fbpx

Elemen-Elemen khas yang dimiliki Rumah Jepang

Rumah tradisional jepang merupakan salah satu jenis arsitektur yang memiliki khasnya uang menarik. Elemen khas dari rumah tradisional jepang bahkan masih banyak diterapkan di rumah-rumah modern saat ini.

Tertarik untuk menerapkan elemen-elemem khas dari rumah tradisional jepang ini? namun sebelum itu kamu perlu mengetahui elemen-elemen apa yang dimiliki arsitektur khas tradisoinal jepang ini. Langsung saja simak artikelnya di bawah ini!

Genkan

fun-japan.jp

Jika kamu sering melihat serial anime atau dorama jepang atau film jepang, pasti kami pernah melihat ke khas-an ini. Area ini disebut dengan area genkan yaitu area setelah pintu utama memiliki lantao lebih rendah dari lantai rumah. Arean ini berguna sebagai transisi sebelum masuk dan keluar rumah, di sinilah tempat menaruh sepatu yang di gunakan saat keljar rumah dan saat di dalam rimah kita mengginakan sandal lantai.

Mushiko Mado

pinterest.com

Ciri khas selanjutnya dari rumah tradisional jepang adalah penggunaan pintu geser. Penggunaannya jika di rumah rumah jepang, hampir di setiap pintu rumah menggunakan pintu geser kalau di daerah jepang. Pada pintu utama umumnya yang digunakan Mushiko Mado yaitu pintu geser hang memiliki celah-celah kecil. Selain itu ada juga model Shoji yang memiliki celah lebih besar namun di tambah lapisan kertas, agar bisa memberikan penerangan dari luar rumah.

Engawa

wikipedia.org

Pada rumah tradisional jepang, kamu juga akan menemukan koridor yang berada di luar rumah sebelum memasuki bagian dalam rumah. Elemen khas yang satu ini dikenal demgan nama Engawa yang memisahkan bagian luar dengan bagian dalam rumah. Keberadaan Engawa sangat umum di jepang sehingga kamupun tak jarang melihatnya pada film-film atau anime jepang.

Byobu

flickr.com

Elemen selanjutnya dari rumah tradisional khas jepang adalah Byobu, partisi ruangan lipat yang digunakan untuk memisahkan ruang. Selain untuk memisahkan ruang, Byobu umumnya di buat dengan lukisan yang arsitik khas rumah jepang. Sampai saat ini, Byobu masih banyak dicari dan digunakan sebagai unsur dekoratif karena keindahan seninya.

Itulah elemen-elemen khas rumah yang masih digunakan di rumah-rumah modern saat ini. Setelah melihat artikel ini apakah kamu berniat mwnggunakannnya juga?

ARTIKEL TERKAIT

Kategori:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pos Terkait

Uncategorized

Mau bangun/ gambar rumah dulu?

Sakti desain tempat paling tepat untuk konsultasi….

Uncategorized

INGIN PUNYA RUMAH? 

Daripada buat beli rumah mending mbangun aja.. Punya uang 150 juta atau 600 juta tapi memilih beli rumah daripada bangun rumah sendiri?? Daripada membeli rumah lebih baik membangun rumah sendiri melalui kontraktor konsultan berpengalaman, karena Baca Selengkapnya…

TIM SAKTI DESAIN

Selamat Datang di SAKTI DESAIN

Sakti Desain adalah salah satu merk dagang dari PT Sakti Indah Properti Land yang bergerak di bidang Desain Arsitektur, Kontraktor, Toko Bangunan, Developer Properti, dan Agen Properti. Berdiri sejak tahun 2011