Bunga Cantik Dengan Racunnya yang Mematikan

Dipublikasikan oleh Administrator pada

Bagaimana menurut anda, ada bunga yang begitu cantik ternyata di balik kecantikannya terdapat racun yang mematikan? Anda penasaran nama bunganya apa dan apakah ada di sekitar kita?jika anda belum tahu nama bunga tersebut adalah bunga jepun. Ya bunga cantik dengan kelopaknya yang memikat ini ternyata memproduksi getah yang mengandung racun.

Walaupun begitu, masih banyak orang yang menggunakan bunga yang memiliki nama biologis Nerium oleander ini sebagai tanaman hias di rumahnya.mungkin dikarenakan mereka belumtahu kalau bunga jepun memiliki racun atau mungkin sudah mengetahuinya tetapi tetap menanamnya karena bunganya yang indah. Padahal jika daun atau sebagian kelopaknya tertelan oleh anak-anak maka racunnya bisa menyebabkan kematian.

Mengerikan, bukan? Maka dari itu, jangan sampai kamu tertipu dengan pesona bunga Jepun yang memikat. Ketahuilah ciri-ciri dan fakta dari bunga Jepun serta cara penangananya apabila kamu terkena racunnya. Berikut penjelasannya pada artikel ini!

Bunga Jepun dapat tumbuh subur di berbagai tempat

Selain karena kecantikannya, alasan kenapa bunga Jepun menjadi tanaman hias favorit banyak orang adalah karena bunga Jepun dapat tumbuh begitu cepat dan lebat. Bunga Jepun juga memiliki sifat yang sangat adaptif. Tumbuhan ini bisa tumbuh di berbagai tempat, baik pada iklim yang tropis maupun iklim dingin.

Begitu halnya dengan kondisi medium tempat bunga ini tumbuh, bunga Jepun tetap bisa tumbuh dalam kondisi tanah yang kering karena kekurangan air dan unsur hara.

Bagian dari bunga Jepun yang beracun

Racun pada tanaman ini terdapat pada setiap bagiannya, baik bagian kering maupun bagian yang berwarna, tetapi racun pada getah merupakan racun yang paling berbahaya.

Menurut Departemen Pertanian dan Tanaman Amerika Serikat, beberapa racun yang terkandung di setiap bagian di dalamnya antara lain adalah ardiac glycosides, saponins, dan digitoxigenin oleandrin. Seperti halnya dengan pohon hias beracun, menelan daun atau kelopak bunga Jepun bisa mengakibatkan gejala penyakit serius bahkan kematian.

Bunga Jepun dikenal sebagai senjata ampuh untuk bunuh diri

Dari laporan yang dilansir oleh WebMD, bunga jepun merupakan salah satu jenis tanaman yang paling sering digunakan untuk bunuh diri. Di Sri Lanka, tercatat 150 dari 100.000 orang setiap tahunnya menggunakan bunga Jepun untuk meracuni dirinya sendiri. Beberapa di antaranya berakibat fatal sampai benar-benar menyebabkan kematian.

Akibat dari teracuni bunga Jepun

Memang benar penyebab paling fatal dari mengkonsumsi bunga Jepun secara langsung atau dalam keadaan belum termasak (mentah) dapat menyebabkan kematian. Gejala-gejala penyakit kronis lainnya juga bisa ditimbulkan dari mengkonsumsi bunga Jepun seperti mual-mual, gangguan pencernaan, melemahnya denyut jantung, sakit kepala, dan kehilangan kesadaran. Bahkan asap dari pembakaran ranting bunga yang bisa tumbuh di daerah tropis ini juga bisa mengakibatkan iritasi kulit.

Antisipasi dan penanganan racun bunga Jepun

Jika kamu tetap ingin menggunakan bunga Jepun sebagai tanaman hias, sebaiknya letakan bunga Jepun di tempat yang sulit dijangkau oleh si kecil. Kamu juga bisa menginformasikannya terlebih dahulu kepada si kecil tentang bahaya dari bunga Jepun.

