesar. Selain itu, Rumah Joglo Hangeng juga dilengkapi dengan tratak keliling sehingga menciptakan kesan megah layaknya sebuah istana.

Rumah Joglo Lawakan

jenis rumah joglo
pinterest.com

Selain itu, ada pula Rumah Joglo Lawakan yang memiliki ciri model atap dengan kesan sederhana dan terdiri dari dua tingkatan. Rumah Joglo Lawakan juga dilengkapi atap bagian bawah yang bentuknya lebar dan landai, tapi bagian atasnya dibuat meruncing.

Jangan lupa cek artikel lainnya di sakti desain. Jika kamu ada pertanyaan dan ingin mengetahui tentang sakti desain kamu bisa klik banner di bawah ini atau klik icon whatsapp di samping kanan. Dan juga cek channel youtube kami Sakti Desain Konsultan.

ARTIKEL TERKAIT

Kategori:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pos Terkait

Uncategorized

Mau bangun/ gambar rumah dulu?

Sakti desain tempat paling tepat untuk konsultasi….

Uncategorized

INGIN PUNYA RUMAH? 

Daripada buat beli rumah mending mbangun aja.. Punya uang 150 juta atau 600 juta tapi memilih beli rumah daripada bangun rumah sendiri?? Daripada membeli rumah lebih baik membangun rumah sendiri melalui kontraktor konsultan berpengalaman, karena Baca Selengkapnya…

TIM SAKTI DESAIN

Selamat Datang di SAKTI DESAIN

Sakti Desain adalah salah satu merk dagang dari PT Sakti Indah Properti Land yang bergerak di bidang Desain Arsitektur, Kontraktor, Toko Bangunan, Developer Properti, dan Agen Properti. Berdiri sejak tahun 2011

×