fbpx

Jenis-Jenis pelapis kayu untuk tampilan kayu idaman

Kayu merupakan material favorit untuk diaplikasikan pada aneka perabotan rumah, kitchen set ataupun perlengkapan interior lainnya. Dalam memilih penglengkapan interior, memilih kayu dengan kualitas yang baik menjadi prioritas, namun pemilihan kayu berkualitaspun akan terlihat biasa saja jika tidak di lapisi oleh pelapis kayu. Maka dari itu penggunaan pelapis kayu harus dilakukan secara cermat sehingga dapat menghasilkan pemanmpilan yang cantik, awet dan tahan lama.

Dari berbagai pelapis kayu yang ada di pasaran, berikut jenis dan manfaat dari penggunaannya di bawah ini!

Pernis

Jika kamu meginginkan finishing kayu natural, gunakanlah pelapis kayu pernis. Tersedia dalam look mengkilat dan matte, selain itu pelapis ini memiliki ketahanan terhadap air mauun paparan sinar mahatari. Pelapis pernis bisa diaplikasikan secara mudah dengan mengoleskannya secara merata pada permukaan kayu, namun pastikan kamu mengaplikasikannya secara rutin karena pelapis ini tergolong cepat pudar.

Politur

Selanjutnya adalah pelapis kayu politur yang berisi serlak berupa serpihan. Dalam penggunaannya, cukup larutkan serlak dengan alkohol setelah itu oleskan pada ppermukaan kayu dengan menggunakan kain. Pelapis kayu politur dapat menghasilkan film pada kayu yang membuat kayu semakin tebal serta menghasilkan tampilan yang mengkilat.

Nitro Cellulose

Pelapis nitro cellulose ini memiliki ketahanan terhadap air namun lemah terhadap paparan sinar matahari. dalam penggunaannya cukup campurkan nitro cellulose dengan alkohol, lalu semprotkan pada permukaan kayu. Untuk hasil akhirnya, penggunaan pelapis kayu NC ini dapat menghasilkan finishing yang halus dan terkesan licin.

Minyak kayu jati

Pelapis kayu minyak kayu jati ini berkerja dengan cara meresap ke dalam posi-posi kayu dan membentuk lapisan film, hal ini cocok untuk melapis kayu yang memiliki banyak pori-posi. Namun sayangnya pelapis kayu yang satu ini tidak tahan terhadap air dan goresan selain itu pelapis ini juga lebih cepat pudar, sehingga kamu harus melapisinya secara rutin. Untuk hasil akhirnya pelapis kayu ini, menghasilkan tampilan rustik yang natural.

Melamin

Selanjutnya adalah pelapis kayu melamin yang tahan terhadap air, goresan maupun benturan. Jenis pelapis ini tersedia dalam berbagai macam tampilan mulai dari doff, semi-glossy dan glossy. Namun sayangnya lapisan yang satu ini mengandung bahan kimia yang cukup tinggi sehingga kurang ramah lingkungan serta lebih cepat pusar jika terpapar sinar matahari.

Itulah beberapa jenis pelapis kayu untuk membuat tampilan kayu idaman. Mana yang cocok untuk mu?

ARTIKEL TERKAIT

Kategori:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pos Terkait

Uncategorized

Mau bangun/ gambar rumah dulu?

Sakti desain tempat paling tepat untuk konsultasi….

Uncategorized

INGIN PUNYA RUMAH? 

Daripada buat beli rumah mending mbangun aja.. Punya uang 150 juta atau 600 juta tapi memilih beli rumah daripada bangun rumah sendiri?? Daripada membeli rumah lebih baik membangun rumah sendiri melalui kontraktor konsultan berpengalaman, karena Baca Selengkapnya…

TIM SAKTI DESAIN

Selamat Datang di SAKTI DESAIN

Sakti Desain adalah salah satu merk dagang dari PT Sakti Indah Properti Land yang bergerak di bidang Desain Arsitektur, Kontraktor, Toko Bangunan, Developer Properti, dan Agen Properti. Berdiri sejak tahun 2011