Cara Merawat Genteng Rumah Agar Awet

Dipublikasikan oleh Administrator pada

Cara Merawat Genteng Rumah Agar Awet. Atap rumah merupakan bagian yang memiliki peran penting pada sebuah bangunan. Pembuatan atap bangunan sendiri bisa menggunakan material atap berbagai material. Mulai dari atap plastik, atap asbes, atap galvalum hingga atap genteng.

Jika kamu menggunakan atap genteng, cek beberapa cara merawat agar tetap awet.

okorder.com

Perbaiki posisi genteng rumah

Jika kamu menggunakan atap genteng namun terdapat bocor, hal itu bisa terjadi karena beberapa alasan yaitu pecah atau rusak dan posisi genteng bergeser. Penyebab genteng melorot pun berbagai macam mulai dari karena faktor binatang, tertimpa benda keras hingga kondisi fisik yang sudah lapuk. Oleh karena itu, kamu cukup memperbaiki posisi genteng rumah agar kondisinya kembali sempurna.

Bersihkan genteng rumah dari kotoran

Genteng rumah biasanya dipenuhi oleh kotoran seperti daun kering, barang plastik hingga kotoran hewan. Hal tersebut bisa membuat kondisi genteng menjadi lembab dan rentan mengalami kerusakan. Jadi, pastikan kamu membersihkan atap rumah minimal satu bulan sekali agar awet dan terlihat rapi.

merawat genteng (pinterest.com)
pinterest.com

Jauhkan dari ranting pohon

Jika rumahmu dekat dengan pohon, kamu perlu memastikan jika atap  tertutupi oleh ranting pohon yang besar. Sebab sewaktu-waktu ketika angin berhembus kencang, ranting tersebut bisa saja patah dan menimpa genteng rumah kamu. Akibatnya tentu bisa membuat atap menjadi bocor. Lebih parahnya lagi bahkan bisa membuat penghuni rumah cedera karena tertimpa ranting.

Lapisi dengan cat anti bocor

Untuk memperkuat struktur luar genteng dari kerusakan, kamu bisa mengecat genteng dengan cat pelapis anti bocor yang belakangan sudah banyak dijual di pasaran. Cat ini terbukti ampuh melindungi genteng dari kejadian pelapukan yang mengurangi usia genteng.

Setelah dicat, kamu perlu untuk memperhatikan kondisi genteng dalam kurun waktu beberapa waktu (setahun sekali). Jika melihat ada yang sudah rusak, bisa lakukan pengecatan ulang.

merawat genteng (pinterest.com)
pinterest.com

Beberapa hal genteng perlu diganti

  • Genteng mengalami pelapukan
  • Material genteng rusak
  • Genteng memiliki retak rambut
  • Material genteng lembab

Note : jika diperlukan diganti, namun jika tidak ada budget kamu bisa mengatasinya dengan cara-cara di atas. Untuk genteng yang rusak, mungkin bisa memperbaiki dengan menambal dengan tanah liat.

Jangan lupa cek artikel lainnya di sakti desain. Jika kamu ada pertanyaan dan ingin mengetahui tentang sakti desain, kamu bisa klik banner di bawah ini atau klik icon whatsapp di samping kanan Layar. Cek juga channel youtube kami Sakti Desain Konsultan.

Kategori:

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×

Powered by WhatsApp Chat

×