Jangan Tertipu, Ini Cara Membedakan Granit Asli dan Kw

Dipublikasikan oleh Administrator pada

Jangan Tertipu, Ini Cara Membedakan Granit Asli dan Kw. Granit merupakan material yang memiliki tekstur kuat, keras, tahan lama, dan memiliki tampilan yang menarik. Karena hal inilah, banyak orang yang mendambakan memiliki rumah yang dilapisi oleh material granit ini. 

Karena materialnya yang bagus inilah, banyak orang yang tertipu membeli granit kw yang dikiranya asli. Untuk membedakan granit asli dan kw (kwality) bukanlah hal yang mudah, namun terdapat beberapa faktor yang dapat membantumu untuk membedakannya. Berikut adalah beberapa cara untuk membedakan granit asli dan kw:

Perhatikan Tampilan dan Kualitas Permukaan

perbedaan granit asli dan kw
pinterest.com

Granit asli memiliki tampilan yang alami, dengan pola dan warna yang unik. Permukaannya biasanya memiliki kilap alami yang sulit ditiru. Jika granit memiliki pola yang terlalu seragam, warna yang tidak realistis, atau kilap yang terlalu sempurna, itu bisa menjadi tanda bahwa itu adalah granit kw.

Granit asli memiliki motif sempurna sehingga nggak ada cacat atau goresan yang ada di lapisannya. Berbeda dengan KW yang mempunyai kecacatan seperti bintik-bintik kecil serta pori-pori granit yang lebar. 

Uji Ketahanan dan Ketebalan

Ketahanan menjadi salah satu tanda untuk mengetahui granit asli atau KW. Granit asli memiliki tingkat kekerasan dan ketahanan yang tinggi. Umumnya granit KW yang beberapa memiliki permukaan cembung dan ketahanannya pun kurang. Kamu bisa mencoba menggores permukaan granit dengan benda keras seperti pisau atau kunci. Jika granit mudah tergores atau tergores dengan mudah, itu bisa menjadi tanda bahwa itu adalah granit kw.

Selanjutnya ketuk pada bagian belakang granit lalu dengarkan suaranya. Jika kamu mendengarkan suara yang dering, maka granit yang kamu beli asli. Namun jika tidak ada bunyinya maka bisa diasumsi bahwa itu granit kw. 

Periksa Bobot

Berat granit bisa dijadikan acuan mengetahui apakah asli dan KW. Dibandingkan dengan granit KW, yang asli terasa lebih berat , selain itu tidak mudah pecah dan lebih kokoh. Di sisi lain, menyiramkan air pada material granit bisa menjadikan faktor kedua untuk membedakan asli atau kw.

Jika granit menyerap air serta cairan lain jika mengenainya, bisa dipastikan itu asli. Penyerapan ini bisa ditandai dengan granit yang berubah warnanya menjadi gelap yang menunjukkan didalamnya terisi oleh air tersebut. Umumnya lantai yang memakai granit KW biasanya nggak menyerap air karena pemakaian resin epoksi saat membuatnya Selain itu, faktor lain untuk membedakan granit asli dan kw adalah kepadatan batu.

Periksa Variasi Warna dan Pola

perbedaan granit asli dan kw
pinterest.com

Granit asli memiliki beragam warna yang banyak dan bervariasi yang alami. Granit asli mempunyai warna yang tajam dan sempurna. Jauh berbeda dengan granit KW yang warnanya nggak cukup bagus. Bahkan ada yang dengan ketajaman sangat kurang dan terdapat cela di beberapa bagiannya.

Jika granit memiliki pola yang terlalu seragam atau warna yang terlalu konsisten, itu bisa menjadi tanda bahwa itu adalah granit kw. Karena granit asli adalah batu alam, jadi urat di permukaan dan warnanya nggak seratus persen sama persis. 

Harga

Granit sebagai batu alami yang berasal dari alam, pastinya membutuhkan proses pengolahan yang nggak mudah yang membuat harganya yang tinggi. Besaran harga yang diberikan akan sebanding dengan kualitas granit asli yang telah disempurnakan bentuknya. 

Jika sudah seperti itu, lebih bijak lagi untuk menanyakan atau mengecek harga di pasaran. Daya tarik dari granit ini kemudian membuat beberapa orang mengesampingkan masalah harga yang seharusnya karena lebih penting untuk memilikinya. Jangan tergiur penawaran dengan harga rendah. 

Konsultasikan dengan Ahli atau Spesialis

Jika kamu tidak yakin, kamu selalu dapat berkonsultasi dengan ahli atau spesialis dalam industri batu alam. Mereka akan dapat memberikan penilaian yang lebih akurat dan memberikan panduan lebih lanjut dalam membedakan granit asli dan kw.

Ingatlah bahwa beberapa granit kw mungkin dirancang dengan sangat baik dan terlihat seperti granit asli. Oleh karena itu, penting untuk membeli granit dari sumber yang terpercaya dan berkualitas untuk memastikan kamu mendapatkan produk yang sesuai dengan harapan kamu.


Jangan lupa cek artikel lainnya di sakti desain. Jika kamu ada pertanyaan dan ingin mengetahui tentang sakti desain, kamu bisa klik banner di bawah ini. Cek juga channel youtube kami Sakti Desain Konsultan, kami membahas tentang rumah seperti desain terbaru, proses pembuatan, perencanaan dan lain-lain.


Tags :

wonosobo, banjarnegara, temanggung, magelang, yogyakarta, kontraktor interior, kontraktor interior design, interior kontraktor, jasa kontraktor rumah, jasa kontraktor bangunan, jasa kontraktor apartemen, jasa kontraktor gudang, jasa kontraktor hotel, jasa kontraktor terbaik di indonesia, jasa kontraktor kantor, jasa kontraktor lantai, jasa kontraktor lokal, jasa kontraktor rumah 2 lantai, jasa kontraktor per meter, jasa kontraktor renovasi rumah, jasa kontraktor rumah murah, jasa kontraktor taman, jasa kontraktor rumah terbaik, jasa arsitek rumah, jasa arsitek, jasa arsitek murah, jasa arsitek rumah mewah, jasa arsitek rumah minimalis, jasa arsitek desain rumah, jasa arsitek rumah murah, jasa arsitek renovasi rumah, jasa arsitek online, jasa arsitek rumah klasik, jasa arsitek dan desain interior, jasa arsitek profesional, jasa arsitek rumah online, jasa desain rumah, harga jasa desain rumah, jasa desain rumah online, harga jasa desain rumah 3d, jasa desain rumah minimalis, jasa desain rumah minimalis sederhana, jasa desain rumah mewah, jasa desain rumah murah, jasa desain rumah minimalis 1 lantai, jasa desain rumah kita, jasa desain rumah kost, jasa desain rumah dan rab, harga jasa desain rumah per meter, jasa desain rumah minimalis 2 lantai, jasa desain rumah 3d, jasa desain rumah per m2, jasa desain rumah online murah, jasa desain rumah elegan, jasa desain rumah minimalis modern 2 lantai, jasa desain rumah 2 lantai, jasa desain rumah tinggal, jasa desain rumah minimalis murah, jasa desain rumah klasik, jasa desain rumah modern, jasa desain rumah kecil, kontraktor rumah, jasa kontraktor rumah, harga kontraktor rumah per meter, kontraktor rumah sakit, kontraktor rumah murah, rekomendasi kontraktor rumah, jasa arsitek dan kontraktor rumah, jasa kontraktor rumah murah

Kategori:

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×