Cara Merawat Lidah Buaya di Rumah dengan Benar

Dipublikasikan oleh Administrator pada

Cara Merawat Lidah Buaya di Rumah dengan Benar. Lidah buaya merupakan salah satu tanaman yang terkenal akan khasiat dan manfaatnya. Salah satu manfaatnya adalah mengobati luka bakar dan dijadikan sampo rambut.

Dengan kondisi tersebut, wajar saja jika banyak orang yang tertarik menanam lidah buaya di rumah. Sayangnya, tak semuanya mengetahui cara merawat lidah buaya setelah melewati proses penanaman. Untuk itu, simak ulasan merawat lidah buaya berikut ini :

Lakukan Penyiraman

merawat lidah buaya
pinterest.com

Cara merawat lidah buaya di rumah pertama adalah melakukan penyiraman. Langkah ini sangat dianjurkan untuk dilakukan sebanyak 2-3 kali seminggu. Sebelum disiram kembali, pastikan media tanam lidah buaya dalam keadaan kering. 

Jangan lupa juga untuk memastikan seluruh tanah terkena air dan air mampu mengalir dari permukaan media tanam. Hindari memberi terlalu banyak air pada tanaman hias ini. Terlalu banyak air akan membuat lidah buaya cepat membusuk dan berwarna kuning.

Pastikan Lidah Buaya Terkena Sinar Matahari yang Cukup

Lidah buaya termasuk tanaman yang memerlukan cahaya matahari yang cukup banyak agar proses pertumbuhannya dapat bekerja secara maksimal. Apabila tanaman lidah buaya berada di dalam rumah, kamu bisa meletakkan di dekat jendela agar tanaman mendapat asupan sinar matahari harian yang dibutuhkan. Hindari menaruh pot lidah buaya di bawah sinar matahari langsung. Hal itu akan membuat bagian tubuh tanamannya menjadi kecoklatan dan bersisik.

Beri Pupuk secara Berkala

pinerest.com

Agar lidah buaya ternutrisi dengan baik, berilah pupuk organik cair setiap dua minggu sekali. Pemberian pupuk ini akan memberi manfaat yang baik pada tanaman. Beberapa di antaranya adalah mempercepat pertumbuhan tunas baru, membuat warna tanaman lebih cerah, dan memperkuat tanaman agar tidak mudah terserang penyakit. 

Saat pemberian pupuk, pastikan untuk mengukurnya terlebih dahulu. Idealnya, setiap pot lidah buaya diberi sekitar dua gram pupuk.

Cek Suhu sekitar Tanaman

Selanjutnya adalah mengecek suhu di sekitar tanaman. Tanaman ini mampu tumbuh dengan baik jika berada di suhu sekitar 27 derajat Celcius. Jika suhu di sekitar area pot lebih dari itu, sebaiknya segera pindahkan tanaman tersebut ke area yang lebih sejuk. Selain tak tahan suhu yang terlalu panas, lidah buaya juga tidak mampu bertahan hidup dengan maksimal di suhu yang dingin. Oleh karena itu, pengecekan suhu di sekitar tanaman wajib dilakukan setiap hari agar tidak mudah mati.

Note : Perhatikan media tanam. Tanah digunakan harus subur dan tidak terlalu lembab dan basah. Dalam perawatannya, sebaiknya gunakan tanah pasir dengan perlit dan batu apung. Jangan lupa pemilihan pot jupa penting untuk pertumbuhan karena mempengaruhi kualitasnya. Jika saluran air pada pot tidak lancar, tanaman akan mudah membusuk.


Jangan lupa cek artikel lainnya di sakti desain. Jika kamu ada pertanyaan dan ingin mengetahui tentang sakti desain, kamu bisa klik banner di bawah ini. Cek juga channel youtube kami Sakti Desain Konsultan, kami membahas tentang rumah seperti desain terbaru, proses pembuatan, perencanaan dan lain-lain.


Tags :

wonosobo, banjarnegara, temanggung, magelang, yogyakarta, kontraktor interior, kontraktor interior design, interior kontraktor, jasa kontraktor rumah, jasa kontraktor bangunan, jasa kontraktor apartemen, jasa kontraktor gudang, jasa kontraktor hotel, jasa kontraktor terbaik di indonesia, jasa kontraktor kantor, jasa kontraktor lantai, jasa kontraktor lokal, jasa kontraktor rumah 2 lantai, jasa kontraktor per meter, jasa kontraktor renovasi rumah, jasa kontraktor rumah murah, jasa kontraktor taman, jasa kontraktor rumah terbaik, jasa arsitek rumah, jasa arsitek, jasa arsitek murah, jasa arsitek rumah mewah, jasa arsitek rumah minimalis, jasa arsitek desain rumah, jasa arsitek rumah murah, jasa arsitek renovasi rumah, jasa arsitek online, jasa arsitek rumah klasik, jasa arsitek dan desain interior, jasa arsitek profesional, jasa arsitek rumah online, jasa desain rumah, harga jasa desain rumah, jasa desain rumah online, harga jasa desain rumah 3d, jasa desain rumah minimalis, jasa desain rumah minimalis sederhana, jasa desain rumah mewah, jasa desain rumah murah, jasa desain rumah minimalis 1 lantai, jasa desain rumah kita, jasa desain rumah kost, jasa desain rumah dan rab, harga jasa desain rumah per meter, jasa desain rumah minimalis 2 lantai, jasa desain rumah 3d, jasa desain rumah per m2, jasa desain rumah online murah, jasa desain rumah elegan, jasa desain rumah minimalis modern 2 lantai, jasa desain rumah 2 lantai, jasa desain rumah tinggal, jasa desain rumah minimalis murah, jasa desain rumah klasik, jasa desain rumah modern, jasa desain rumah kecil, kontraktor rumah, jasa kontraktor rumah, harga kontraktor rumah per meter, kontraktor rumah sakit, kontraktor rumah murah, rekomendasi kontraktor rumah, jasa arsitek dan kontraktor rumah, jasa kontraktor rumah murah

Kategori:

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×