Cara Mengecek Keaslian Nomor Tanah

Dipublikasikan oleh Administrator pada

Cara Mengecek Keaslian Nomor Tanah. Pada saat membeli sebidang tanah, rasanya akan rugi jika terkena tipu sertifikat tanah bodong. Kecerobohan masyarakat terhadap keberadaan nomor sertifikat tanah sudah selayaknya menjadi catatan penting bagi siapa pun yang hendak bertransaksi jual beli tanah.

Mengingat nomor sertifikat tanah adalah acuan dari legalitas kepemilikan, sekarang saatnya kamu cek apakah sertifikat tersebut asli atau palsu dengan cara berikut ini :

nomor tanah

Datang Ke Kantor BPN Terdekat

Kamu bisa langsung mencocokkan nomor sertifikat tanah berdasarkan peta pendaftaran, daftar tanah, surat ukur, dan buku tanah. Jika nomor sertifikat sah, maka petugas akan mencap sertifikat tersebut. Namun, jika ditemui kejanggalan, maka akan ada upaya pengajuan kepada pemohon dari BPN. Baik individu maupun atas nama notaris dengan tujuan memastikan keaslian sertifikat tanah dengan teknologi GPS atau plotting tanah.

Selain itu, kantor BPN juga menyediakan KiosK di area lobi atau ruang pelayanan. Di KiosK ini kamu bisa mendapatkan informasi mengenai nomor sertifikat tanah secara mandiri dan gratis tanpa harus Ke loket. 

Mengecek di Laman Website BPN

Melalui resmi BPN, ada dua layanan fitur seputar pertanahan, yaitu informasi jenis layanan serta persyaratan, jangka waktu, alur proses penyelesaian, biaya layanan beserta simulasinya dan informasi tentang berkas permohonan.

Menggunakan Aplikasi

Untuk cara ini kamu bisa menggunakan salah satu dari aplikasi berikut BPN Go Mobile dan Sentuh Tanahku. Untuk aplikasi BPN Go Mobile informasi yang tersedia adalah mengenai persyaratan dan biaya pertanahan, hingga informasi permohonan. Kemungkinan aplikasi ini dikembangkan sesuai nomor sertifikat. 

Pada aplikasi Sentuh Tanahku, memiliki kemudahan dalam mengecek keaslian nomor sertifikat tanah, fitur yang tersedia antara lain adalah notifikasi, informasi berkas, plot bidang tanah, informasi sertifikat, lokasi bidang tanah, dan informasi layanan.

Jangan ragu untuk mengecek keaslian sertifikat tanah dengan menggunakan berbagai cara di atas. Sebelum melakukan transaksi jual beli tanah, pastikan kamu sudah memeriksa setiap dokumen secara lengkap, termasuk nomor sertifikat supaya proses dan pemanfaatannya berjalan lancar tanpa masalah.

Jangan lupa cek artikel lainnya di sakti desain. Jika kamu ada pertanyaan dan ingin mengetahui tentang sakti desain, kamu bisa klik banner di bawah ini atau klik icon whatsapp di samping kanan Layar. Cek juga channel youtube kami Sakti Desain Konsultan.

Kategori:

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×

Powered by WhatsApp Chat

×