Kadar racun bunga Jepun yang begitu kuat bisa tetap bereaksi sekalipun hanya sebagian kecil saja yang tertelan. Apabila hal ini terjadi, segera cari pertolongan medis profesional atau datang langsung ke rumah sakit. Jangan sekali-kali mencoba menetralisir racunnya sendiri. Alternatifnya, kamu bisa memakai bunga hias plastik saja.

Khasiat dari ekstrak bunga Jepun

Lain halnya dengan sejumlah gangguan kesehatan yang dirasakan apabila mengonsumsi bunga Jepun secara mentah, ekstrak dari bunga Jepun ternyata memiliki beragam manfaat untuk kesehatan. Salah satunya adalah meningkatkan sistem daya tahan tubuh. Bahkan, beberapa institusi kesehatan dunia menggunakan ekstrak bunga Jepun sebagai campuran tanaman obat untuk penyakit AIDS dan kanker.

Bagaimana apakah kamu tertipu dengan cantiknya bunga jepun? Maka dari itu mulai sekarang, sebaiknya kamu lebih waspada dengan bunga Jepun. Tapi jika kamu ingin menanamnya, rawatlah baik-baik dan jangan sampai terkena racunnya, ya! Jangan lupa share dan cek artikel lainnya di saktidesain.com.

“SAKTI DESAIN adalah perusahaan jasa konsultan desain arsitektur, kontraktor bangunan untuk hunian (rumah/ apartemen) maupun komersial (kantor/ ruko/ tempat usaha lain) dan properti. Bagi Anda yang membutuhkan konsultasi, Anda dapat menghubungi kantor kami atau ke nomor (0286)323303 atau 085713235758. Kami melayani untuk seluruh wilayah Indonesia.”

Tag : wonosobo, banjarnegara, temanggung, magelang, yogyakarta, kontraktor interior, kontraktor interior design, interior kontraktor, jasa kontraktor rumah, jasa kontraktor bangunan, jasa kontraktor apartemen, jasa kontraktor gudang, jasa kontraktor hotel, jasa kontraktor terbaik di indonesia, jasa kontraktor kantor, jasa kontraktor lantai, jasa kontraktor lokal, jasa kontraktor rumah 2 lantai, jasa kontraktor per meter, jasa kontraktor renovasi rumah, jasa kontraktor rumah murah, jasa kontraktor taman, jasa kontraktor rumah terbaik, jasa arsitek rumah, jasa arsitek, jasa arsitek murah, jasa arsitek rumah mewah, jasa arsitek rumah minimalis, jasa arsitek desain rumah, jasa arsitek rumah murah, jasa arsitek renovasi rumah, jasa arsitek online, jasa arsitek rumah klasik, jasa arsitek dan desain interior, jasa arsitek profesional, jasa arsitek rumah online, jasa desain rumah, harga jasa desain rumah, jasa desain rumah online, harga jasa desain rumah 3d, jasa desain rumah minimalis, jasa desain rumah minimalis sederhana, jasa desain rumah mewah, jasa desain rumah murah, jasa desain rumah minimalis 1 lantai, jasa desain rumah kita, jasa desain rumah kost, jasa desain rumah dan rab, harga jasa desain rumah per meter, jasa desain rumah minimalis 2 lantai, jasa desain rumah 3d, jasa desain rumah per m2, jasa desain rumah online murah, jasa desain rumah elegan, jasa desain rumah minimalis modern 2 lantai, jasa desain rumah 2 lantai, jasa desain rumah tinggal, jasa desain rumah minimalis murah, jasa desain rumah klasik, jasa desain rumah modern, jasa desain rumah kecil, kontraktor rumah, jasa kontraktor rumah, harga kontraktor rumah per meter, kontraktor rumah sakit, kontraktor rumah murah, rekomendasi kontraktor rumah, jasa arsitek dan kontraktor rumah, jasa kontraktor rumah murah

Kategori:

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *