Cara Membuat Denah Rumah Cocok untuk Pemula

Dipublikasikan oleh Administrator pada

Cara Membuat Denah Rumah Cocok untuk Pemula. Kamu ingin membangun rumah namun kurang bisa membuat denah rumah yang cocok. Pembuatan denah bisa menjadi patokan kamu dalam membuat rumah mulai dari ukuran hingga tata letak.

Membuat denah rumah memerlukan beberapa faktor penting salah satunya seperti yang sudah di sebutkan di atas. Memang usaha yang diperlukan cukup banyak, namun hal ini bisa menghemat anggaran pembuatan rumah dan juga menjadi kepuasan tersendiri. Jika kamu memang ingin membuat denah rumah sendiri, berikut cara membuat denah yang cocok untuk pemula.

Cari Referensi

pinterest.com

Referensi dan inspirasi bisa didapat dimana saja. Kamu dapat mencari referensi di google tentang arsitektur dan desain, atau kamu bisa mengunjungi pameran-pameran perumahan, jalan-jalan, bertamu ke rumah teman. Kombinasikan lebih dari satu referensi untuk membuat denah rumah sesuai impian kamu.

Tentukan kebutuhan dan preferensi kamu

membuat denah rumah
pinterest.com

Pertimbangkan jumlah ruangan, ukurannya, luas keseluruhan, gaya arsitektur yang diinginkan, dan fitur khusus atau persyaratan tertentu yang kamu inginkan. Mulai dari model rumah, satu lantai atau dua lantai. Kemudian ruang-ruang penting seperti kamar, dapur, ruang tamu, ruang keluarga, kamar mandi, dan lain-lain. Jangan lupa untuk menentukan jumlah kamar tidur atau kamar mandi sesuai kebutuhan.

Mengukur Lahan dan Ruangan

housing.com

Jika kamu membangun di tanah kosong, ukurlah total area sesuai dengan rumah yang akan Anda bangun. Bila bangunan sudah berdiri, ukur panjang tiap dinding dan juga pintu. Tentukan pula luas setiap ruangan yang Anda butuhkan, misalnya kamar mandi harus ukuran berapa agar masuk bath-up, berapa luas kamar, juga luas ruangan lainnya.

Buat sketsa rencana lantai kasar

membuat denah rumah
senaterace2012.com

Kemudian, mulailah dengan menggambar garis besar rumah, termasuk ruangan, lorong, dan ruang lainnya. Pikirkan tentang aliran udara dan fungsionalitas setiap ruangan dan bagaimana mereka saling terhubung.

Susun ruangan dan ruang

membuat denah rumah
pinterest.com

Putuskan letak kamar tidur, kamar mandi, ruang keluarga, dapur, ruang makan, dan ruangan tambahan seperti ruang kerja, ruang bermain, atau ruang penyimpanan. Pertimbangkan faktor seperti cahaya alami, privasi, dan aksesibilitas. Berikan detail-detail kecil sebagai pembeda antar ruangan.

Buat Beberapa Alternatif Denah

membuat denah rumah
freepik.com

Jangan hanya puas dengan satu denah. Cobalah membuat alternatif denah-denah lain. Kamu bisa memutar denah rumah dasar, menukar posisi satu ruangan dengan yang lain, atau membalik zonasinya. Dengan begitu kamu memiliki berbagai alternatif denah rumah. Tinggal kamu pilih mana yang terbaik dan paling sesuai.

Ingatlah, penting untuk memiliki visi yang jelas tentang tata letak rumah dan fitur yang kamu perlukan sebelum menentukan rencana apa pun.

Note : Jika kamu kurang yakin tentang denah yang telah kamu buat, disarankan untuk berkonsultasi dengan seorang arsitek atau perancang profesional. Ia dapat memberikan arahan yang tepat sesuai dengan denah yang kamu buat.


Jangan lupa cek artikel lainnya di sakti desain. Jika kamu ada pertanyaan dan ingin mengetahui tentang sakti desain, kamu bisa klik banner di bawah ini. Cek juga channel youtube kami Sakti Desain Konsultan, kami membahas tentang rumah seperti desain terbaru, proses pembuatan, perencanaan dan lain-lain.


Tags :

wonosobo, banjarnegara, temanggung, magelang, yogyakarta, kontraktor interior, kontraktor interior design, interior kontraktor, jasa kontraktor rumah, jasa kontraktor bangunan, jasa kontraktor apartemen, jasa kontraktor gudang, jasa kontraktor hotel, jasa kontraktor terbaik di indonesia, jasa kontraktor kantor, jasa kontraktor lantai, jasa kontraktor lokal, jasa kontraktor rumah 2 lantai, jasa kontraktor per meter, jasa kontraktor renovasi rumah, jasa kontraktor rumah murah, jasa kontraktor taman, jasa kontraktor rumah terbaik, jasa arsitek rumah, jasa arsitek, jasa arsitek murah, jasa arsitek rumah mewah, jasa arsitek rumah minimalis, jasa arsitek desain rumah, jasa arsitek rumah murah, jasa arsitek renovasi rumah, jasa arsitek online, jasa arsitek rumah klasik, jasa arsitek dan desain interior, jasa arsitek profesional, jasa arsitek rumah online, jasa desain rumah, harga jasa desain rumah, jasa desain rumah online, harga jasa desain rumah 3d, jasa desain rumah minimalis, jasa desain rumah minimalis sederhana, jasa desain rumah mewah, jasa desain rumah murah, jasa desain rumah minimalis 1 lantai, jasa desain rumah kita, jasa desain rumah kost, jasa desain rumah dan rab, harga jasa desain rumah per meter, jasa desain rumah minimalis 2 lantai, jasa desain rumah 3d, jasa desain rumah per m2, jasa desain rumah online murah, jasa desain rumah elegan, jasa desain rumah minimalis modern 2 lantai, jasa desain rumah 2 lantai, jasa desain rumah tinggal, jasa desain rumah minimalis murah, jasa desain rumah klasik, jasa desain rumah modern, jasa desain rumah kecil, kontraktor rumah, jasa kontraktor rumah, harga kontraktor rumah per meter, kontraktor rumah sakit, kontraktor rumah murah, rekomendasi kontraktor rumah, jasa arsitek dan kontraktor rumah, jasa kontraktor rumah murah

Kategori:

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×