fbpx

Buat Rumah Wangi Dengan Membuat Potpourri

Saat kita di dalam ruangan dan tercium aroma wangi akan membuat yang menciumnya merasa lebih rileks baik itu saat berkerja ataupun saat bersantai. Wewangian bisa bersumber dari pengharum biatan atau bahan-bahan alami. Jika kamu menyukai bahan pewangi alamai, potpourri adalah salah satu jenis pewangi ruangan yang bisa kamu pilih.

Potpourri di buat menggunakan macam-macam bunga, buah dan rempah-rempah yang sudah di keringkan kemudian di letakkan di satu wadah khusus. Walaupun kamu bisa menemukan potpourri di pasaran, tidak ada salahnya kamu membuatnya sendiri. Nah langsung saja, berikut cara membuat potpourri dengan mudah

Step 1 ( siapkan bahan-bahan dan wadah)

Seperti yang sudah sedikit di jelaskan di atas, potpourri terbuat dari bunga, buah dan rempah yang sudah kering. Maka dari itu sebelum membuatnya, ada baiknya kamu pikirkan wangi apa yang sesuai dengan yang kamu inginkan agar tidak menyia-nyiakan bahan.

Campuran bahan yang digunakan untuk membuat potpourri umumnya mawar dengan lemon atau kayu manis dengan melati. Namun jika kamu ingin lebih wangi, siapkan aroma terapi yang serasi dengan aroma bahan yang dipilih.

Pilihan untuk membuat potpourri memang memiliki banyak variasi, tapi jenis-jenis yang sering digunakan adalah mawar, lavender, melati, pinus, jeruk, lemon, kayu manis, cengkih dan biji kopi.

Untuk bunga kamu bisa menggunakan bunga uth tanpa tangkai atau kelopaknya saja, untuk buah-buahan kamu bisa mengguanakn bagian kulitnya. Pastikan kulit sudah diiris tipis-tipis supaya lebih cepat mengering dan tidak cepat membusuk di dalam potpourri.

Selanjutnya kamu siapkan wadah untuk meletakkan potpourri seperti keranjang, toples, mangkuk atau kantong kain yang berlubang kecil-kecil. Jika kamu menggunakan toples atau mangkuk, sebaiknya pilih yang terbuat dari kaca atau keramik supaya wangi tetap terjaga. Hindari penggunaan wadah plastik, karena aroma plastik sulit di hilangkan.

Step 2 ( mengeringkan bahan dan memasukkan ke dalam wadah)

Waktu pengeringan bahan-bahan potpourri, kamu tidak boleh sembarangan dalam melakukannya. Banyak orang yang langsung mengeringkannya di bawah sinar matahari dengan pemikiran cepat kering. Namun cara ini bisa di bilang kurang tepat, pasalnya bukannya mendapatkan wangi yang di inginkan namun malah aromanya mudah hilang.

Sebaiknya keringkan bahan-bahan potpourri di dalam ruangan dengan alas napan dan pastikan bahan-bahan tidak saling bertumpuk. Meski membutuhkan waktu yang lama sampai mengering, namun aroma alami dari bahan-bahan tersebut tetap terjaga.

Setelah semua bahan-bahan kering sempurna, letakkan bahan-bahan ke dalam wadah. Susun bahan-bahan dengan rapi sesuai warna atau jenis supaya terlihat menarik.

Step + ( meneteskan aroma terapi )

Jika poutpurri yang di buat kurang harum dan tidak menyebar ke seluruh ruangan. kamu bisa menambahkan minyak atsiri, teteskan minyak ini atau aroma terapi lain yang sesuai dengan aroma bahan. Campuran minyak ini akan membuat aroma terjagga lebih lama dan kuat. Teteskan kembali setelah beberapa hari jika di perliukan.

ARTIKEL TERKAIT

Kategori:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pos Terkait

Uncategorized

Mau bangun/ gambar rumah dulu?

Sakti desain tempat paling tepat untuk konsultasi….

Uncategorized

INGIN PUNYA RUMAH? 

Daripada buat beli rumah mending mbangun aja.. Punya uang 150 juta atau 600 juta tapi memilih beli rumah daripada bangun rumah sendiri?? Daripada membeli rumah lebih baik membangun rumah sendiri melalui kontraktor konsultan berpengalaman, karena Baca Selengkapnya…

TIM SAKTI DESAIN

Selamat Datang di SAKTI DESAIN

Sakti Desain adalah salah satu merk dagang dari PT Sakti Indah Properti Land yang bergerak di bidang Desain Arsitektur, Kontraktor, Toko Bangunan, Developer Properti, dan Agen Properti. Berdiri sejak tahun 2011