Fungsi Dan Penerapan Garis Sempadan

Dipublikasikan oleh Administrator pada

Fungsi Dan Penerapan Garis Sempadan. Garis sempadan bangunan atau GSB merupakan garis batas atau jarak minimal yang digunakan untuk membatasi properti bangunan dan lahan yang kamu miliki. Misalnya, untuk membatasi bangunan dan lahan dengan jalan, jaringan listrik, rel kereta api, taman umum, tepi pantai, tepi sungai, serta bangunan milik tetangga.

Dari pengertiannya garis sempadan bangunan bisa kita cerna dan bayangkan apa itu fungsi dan penerapannya. Namun jika kamu masih sedikit bingung, cek penjelasannya di bawah ini

Fungsi Garis Sempadan Bangunan

Secara garis besar, garis sempadan bangunan dibuat untuk meningkatkan aspek estetika lingkungan dan keamanan. Keindahan di suatu lingkungan akan tercipta karena ada batas antara bangunan dan area publik.

Sementara itu, dari aspek keamanan nantinya juga akan dirasakan oleh pemilik bangunan. Misalnya saja, jika kamu memiliki rumah di dekat kawasan pantai, dan menerapkan garis sempadan bangunan dengan tepat, maka rumah akan aman ketika pantai mengalami pasang surut. Menjaga jarak dengan jalur pipa gas juga dapat mengurangi risiko kerusakan rumah saat terjadi musibah ledakan.

penerapan garis sempadan
dwell.com

Penerapan Garis Sempadan Bangunan

Garis sempadan bangunan, memiliki perhitungan jarak minimal tidak dihitung berdasarkan bagian luar bangunan saja. Sejumlah masyarakat masih sering salah paham dan mengira garis sempadan bangunan dihitung dari pagar. Perhitungan yang benar dilakukan dari posisi sloof, pondasi rumah, pasangan bata, hingga atap bangunan. 

Garis Sempadan di Perumahan

penerapan garis sempadan, saktidesain

Di dalam perumahan juga wajib mentaati garis sempadan bangunan. Namun hanya saja, kriterianya sedikit berbeda karena tergantung pada ukuran jalanan. Biasanya, nilai garis sempadan bangunan adalah setengah dari lebar jalan. Untuk perumahan, bisa sekitar tiga hingga lima meter. 

Apabila kamu berencana membeli rumah di perumahan, cermati juga garis sempadan bangunannya. Jangan hanya berpasrah dan terima hasilnya saja. Jika garis sempadan bangunan di perumahan tersebut menyimpang dari peraturan pemerintah setempat, silakan ajukan keberatan. Pasalnya, hal tersebut menyangkut keamanan dan kenyamanan saat menempati rumah.

Jangan lupa cek artikel lainnya di sakti desain. Jika kamu ada pertanyaan dan ingin mengetahui tentang sakti desain kamu bisa klik banner di bawah ini atau klik icon whatsapp di samping kanan. Dan juga cek channel youtube kami Sakti Desain Konsultan.


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *