fbpx

Fondasi Tiang Pancang

Tiang pancang adalah salah satu model fondasi yang sering digunakan menopang beban rumah. Fondasi sendiri merupakan salah satu bagian dari konstruksi bangunan yang berperan penting untuk meningkatkan kekuatan dan ketahanan suatu bangunan.

Untuk kamu yang belum tahu tentang fondasi ini. Yuk simak pembahasan singkat di bawah ini!

Tiang pancang sederhananya merupakan bagian dari fondasi yang menyalurkan beban konstruksi dan struktur bangunan ke dalam lapisan tanah terdalam dan jauh dari permukaan, sehingga membuat bangunan lebih kukuh dan tahan lama. Pada umumnya praktik pemacangan dilakukan dalam posisi tekag lurus ke dalam tanah, namun ada juga teknik yang miring seperti di daerah dermaga karena terpengaruh oleh tekanan ke samping dari kapal atau perahu.

Namun secara umum terdapat tiga tipe tiang pancang yang sering digunakan sebagai fondas bangunan.

Tipe tiang pancang kayu

Fondasi dengan memanfaatkan tiang kayu biasanya banyak digunakan di rumah-rumah panggung yang berada di kawasan kalimantan, sumatera, serta rumah rumah-rumah yang berada di tepi pantai atau kawasan rawa.

Karena memiliki kekurangan alami, pemilihan kayu untuk tiang pamcang tidak asal-asalan. Saah satu pilihannya, kamu bisa menggunakan kayu yang memiliki ketahanan yang baik seperti kayu ulin.

Tipe tiang pancang beton

Tiang pancang beton biasanya digunakan untuk gedung-gedung tinggi. Droses untuk pemasangan tiang ini meliputi pengetesan kedalaman tanah, pemilihan panjang sesuai beban bangunan, pengeboran dengan mesin bor, pengukuran titik dan mendrikan alat teodolit terdiri dari dua unit dipasang dua arah untuk emastikan posisi tiang berdiri tegak hingga elevasi kedalaman yang sudah diperhitungkan.

Tipe tiang pancang baja

Selain menggunakan bahan beton dan kayu, ada juga tipe tiang pancang dengan material baja. Cocok digunakan pada fondasi bangunan permanen atau semi permanen yang berbentuk pipa atau kotak. Tiang pancang baja memiliki kelebihan seperti berat ringan, dapat digunakan berkali-kali, dapat di sambung hingga durabilitas tinggi.

Tipe tiang pancang komposit

Yang terakhir adalah tiang pancang komposit, biasanya tiang ini memadukan bahan-bahan berbeda seperti bahan-bahan di atas. namun karena teknik pemasangannya yang sulit serta biaya yang mahal, tipe tiang ini kini mulai di tinggal.

ARTIKEL TERKAIT

Kategori:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pos Terkait

Uncategorized

Mau bangun/ gambar rumah dulu?

Sakti desain tempat paling tepat untuk konsultasi….

Uncategorized

INGIN PUNYA RUMAH? 

Daripada buat beli rumah mending mbangun aja.. Punya uang 150 juta atau 600 juta tapi memilih beli rumah daripada bangun rumah sendiri?? Daripada membeli rumah lebih baik membangun rumah sendiri melalui kontraktor konsultan berpengalaman, karena Baca Selengkapnya…

TIM SAKTI DESAIN

Selamat Datang di SAKTI DESAIN

Sakti Desain adalah salah satu merk dagang dari PT Sakti Indah Properti Land yang bergerak di bidang Desain Arsitektur, Kontraktor, Toko Bangunan, Developer Properti, dan Agen Properti. Berdiri sejak tahun 2011