fbpx

Blockboard dan multiplek sebagai bahan kayu olahan paling populer digunakan untuk kebutuhan interior sama-sama memiliki kualitas ketahanan yang baik. Jika harus memilih furnitur di atara dua bahan ini terkadang anda bingung karena sama-sama memiliki kualitas yang baik. Untuk pertimbangannya anda bisa simak di bawah ini!

Bahan Pembuatan

Blockboard terbuat dari balok-balok kayu lunak yang yng berbeda-beda lalu dipress menjadi satu. Sedangkan multiplek terbuat dari lapisan kayu solid atau bisa di bilang kayu sisa.

Kengunaan

Kegunaan dari kedua bahan ini sama-sama digunakan sebagai bahan furnitur namun di sisi ini masing-masing bahan memiliki keunggulannya tersendiri.

Blockboard memberikan tampilan halus dan licin sehingga sangat cocok untuk menampilkan kesan elegan namun tidak bisa digunakan di luar ruangan.

Multiplek memiliki tampilan tekstur alami ,kesan natural tersebut bisa anda dapatkan di dalam maupun diluar ruangan.

Kekuatan dan Durabilitas

Multiplek unggul dalam hal ketahanan karena tahan terhadap air dan pelapukan, namun multiplek dengan ukuran panjang mudah memuai atau menjadi melengkung di bagian tengah.

Blockboard memiliki karakter kaku meskipun itu dalam ukuran yang panjang sehingga pemuaian dapat dihindari.

Berat

Dalam hal ini blockboard lebih ringan karena menggunakan bahan lunak pada saat pembuatannya, sedangkan multiplek memiliki bobot yang lebih berat di banding blockboard.

Pengolahan

Dalam pengolahannya keduanya sama-sama mudah dibentuk menjadi furnitur namun pada saat pemotongan multiplek memerlukan mesin pemotong karena cukup tebal, untuk blockboard cukup dengan gergaji dan alat pemotong kayu biasa. Untuk perekatnya anda bisa menggunakan lem, semen, baut, paku dan engsel dengan mudah pada kedua bahan tersebut.

Perawatan dan Harga

Dalam hal harga keduanya memiliki kisaran yang tidak teraut jauh, namun bockboard memiliki harga yang lebih terjangkau di banding multiplek.

Dalam perawatannya blockboard bersihkan menggunakan kain pembersih yang kering karena blockboard lemah dengan air.

Sementara itu multiplek mudah untuk menyerap noda sehingga perlu segera dibersihkan terutama yang bersifat kental. Gunakanlah kain yang lebih basah untuk mengelapnya.

ARTIKEL TERKAIT

Kategori:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pos Terkait

Uncategorized

Mau bangun/ gambar rumah dulu?

Sakti desain tempat paling tepat untuk konsultasi….

Uncategorized

INGIN PUNYA RUMAH? 

Daripada buat beli rumah mending mbangun aja.. Punya uang 150 juta atau 600 juta tapi memilih beli rumah daripada bangun rumah sendiri?? Daripada membeli rumah lebih baik membangun rumah sendiri melalui kontraktor konsultan berpengalaman, karena Baca Selengkapnya…

TIM SAKTI DESAIN

Selamat Datang di SAKTI DESAIN

Sakti Desain adalah salah satu merk dagang dari PT Sakti Indah Properti Land yang bergerak di bidang Desain Arsitektur, Kontraktor, Toko Bangunan, Developer Properti, dan Agen Properti. Berdiri sejak tahun 2011