Tips Menghitung dan Cara Cek PBB Online

Dipublikasikan oleh Administrator pada

Tips Menghitung dan Cara Cek PBB Online. Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) merupakan kewajiban finansial setiap pemilik properti di Indonesia. Pembayaran PBB berperan penting dalam pembangunan daerah dan pembiayaan pelayanan publik. Untuk memastikan kepatuhan pembayaran PBB, pemerintah menyediakan berbagai metode untuk melakukan pengecekan PBB secara daring (online). 

Dengan memanfaatkan teknologi, kini mengecek dan membayar PBB menjadi lebih mudah dan praktis. Pemilik properti dapat mengakses informasi PBB mereka kapan saja dan dari mana saja dengan menggunakan platform online atau website yang disediakan oleh pemerintah daerah masing-masing.

Tips Menghitung PBB

Cek PBB Online
aekyainc.com

Perhatikan Nilai Jual Objek Pajak (NJOP)

PBB biasanya dihitung berdasarkan NJOP properti. Pastikan kamu sudah mengetahui nilai NJOP properti di lokasi tempat tinggal untuk menghindari kesalahan perhitungan.

Gunakan Kalkulator PBB Online

Beberapa situs web atau aplikasi menyediakan kalkulator PBB online yang dapat membantumu menghitung perkiraan jumlah PBB yang harus dibayarkan. Nominal pajak PBB adalah 5 persen dari nilai jual atau NJOP properti.

Periksa Keringanan Pajak

Ada beberapa keringanan pajak yang mungkin bisa kamu manfaatkan, seperti keringanan untuk pemilik rumah tinggal, pemilik rumah tua, atau keringanan untuk properti yang digunakan untuk kegiatan sosial.

Cara Cek PBB Online

Tidak perlu bingung mencari tahu cara cek PBB online, sebab saat ini pembayaran PBB online lebih praktis. Beberapa e-commerce seperti klik Indomaret, Tokopedia, dan Traveloka sudah menyediakan langkah praktis cara cek PBB online. Pertama, masuk ke aplikasi yang ingin digunakan kemudian klik menu PBB. Pilih tahun pajak yang diinginkan, masukan nomor objek pajak, kemudian akan muncul nominal yang harus kamu bayar. Setelah itu, bayar sesuai dengan metode pembayaran yang kamu inginkan.

Jika kamu kamu kurang bisa menggunakan beberapa aplikasi di atas, tetap bisa dengan cara online yaitu dengan cara berikut ini : 

Akses Situs Resmi Pemerintah Daerah

Buka browser web lalu kunjungi situs web resmi pemerintah daerah tempat properti berada. Setiap kota menyediakan website untuk mengecek PBB wajib pajak. Misalnya untuk Jakarta diberi nama Bapenda Jakarta, daerah Depok bernama PBB-BPHTB Depok, sementara di Bogor bernama Bappenda Kab. Bogor. Apabila ingin mengecek website resmi di daerahmu, coba ketik di mesin pencarian: “cek pbb (spasi) nama daerahmu”.

Pilih Layanan PBB Online

Temukan menu atau opsi yang berkaitan dengan pembayaran PBB atau pajak properti. Biasanya, akan ada opsi untuk memeriksa status dan pembayaran PBB secara online.

Masukkan Data Properti

Isi data properti, seperti nomor objek pajak (NOP) atau alamat properti, sesuai dengan instruksi yang diberikan.

Lakukan Verifikasi

Beberapa situs mungkin memerlukan proses verifikasi tambahan untuk memastikan kalau kamu adalah pemilik properti atau memiliki otoritas untuk memeriksanya.

Lihat Informasi PBB

Setelah verifikasi selesai, kamu bisa melihat informasi tentang status pembayaran PBB, besarnya tagihan, dan informasi terkait lainnya.

Cetak Bukti Pembayaran 

Setelah membayar PBB, pastikan untuk mencetak bukti pembayaran untuk dokumentasi apabila diperlukan di kemudian hari.

Jangan lupa untuk membayar Pajak Bumi dan Bangunan tepat waktu karena jika pembayaran dilakukan secara terlambat, kamu akan dikenakan denda sebesar 2%.


Jangan lupa cek artikel lainnya di sakti desain. Jika kamu ada pertanyaan dan ingin mengetahui tentang sakti desain, kamu bisa klik banner di bawah ini. Cek juga channel youtube kami Sakti Desain Konsultan, kami membahas tentang rumah seperti desain terbaru, proses pembuatan, perencanaan dan lain-lain.


Tags :

wonosobo, banjarnegara, temanggung, magelang, yogyakarta, kontraktor interior, kontraktor interior design, interior kontraktor, jasa kontraktor rumah, jasa kontraktor bangunan, jasa kontraktor apartemen, jasa kontraktor gudang, jasa kontraktor hotel, jasa kontraktor terbaik di indonesia, jasa kontraktor kantor, jasa kontraktor lantai, jasa kontraktor lokal, jasa kontraktor rumah 2 lantai, jasa kontraktor per meter, jasa kontraktor renovasi rumah, jasa kontraktor rumah murah, jasa kontraktor taman, jasa kontraktor rumah terbaik, jasa arsitek rumah, jasa arsitek, jasa arsitek murah, jasa arsitek rumah mewah, jasa arsitek rumah minimalis, jasa arsitek desain rumah, jasa arsitek rumah murah, jasa arsitek renovasi rumah, jasa arsitek online, jasa arsitek rumah klasik, jasa arsitek dan desain interior, jasa arsitek profesional, jasa arsitek rumah online, jasa desain rumah, harga jasa desain rumah, jasa desain rumah online, harga jasa desain rumah 3d, jasa desain rumah minimalis, jasa desain rumah minimalis sederhana, jasa desain rumah mewah, jasa desain rumah murah, jasa desain rumah minimalis 1 lantai, jasa desain rumah kita, jasa desain rumah kost, jasa desain rumah dan rab, harga jasa desain rumah per meter, jasa desain rumah minimalis 2 lantai, jasa desain rumah 3d, jasa desain rumah per m2, jasa desain rumah online murah, jasa desain rumah elegan, jasa desain rumah minimalis modern 2 lantai, jasa desain rumah 2 lantai, jasa desain rumah tinggal, jasa desain rumah minimalis murah, jasa desain rumah klasik, jasa desain rumah modern, jasa desain rumah kecil, kontraktor rumah, jasa kontraktor rumah, harga kontraktor rumah per meter, kontraktor rumah sakit, kontraktor rumah murah, rekomendasi kontraktor rumah, jasa arsitek dan kontraktor rumah, jasa kontraktor rumah murah

Kategori:

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×