Hal Yang Perlu Diketahui Tentang Batako

Dipublikasikan oleh Administrator pada

Hal Yang Perlu Diketahui Tentang Batako. Batako merupakan material populer untuk bahan pembuatan dinding rumah. Material yang terbuat dari campuran pasir kasar, kricak, kapur, semen, dan air sudah menjadi hal yang umum. Material ini sendiri sering dipilih karena beberapa hal berikut :

Jenis Berdasarkan Material

See the source image, batako
pinterest.com

Berdasarkan material pembuatannya, bahan ini terbagi dalam beberapa variasi berbeda. Variasi pertama adalah batako putih yang dibuat dari campuran batu kapur, tras dan air.  Ada pula batako semen atau batako press yang dibuat dari bahan utama berupa semen dan pasir, terdiri dari banyak ukuran dan biasanya memiliki dua atau tiga lubang pada bagian sisi untuk nantinya diisi oleh adukan pengikat.

Terakhir adalah batako beton yang merupakan varian dari batako press, di mana pembuatannya menggunakan semen portland dan dicetak menggunakan mesin atau dilakukan secara manual. Terdiri juga dari ukurannya yang beragam, jenis ini juga kerap dicampurkan bahan tambahan, seperti batubara atau styrofoam agar bobotnya ringan.

Kelebihan

See the source image, batako
pinterest.com

Ada banyak kelebihan batako yang dapat dijadikan pertimbangan saat memilih material terbaik untuk membuat dinding. Pertama adalah ukurannya yang sama serta dicetak secara rapi sehingga memudahkan proses pemasangan.

Memiliki ukuran yang lebih besar ketimbang bata merah, kamu pun bisa meminimalisir penggunaan material perekat, serta lebih menghemat waktu dalam proses pembangunan. Dengan bobot yang cenderung ringan, ukuran ini juga dapat disesuaikan dengan memotongnya, serta memiliki kelebihan kedap air sehingga meminimalkan terjadinya rembesan air hujan.

Kekurangan

See the source image, batako
pinterest.com

Meskipun material dinding ini memiliki banyak kelebihan, tapi batako tetap memiliki kekurangan yang wajib kamu ketahui. Kekurangan pertama terletak pada kemampuannya dalam menyerap panas sehingga dapat membuat ruangan terasa lebih panas. Selain itu, material ini mudah retak atau pecah sehingga sebaiknya dipasang oleh tukang yang telah berpengalaman.

Jangan lupa cek artikel lainnya di sakti desain. Jika kamu ada pertanyaan dan ingin mengetahui tentang sakti desain, kamu bisa klik banner di bawah ini atau klik icon whatsapp di samping kanan Layar. Cek juga channel youtube kami Sakti Desain Konsultan.

Kategori:

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×

Powered by WhatsApp Chat

×