fbpx

Kayu, salah satu material penting dalam pembangunan rumah. Selain memiliki kekuatan dan daya tahan yang baik, berbagai kayu juga memiliki tekstur, warna dan pola yang khas dan unik hingga sering digunakan untuk menambah estetika rumah termasuk exterior rumah.

Namun tidak semua jenis kayu cocok untuk di gunakan pada exterior rumah karena faktor seperti cuaca, hama dan faktor lainnya.

Lalu jenis kayu seperti apa yang bisa digunakan untuk exterior rumah? berikut beberapa pilihan jenis kayu yang cocok untuk digunakan di exterior rumah.

Kayu jati

cosyowl.com

jenis kayu jati sudah sangat populer akan kualitas dan juga daya tahannya, tak heran jika jenis kayu ini cocok digunakan pada bagian exterior rumah.

Namun kayu jati dalam hal di atas juga di pengaruhi usia. Semakin tua pohon jati, maka semakin kuat dan berkualitas. Sayangnya pertumbuhan yang lambat dan kayu yang semakin langka membuat harga dari kayu ini relatif mahal.

kayu merbau

tokopedia.com

Kayu merbau, kayu jenis ini biasanya di gunakan sebagai alternatif kayu jati karena kekuatannya tak kalah dengan kayu jati.

Namun kayu ini memiliki kelemahan adalah warna dan tekturnya yang belang dan kontras. Tapi bagi sebagain orang hal tersebut justru menjadi daya tarik tersendiri dari kayu merbau ini.

Kayu ulin

shopify.com

Banyak yang percaya bahwa kayu ulin akan semakin kuat jika terkena air. Umumnya penggunaan material kayu rentan dengan air, Namun hal ini tidak berlaku pada jenis kayu ini.

Bahkan tak sedikit yang menyebut jenis kayu ini debagai istilah kayu besikarena kekuatan yang di miilikinya. Namun sayangnya kayu ini memiliki tektur yang tidak halus.

Kayu bengkirai

alibaba.com

Kayu bengkirai, kayu yang berasal dari kalimantan ini merupakan kayu yang cukup populer yang di gunakan untuk membangun rumah. Kayu ini juga di kenal dengan nama kayu barau, yang memiliki kekuatan sangat baik untuk di gunakan pada out door.

kayu damar laut

alibaba.com

Jenis kayu selanjutnya adalah kayu damar laut. Kayu ini memiliki sifat yang keras sehingga sangat sulit untuk diolah. Namun sifat inilah yang menjadikan kayu ini cocok untuk di gunakan pada exterior rumah.

Perlu di ingat meskipun memiliki daya tahan yang baik perlu untuk dirawat agar kayu yang kamu gunakan tahan lama dan membuat estetika rumah tetap indah.

ARTIKEL TERKAIT

Kategori:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pos Terkait

Uncategorized

Mau bangun/ gambar rumah dulu?

Sakti desain tempat paling tepat untuk konsultasi….

Uncategorized

INGIN PUNYA RUMAH? 

Daripada buat beli rumah mending mbangun aja.. Punya uang 150 juta atau 600 juta tapi memilih beli rumah daripada bangun rumah sendiri?? Daripada membeli rumah lebih baik membangun rumah sendiri melalui kontraktor konsultan berpengalaman, karena Baca Selengkapnya…

TIM SAKTI DESAIN

Selamat Datang di SAKTI DESAIN

Sakti Desain adalah salah satu merk dagang dari PT Sakti Indah Properti Land yang bergerak di bidang Desain Arsitektur, Kontraktor, Toko Bangunan, Developer Properti, dan Agen Properti. Berdiri sejak tahun 2011