Beberapa Hal Yang Harus Kamu Ketahui Tentang Rumah Adat Aceh “Krong Bade”!

Dipublikasikan oleh Administrator pada

Indonesia merupakan negara yang kaya akan arsitektur vernakular yang bisa kamu lihat dari keberagaman rumah adat yang ada di Indonesia. Bagi yang belum tahu vernakular, vernakular adalah arsitektur yang terbentuk dari proses yang berangsur lama dan berulang-ulang sesuai dengan perilaku, kebiasaan, dan kebudayaan di tempat asalnya. Vernakular, berasal dari vernacullus yang berarti lokal, pribumi.
Selain arsitekturnya yang menakjubkan, rumah adat Aceh juga sarat akan makna dan pesan dalam setiap bangunannya. Berikut adalah beberapa fakta tentang rumah adat Aceh Krong Bade yang mungkin belum pernah kamu ketahui sebelumnya!

Dibangun Tanpa Menggunakan Paku

Rumah adat Aceh Krong Bade dibangun menggunakan material dan bahan bangunan yang diambil dari alam sekitar dengan makna kehidupan masyarakat Aceh yang dekat dengan alam. Hal ini membuat rumah adat Aceh sama sekali tidak menggunakan paku dalam pembangunannya, lo!
Untuk menyatukan setiap bahan material bangunan, rumah Krong Bade menggunakan material tali pengikat yang disebut dengan nama yang terbuat dari bahan seperti rotan, tali ijuk, dan juga kulit pohon waru.

Ukiran pada Rumah Adat Aceh, Melambangkan Status Ekonomi

Nilai estetika dari rumah adat Aceh juga bisa dilihat dari ukiran-ukirannya. Ukiran-ukiran pada rumah Krong Bade pun memiliki makna bagi masyarakat Aceh, khususnya dalam hal status sosial dari penghuni rumah.
Jumlah dan banyaknya ukiran pada rumah adat Aceh Krong Bade menentukan kemampuan ekonomi dari penghuni rumah adat tersebut.

Memberikan Hormat Setiap Memasuki Rumah Adat Aceh

Hal unik lainnya dari rumah adat Aceh adalah ukuran pintu rumah yang lebih kecil daripada tinggi manusia, yaitu hanya sekitar 120 – 150 cm. Hal ini bertujuan agar setiap tamu harus memberi saleum horeumat pada ahli bait (salam hormat pada pemilik rumah) dengan membungkuk sebelum memasuki rumah tanpa mengenal kasta dan kelas ekonomi dari tamu tersebut.
Umumnya, rumah adat Aceh memiliki gentong air di bagian depan untuk tempat membersihkan kaki mereka sebelum masuk ke rumah dengan makna bahwa setiap tamu yang datang harus memiliki niat baik.

Anti Gempa

Struktur dari rumah adat Aceh Krong Bade juga terkenal sebagai rumah anti gempa. Hal ini dikarenakan struktur rumah adat Aceh tanpa paku melainkan menggunakan teknik sambungan pengikat yang jauh lebih fleksibel dan aman dari goncangan gempa.

Terdiri dari 4 Bagian

Rumah Adat Aceh terbagi menjadi 4 bagian berdasarkan fungsinya masing-masing. Keempat bagian dari rumah adat Aceh Krong Bade adalah:

Seuramoë keuë

Merupakan ruang depan dari rumah adat Aceh yang berfungsi sebagai tempat menerima tamu, bersantai dan tempat berisirahat bagi penghuni rumah.

Seuramoë teungoh

Bagian ini merupakan ruangan inti dari rumah adat Aceh. Hal ini bisa dilihat dari ketinggian lantai yang lebih tinggi. Bagian dari rumah adat Aceh ini juga sangat privat dimana hanya penghuni rumah yang boleh memasukinya.
Bagian seuramoë teungoh ini terdiri dari kamar-kamar tidur keluarga. Selain itu ruang-ruang di bagian ini juga digunakan sebagai kamar pengantin dan juga ruang pemandian mayat ketika ada anggota keluarga yang meninggal dunia.

Seurameo likot

Bagian dari rumah adat Aceh yang ini berfungsi sebagai tempat makan, dapur, dan tempat bercengkrama bagi sesama anggota keluarga. Bagian ruangan ini tidak memiliki kamar-kamar dan juga memiliki ketinggian lantai yang lebih rendah.

Ruang bawah

Karena berbentuk panggung, rumah adat Aceh memiliki bagian ruang bawah yang digunakan untuk menyimpan barang-barang pemilik rumah seperti padi atau hasil panen lainnya. Selain sebagai tempat penyimpanan, bagian rumah adat Aceh ini juga merupakan ruang bagi kaum perempuan masyarakat Aceh untuk membuat kain tradisional khas Aceh.
Selain indah, ternyata rumah adat Aceh sangatlah sarat akan makna filosofis, bukan. Fakta mana yang baru saja kamu ketahui setelah membaca artikel ini? Jangan lupa share dan cek artikel menarik lainnya di saktidesain.com ya!

SAKTI DESAIN adalah perusahaan jasa konsultan desain arsitektur, kontraktor bangunan untuk hunian (rumah/ apartemen) maupun komersial (kantor/ ruko/ tempat usaha lain) dan properti. Bagi Anda yang membutuhkan konsultasi, Anda dapat menghubungi kantor kami atau ke nomor (0286)323303 atau 085713235758. Kami melayani untuk seluruh wilayah Indonesia.

Tag : wonosobo, banjarnegara, temanggung, magelang, yogyakarta, kontraktor interior, kontraktor interior design, interior kontraktor, jasa kontraktor rumah, jasa kontraktor bangunan, jasa kontraktor apartemen, jasa kontraktor gudang, jasa kontraktor hotel, jasa kontraktor terbaik di indonesia, jasa kontraktor kantor, jasa kontraktor lantai, jasa kontraktor lokal, jasa kontraktor rumah 2 lantai, jasa kontraktor per meter, jasa kontraktor renovasi rumah, jasa kontraktor rumah murah, jasa kontraktor taman, jasa kontraktor rumah terbaik, jasa arsitek rumah, jasa arsitek, jasa arsitek murah, jasa arsitek rumah mewah, jasa arsitek rumah minimalis, jasa arsitek desain rumah, jasa arsitek rumah murah, jasa arsitek renovasi rumah, jasa arsitek online, jasa arsitek rumah klasik, jasa arsitek dan desain interior, jasa arsitek profesional, jasa arsitek rumah online, jasa desain rumah, harga jasa desain rumah, jasa desain rumah online, harga jasa desain rumah 3d, jasa desain rumah minimalis, jasa desain rumah minimalis sederhana, jasa desain rumah mewah, jasa desain rumah murah, jasa desain rumah minimalis 1 lantai, jasa desain rumah kita, jasa desain rumah kost, jasa desain rumah dan rab, harga jasa desain rumah per meter, jasa desain rumah minimalis 2 lantai, jasa desain rumah 3d, jasa desain rumah per m2, jasa desain rumah online murah, jasa desain rumah elegan, jasa desain rumah minimalis modern 2 lantai, jasa desain rumah 2 lantai, jasa desain rumah tinggal, jasa desain rumah minimalis murah, jasa desain rumah klasik, jasa desain rumah modern, jasa desain rumah kecil, kontraktor rumah, jasa kontraktor rumah, harga kontraktor rumah per meter, kontraktor rumah sakit, kontraktor rumah murah, rekomendasi kontraktor rumah, jasa arsitek dan kontraktor rumah, jasa kontraktor rumah murah

Kategori:

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *