Jenis Batu Bata dan Fungsinya

Dipublikasikan oleh Administrator pada

Jenis Batu Bata dan Fungsinya. Batu bata merupakan material utama dan umum dalam membangun sebuah rumah. Bahan satu ini  digunakan sebagai bahan konstruksi tembok, pagar, dan elemen rumah lain. Seiring dengan perkembangan teknologi batu bata semakin bervariasi sesuai material pembuatannya.

Berikut Jenis batu bata umum beserta fungsinya.

Batu Bata Merah

See the source image
pinterest.com

Batu bata merah merupakan material bangunan yang sangat umum kita jumpai di Indonesia sejak zaman dahulu. Ia sudah menjadi bahan wajib dalam membangun rumah. Selain sudah teruji kekuatannya, jenis ini pun mudah ditemui di pasaran.

Rumah yang dindingnya dibangun dari material batu bata merah akan terasa lebih nyaman dan sejuk, karena komponen didalamnya yang menyatu dan rapat. Selain rapat, jenis batu ini juga tahan lama dan kokoh sehingga jarang terjadi keretakan dinding. 

Batako

See the source image, Jenis batu bata
pinterest.com

Secara umum, batu bata batako terbuat dari campuran semen dan pasir kasar yang dicetak atau di press. Konstruksi bangunan yang sering menggunakan batako di antaranya adalah gudang, pagar, dan pos jaga. Jenis batu yang satu ini memiliki ukuran yang relatif besar, menjadikan pemasangannya lebih mudah dan cepat selesai.

Bobot yang lebih ringan cocok digunakan untuk bangunan lebih dari dua lantai, seperti ruko. Batu bata batako juga memiliki rongga, sehingga pemasangannya relatif lebih cepat. Ia juga cocok digunakan untuk dinding bagian luar rumah karena sifatnya yang kuat dan kedap air. 

Hebel

See the source image, Jenis batu bata
pinterest.com

Jenis batu bata mulai banyak digunakan di Indonesia yaitu hebel. Batu bata hebel sendiri mulai populer penggunaannya di Indonesia, karena pertumbuhan teknologi dan tren industri yang berkembang pesat. 

Karena proses pencetakannya yang dilakukan di pabrik, ukuran bata jenis ini jauh lebih presisi dan rapi. Bata hebel baik dalam menyerap panas. Keistimewaan dari bata hebel ini adalah daya serap air yang rendah dan tidak mudah menyerap rembesan air. Selain itu, lebih ringan dan kokoh.

Batu Bata Berlubang

See the source image, Jenis batu bata
pinterest.com

Seperti namanya batu bata berlubang memiliki lubang silinder di dalam ketebalannya dan memiliki bobot ringan. Jenis bata ini cukup populer karena tergolong cepat dalam pembuatan. Biasa digunakan dalam konstruksi panel untuk struktur ringan dan struktur berbingkai pada sebuah bangunan yang bertingkat.

Jika ingin menggunakan bata ini, sebaiknya beri jarak antara sisi batu bata dengan tepi lubang-lubangnya tidak kurang dari 10mm. Perlu direndam selama 24 jam dan dikeringkan selama beberapa jam di bawah sinar matahari. 

Batu Bata Purpose-Made

See the source image
pinterest.com

Dari namanya batu bata ini memiliki bentuk beragam tergantung kebutuhan. Biasanya bata ini digunakan saat ada kesalahan pembangunan yang harus segera diatasi. Biasanya dipasang untuk membantu pemasangan kusen pintu dan jendela.

Umumnya jenis bata ini terbuat dari campuran pasir dan tanah liat, ada juga yang mencampurkan bahan-bahan kimia lainnya untuk tujuan tertentu seperti pembuatan gedung besar. Memiliki daya tahan dan kompresi tinggi.

Jangan lupa cek artikel lainnya di sakti desain. Jika kamu ada pertanyaan dan ingin mengetahui tentang sakti desain, kamu bisa klik banner di bawah ini atau klik icon whatsapp di samping kanan Layar. Cek juga channel youtube kami Sakti Desain Konsultan.


Tags :

wonosobo, banjarnegara, temanggung, magelang, yogyakarta, kontraktor interior, kontraktor interior design, interior kontraktor, jasa kontraktor rumah, jasa kontraktor bangunan, jasa kontraktor apartemen, jasa kontraktor gudang, jasa kontraktor hotel, jasa kontraktor terbaik di indonesia, jasa kontraktor kantor, jasa kontraktor lantai, jasa kontraktor lokal, jasa kontraktor rumah 2 lantai, jasa kontraktor per meter, jasa kontraktor renovasi rumah, jasa kontraktor rumah murah, jasa kontraktor taman, jasa kontraktor rumah terbaik, jasa arsitek rumah, jasa arsitek, jasa arsitek murah, jasa arsitek rumah mewah, jasa arsitek rumah minimalis, jasa arsitek desain rumah, jasa arsitek rumah murah, jasa arsitek renovasi rumah, jasa arsitek online, jasa arsitek rumah klasik, jasa arsitek dan desain interior, jasa arsitek profesional, jasa arsitek rumah online, jasa desain rumah, harga jasa desain rumah, jasa desain rumah online, harga jasa desain rumah 3d, jasa desain rumah minimalis, jasa desain rumah minimalis sederhana, jasa desain rumah mewah, jasa desain rumah murah, jasa desain rumah minimalis 1 lantai, jasa desain rumah kita, jasa desain rumah kost, jasa desain rumah dan rab, harga jasa desain rumah per meter, jasa desain rumah minimalis 2 lantai, jasa desain rumah 3d, jasa desain rumah per m2, jasa desain rumah online murah, jasa desain rumah elegan, jasa desain rumah minimalis modern 2 lantai, jasa desain rumah 2 lantai, jasa desain rumah tinggal, jasa desain rumah minimalis murah, jasa desain rumah klasik, jasa desain rumah modern, jasa desain rumah kecil, kontraktor rumah, jasa kontraktor rumah, harga kontraktor rumah per meter, kontraktor rumah sakit, kontraktor rumah murah, rekomendasi kontraktor rumah, jasa arsitek dan kontraktor rumah, jasa kontraktor rumah murah

Kategori:

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×