5 Cara Mudah Bikin Ruang Kedap Suara di Rumah

Dipublikasikan oleh Administrator pada

5 Cara Mudah Bikin Ruang Kedap Suara di Rumah. Apakah kamu suka mendengarkan musik dengan volume keras? Atau mungkin kamu ingin membuat studio rekaman sendiri di rumah? Jika ya, maka kamu perlu membuat ruang kedap suara di rumah. 

Ruang kedap suara adalah ruang yang tidak membiarkan suara keluar atau masuk, sehingga kamu bisa menikmati musik atau aktivitas lain tanpa mengganggu orang lain atau terganggu oleh suara luar. Namun, membuat ruang kedap suara di rumah tidaklah mudah, kamu perlu memperhatikan beberapa hal, seperti bahan, desain, dan biaya. Tapi jangan khawatir, kami punya 5 cara mudah bikin ruang kedap suara di rumah yang bisa kamu coba. Simak ulasannya berikut ini.

Pilih ruangan yang tepat

pinterest.com

Ruangan yang cocok untuk dibuat kedap suara adalah ruangan yang memiliki dinding tebal, jendela sedikit atau tidak ada sama sekali, dan pintu yang rapat. Ruangan ini biasanya berada di bagian dalam rumah, seperti kamar tidur atau kamar mandi. Hindari ruangan yang berada di dekat jalan raya, taman, atau sumber suara lainnya.

Gunakan bahan peredam suara

Bahan peredam suara adalah bahan yang bisa menyerap atau memantulkan gelombang suara, sehingga mengurangi intensitasnya. Bahan peredam suara yang umum digunakan adalah busa akustik, karpet, gorden tebal, gabus, atau kain wol. Kamu bisa menempelkan bahan peredam suara ini di dinding, lantai, langit-langit, jendela, dan pintu ruangan kamu.

Isolasi celah-celah udara

Celah-celah udara adalah lubang kecil yang bisa membiarkan suara keluar atau masuk ke ruangan kamu. Celah-celah udara ini biasanya ada di sekitar jendela, pintu, stop kontak, atau ventilasi. kamu bisa mengisolasi celah-celah udara ini dengan menggunakan pita perekat, lem silikon, busa semprot, atau karet sealant.

Tambahkan lapisan ekstra

Bikin Ruang Kedap Suara
pinterest.com

Lapisan ekstra adalah lapisan tambahan yang bisa meningkatkan kemampuan peredaman suara dari bahan peredam suara yang sudah ada. Lapisan ekstra ini bisa berupa papan kayu, papan gypsum, papan partikel, atau papan serat. kamu bisa menempelkan lapisan ekstra ini di atas bahan peredam suara yang sudah ada dengan menggunakan sekrup, paku, atau lem.

Tes kualitas ruang kedap suara kamu

Setelah kamu selesai membuat ruang kedap suara di rumah kamu, kamu perlu menguji kualitasnya. kamu bisa melakukan tes ini dengan cara memutar musik dengan volume keras di dalam ruangan dan mendengarkan apakah ada suara yang keluar atau masuk dari luar ruangan. Jika ada suara yang keluar atau masuk, berarti kamu perlu memperbaiki bagian yang bermasalah.


Jangan lupa cek artikel lainnya di sakti desain. Jika kamu ada pertanyaan dan ingin mengetahui tentang sakti desain, kamu bisa klik banner di bawah ini. Cek juga channel youtube kami Sakti Desain Konsultan, kami membahas tentang rumah seperti desain terbaru, proses pembuatan, perencanaan dan lain-lain.


Tags :

wonosobo, banjarnegara, temanggung, magelang, yogyakarta, kontraktor interior, kontraktor interior design, interior kontraktor, jasa kontraktor rumah, jasa kontraktor bangunan, jasa kontraktor apartemen, jasa kontraktor gudang, jasa kontraktor hotel, jasa kontraktor terbaik di indonesia, jasa kontraktor kantor, jasa kontraktor lantai, jasa kontraktor lokal, jasa kontraktor rumah 2 lantai, jasa kontraktor per meter, jasa kontraktor renovasi rumah, jasa kontraktor rumah murah, jasa kontraktor taman, jasa kontraktor rumah terbaik, jasa arsitek rumah, jasa arsitek, jasa arsitek murah, jasa arsitek rumah mewah, jasa arsitek rumah minimalis, jasa arsitek desain rumah, jasa arsitek rumah murah, jasa arsitek renovasi rumah, jasa arsitek online, jasa arsitek rumah klasik, jasa arsitek dan desain interior, jasa arsitek profesional, jasa arsitek rumah online, jasa desain rumah, harga jasa desain rumah, jasa desain rumah online, harga jasa desain rumah 3d, jasa desain rumah minimalis, jasa desain rumah minimalis sederhana, jasa desain rumah mewah, jasa desain rumah murah, jasa desain rumah minimalis 1 lantai, jasa desain rumah kita, jasa desain rumah kost, jasa desain rumah dan rab, harga jasa desain rumah per meter, jasa desain rumah minimalis 2 lantai, jasa desain rumah 3d, jasa desain rumah per m2, jasa desain rumah online murah, jasa desain rumah elegan, jasa desain rumah minimalis modern 2 lantai, jasa desain rumah 2 lantai, jasa desain rumah tinggal, jasa desain rumah minimalis murah, jasa desain rumah klasik, jasa desain rumah modern, jasa desain rumah kecil, kontraktor rumah, jasa kontraktor rumah, harga kontraktor rumah per meter, kontraktor rumah sakit, kontraktor rumah murah, rekomendasi kontraktor rumah, jasa arsitek dan kontraktor rumah, jasa kontraktor rumah murah

Kategori:

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×