Desain Rumah Difabel, Tempat Tanpa Hambatan

Dipublikasikan oleh Administrator pada

Desain rumah difabel, tempat tanpa hambatan. Rumah yang nyaman dan menyenangkan menjadi impian untuk sebagian orang tak terkecuali para penyandang disabilitas. Rumah yang nyaman merupakan rumah yang bisa ditempati semua orang tak terkecuali penyandang disabilitas, para lansia, dan orang-orang keterbatasan lainnya. 

Desain rumah difabel merupakan rancangan hunian untuk mereka yang memiliki keterbatasan tersebut. Desain rumah ini merupakan solusi agar mereka juga bisa memiliki hunian yang nyaman meskipun memiliki keterbatasan. Aksebilitas akan meningkatkan kualitas hidup para difabel secara signifikan dan membuat mereka merasakan kemudahan tinggal di rumah. 

Untuk mendesain rumah ramah difabel tentu diperlukan perencanaan ruang yang sedikit berbeda. Terdapat hal-hal yang harus diperhatikan secara rinci mengenai keleluasaan serta pergerakan penggunanya ketika berada di dalam rumah. 

Berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan saat merancang sebuah rumah agar juga ramah terhadap para penyandang disabilitas. 

desain rumah difabel
dezeen.com

Rumah Tanpa Hambatan 

Di Jerman, rumah ramah difabel disebut juga sebagai rumah bebas hambatan; mudah diakses, struktural dan kemudahan menjangkau segala fasilitas yang tersedia. Para penyandang difabel diharapkan dapat melakukan aktivitas secara leluasa dan mandiri tanpa terhalang rintangan atau gangguan dalam pergerakannya. 

Peletakan interior dan zonasi ruang menjadi salah satu faktor penting saat merancang desain rumah ramah difabel; penataan barang-barang yang tepat, tidak mengganggu pergerakan, mudah diraih, tertata rapi, dan tidak berantakan. 

Memiliki Fasilitas Khusus 

Lansia dan difabel tidaklah memiliki kemampuan dan kekuatan yang sama dengan manusia normal. Mereka membutuhkan fasilitas khusus yang dapat membantu mereka saat bergerak dan berkegiatan; sarana-sarana yang akan membantu mereka saat berjalan dan bergerak; handrail, ramp dan tiang penopang tarikan. 

Untuk memudahkan difabel dan lansia berjalan, pasanglah handrail di sepanjang area yang tidak memiliki elemen untuk membantu berjalan, terutama di area toilet dan kamar mandi, keberadaan handrail menjadi salah satu fasilitas wajib. 

Material handrail yang baik adalah yang tahan dari karat dan tidak licin, serta yang paling penting mudah dipegang seperti stainless steel. Untuk ukuran, pilihlah yang memiliki diameter 50 mm. 

Area tangga dan kamar mandi 

Pada bagian tangga, gunakan keramik berbahan anti slip/licin. Permukaan anak tangga juga harus rata dengan pegangan anak tangga yang terdapat di kedua sisi. Arah tangga yang lurus juga dapat sangat membantu, sehingga hindari bentuk tangga yang meliuk dan rumit. Sebagai penanda, tambahkan penanda di awal dan pengujung bagian tangga. 

desain rumah difabel
vipaccess.net.au
desain rumah difabel
wheelchichome.com

Penting untuk memerhatikan rancangan kamar mandi yang terbebas dari hambatan dan menjadi ruang yang aman dan nyaman. Kamar mandi yang nyaman dan aman untuk lansia dan difabel setidaknya harus memiliki luas sebesar 120×120 cm. Ukuran tersebut merupakan ukuran yang mampu memberi keleluasaan ruang gerak dan rasa aman saat berada di dalamnya. 

Kamar mandi juga hendaknya menggunakan material yang anti licin, dengan tambahan tempat duduk di dekat shower. Tidak lupa juga untuk memerhatikan ketinggian toilet dan wastafel yang tidak menyulitkan ketika digunakan. 

Jangan lupa cek artikel lainnya di sakti desain. Jika kamu ada pertanyaan dan ingin mengetahui tentang sakti desain kamu bisa klik banner di bawah ini atau klik icon whatsapp di samping kanan. Dan juga cek channel youtube kami Sakti Desain Konsultan.

The gallery was not found!
Tags :

wonosobo, banjarnegara, temanggung, magelang, yogyakarta, kontraktor interior, kontraktor interior design, interior kontraktor, jasa kontraktor rumah, jasa kontraktor bangunan, jasa kontraktor apartemen, jasa kontraktor gudang, jasa kontraktor hotel, jasa kontraktor terbaik di indonesia, jasa kontraktor kantor, jasa kontraktor lantai, jasa kontraktor lokal, jasa kontraktor rumah 2 lantai, jasa kontraktor per meter, jasa kontraktor renovasi rumah, jasa kontraktor rumah murah, jasa kontraktor taman, jasa kontraktor rumah terbaik, jasa arsitek rumah, jasa arsitek, jasa arsitek murah, jasa arsitek rumah mewah, jasa arsitek rumah minimalis, jasa arsitek desain rumah, jasa arsitek rumah murah, jasa arsitek renovasi rumah, jasa arsitek online, jasa arsitek rumah klasik, jasa arsitek dan desain interior, jasa arsitek profesional, jasa arsitek rumah online, jasa desain rumah, harga jasa desain rumah, jasa desain rumah online, harga jasa desain rumah 3d, jasa desain rumah minimalis, jasa desain rumah minimalis sederhana, jasa desain rumah mewah, jasa desain rumah murah, jasa desain rumah minimalis 1 lantai, jasa desain rumah kita, jasa desain rumah kost, jasa desain rumah dan rab, harga jasa desain rumah per meter, jasa desain rumah minimalis 2 lantai, jasa desain rumah 3d, jasa desain rumah per m2, jasa desain rumah online murah, jasa desain rumah elegan, jasa desain rumah minimalis modern 2 lantai, jasa desain rumah 2 lantai, jasa desain rumah tinggal, jasa desain rumah minimalis murah, jasa desain rumah klasik, jasa desain rumah modern, jasa desain rumah kecil, kontraktor rumah, jasa kontraktor rumah, harga kontraktor rumah per meter, kontraktor rumah sakit, kontraktor rumah murah, rekomendasi kontraktor rumah, jasa arsitek dan kontraktor rumah, jasa kontraktor rumah murah

Kategori:

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×