Jenis-Jenis Besi yang Harus Diketahui Beserta Kegunaannya

Dipublikasikan oleh Administrator pada

Besi merupakan benda penting yang kamu perlukan jika ingin membuat sebuah bangunan. Seperti peralon air, rangka, dan lain-lain.

Maka dari itu karena sebuah besi bagian penting dalam membuat sebuah bangunan, berikut bebeapa jenis-jenis besi dan kegunaannya. Simak di bawah ini!

Pipa Besi

Besi ini terbuat dari baja dan sering kita jumpai di toko bangunan. Pipa besi memiliki bentuk bulat memanjang dan warna yang khas hitam. Manfaat dari besi ini adalah untuk menyalurkan bahan-bahan tambang yang mudah terbakar seperti gas, minyak, juga oli. Biasanya besi ini digunakan di bangunan berskala besar seperti pabrik dan bangunan industri lainnya.

Besi Beton

Besi beton ini cukup kokoh untuk menopang pondasi bangunan berskala kecil seperti hunian keluarga. Besi beton disebut juga besi penulangan karena selalu digunakan sebagai rangka dari sebuah bangunan.

Besi ulir diberikan ulir melalui proses rol pada permukaannya sehingga memiliki ikatan yang lebih baik antara tulangan dan beton. Bentuk ulir ini meningkatkan daya lekat sehingga menahan gerakan dari batang terhadap beton. Besi ulir memiliki ketahanan tekan minimal 400 Mpa.

Besi Plat

Bentuk besi ini berupa plat atau lempengan yang memanjang sehingga mudah dibentuk dan difungsikan. Besi plat adalah besi baja yang biasanya digunakan dalam pembuatan perkakas. Ada banyak sekali perkakas yang bahannya dari besi plat mulai dari kendaraan tranportasi sampai peralatan rumah tangga.

Besi Hollow

Besi hollow berbentuk pipa kotak. Besi hollow bermanfaat untuk pembangunan plafon dan juga untuk rangka dinding partisi yang anti rayap, tahan api, dan juga hama seperti binatang pengerat. Besi ini sering dipakai oleh banyak bengkel las sebagai bahan membuat rangka kanopi, pagar rumah, dan balkon.

Besi Siku

Besi siku sendiri berarti logam yang berbentuk dua garis tegak lurus (sudut 90 derajat). Dalam dunia bangunan, besi siku ini lazimnya diproduksi dengan panjang yang sama, yaitu 6m. Bentuknya juga mirip segitiga siku-siku, hanya saja, tidak menutup di satu sisinya. Besi siku berfungsi untuk membuat rak besi, tower air, kerangka dan detail tangga, hingga rangka pintu.

Besi CNP

Besi CNP ini mempunyai bentuk huruf C. Jenis besi ini sering digunakan dalam kontruksi bangunan. Besi CNP kebanyakan dipakai untuk rangka atap, atau rangka yang lain. Besi model ini terdapat banyak ukuran dan tinggal disesuai mana yang tepat untuk konstruksi bangunan.

Besi UNP

Besi UNP merupakan besi yang berbentuk huruf U. Jenis besi ini memiliki manfaat sebagai balok untuk penutup pada bagian atap dan juga sebagai penopang untuk bagian dinding. Besi ini sangat cocok sebagai pelengkap kontruksi. Besi UNP banyak digunakan oleh tukang las sebagai bahan membuat rangka.

Besi Wiremesh

Besi weremesh atau yang biasa disebut besi anyam merupakan jenis besi yang dibentuk dari kawat. Pembuatan besi model ini dengan cara dianyam sehingga membentuk kotak-kotak dalam lembaran. Fungsi dari besi ini untuk menguatkan dak beton dalam pembangunan rumah. Ukuran ketebalan besi ini sangat beragam dan besi ini bisa dipakai untuk display.

Itulah jenis-jenis besi yang harus kamu ketahui beserta dengan kegunaannya. Manakah yang belum kamu ketahui tentang besi-besi di atas? Jangan lupa share dan cek artikel lainnya di saktidesain.com.

“SAKTI DESAIN adalah perusahaan jasa konsultan desain arsitektur, kontraktor bangunan untuk hunian (rumah/ apartemen) maupun komersial (kantor/ ruko/ tempat usaha lain) dan properti. Bagi Anda yang membutuhkan konsultasi, Anda dapat menghubungi kantor kami atau ke nomor (0286)323303 atau 085713235758. Kami melayani untuk seluruh wilayah Indonesia.”

Tag : wonosobo, banjarnegara, temanggung, magelang, yogyakarta, kontraktor interior, kontraktor interior design, interior kontraktor, jasa kontraktor rumah, jasa kontraktor bangunan, jasa kontraktor apartemen, jasa kontraktor gudang, jasa kontraktor hotel, jasa kontraktor terbaik di indonesia, jasa kontraktor kantor, jasa kontraktor lantai, jasa kontraktor lokal, jasa kontraktor rumah 2 lantai, jasa kontraktor per meter, jasa kontraktor renovasi rumah, jasa kontraktor rumah murah, jasa kontraktor taman, jasa kontraktor rumah terbaik, jasa arsitek rumah, jasa arsitek, jasa arsitek murah, jasa arsitek rumah mewah, jasa arsitek rumah minimalis, jasa arsitek desain rumah, jasa arsitek rumah murah, jasa arsitek renovasi rumah, jasa arsitek online, jasa arsitek rumah klasik, jasa arsitek dan desain interior, jasa arsitek profesional, jasa arsitek rumah online, jasa desain rumah, harga jasa desain rumah, jasa desain rumah online, harga jasa desain rumah 3d, jasa desain rumah minimalis, jasa desain rumah minimalis sederhana, jasa desain rumah mewah, jasa desain rumah murah, jasa desain rumah minimalis 1 lantai, jasa desain rumah kita, jasa desain rumah kost, jasa desain rumah dan rab, harga jasa desain rumah per meter, jasa desain rumah minimalis 2 lantai, jasa desain rumah 3d, jasa desain rumah per m2, jasa desain rumah online murah, jasa desain rumah elegan, jasa desain rumah minimalis modern 2 lantai, jasa desain rumah 2 lantai, jasa desain rumah tinggal, jasa desain rumah minimalis murah, jasa desain rumah klasik, jasa desain rumah modern, jasa desain rumah kecil, kontraktor rumah, jasa kontraktor rumah, harga kontraktor rumah per meter, kontraktor rumah sakit, kontraktor rumah murah, rekomendasi kontraktor rumah, jasa arsitek dan kontraktor rumah, jasa kontraktor rumah murah

Kategori:

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *