Besaran Biaya Dan Prosedur Balik Nama Rumah

Dipublikasikan oleh Administrator pada

Besaran Biaya Dan Prosedur Balik Nama Rumah. Ketika membeli sebuah rumah sudah pasti akan ada biaya yang mengikuti. Salah satu biaya tambahan adalah biaya balik nama rumah. Biaya ini diluar dari pajak dan biaya pembuatan akta. Perlu untuk diingat agar mengurus balik nama. Jika tidak mengurus kamu akan repot di masa mendatang. Lagipula untuk mengurus dan biayanya pun tak terlalu mahal.

Jika kamu memang kamu memang berniat balik nama, ikuti prosedurnya berikut ini :

See the source image, balik nama rumah
proptiger.com

Memastikan Ukuran tanah dan Rumah

Biaya balik nama rumah sangat bergantung dengan luas bangunan. Pastikan kamu sudah memiliki informasi yang jelas terkait ukuran bangunan maupun tanahnya. Namun, kalau ukuran rumah ternyata tidak sesuai dengan yang dicantumkan, kamu harus menyiapkan dana tambahan.

Tarif pengukuran tanah sendiri berbeda-beda, tergantung ukuran. Kalau ukuran tanah tidak sampai 10 hektare, biaya pengukurannya adalah luas tanah dibagi 500, lalu dikali dengan harga satuan ukur, ditambah 100.000. Kamu pun bisa langsung mengecek tarif ukurnya di Badan Pertanahan.

Mengecek Sertifikat

Sebelum melangkah untuk mengurus dan membayar biaya balik nama, pastikan rumahmu sudah memiliki sertifikat yang jelas. Hal ini karena dalam prosesnya, akan dicek sertifikatnya untuk mengetahui legalitas bangunan dan memastikan tidak ada sengketa. Nantinya, proses pengecekan sertifikat rumah ini juga menjadi komponen biaya balik nama rumah yang besarannya rata-rata Rp50.000—100.000.

See the source image, balik nama rumah
cypruscitizenship.info

Akta jual beli

Dalam pengurusan dan pembayaran biaya balik nama rumah, akta jual beli juga mesti dicantumkan. Jadi, pastikan kamu sudah memiliki akta penting yang satu ini. Nilainya mencapai 5 persen dari transaksi yang penerbitannya merupakan patungan dari pihak penjual dan pembeli.

Rumus Resmi Biaya Balik Nama

Secara resmi, biaya balik nama rumah punya rumusan tersendiri. Perhitungan biaya ini melihat aspek nilai tanah per meter persegi dan luas tanah. Rumus resmi biayanya tidak lain adalah perkalian dari nilai tanah dan luas tanah, kemudian dibagi 1.000.

See the source image, balik nama rumah
thebalance.com

Menghitung Jasa PPAT

Tidak jarang orang memakai jasa PPAT supaya lebih simpel dan tidak perlu repot bolak-balik ke kantor Badan Pertanahan. Jika kamu salah satunya kamunya, siapkan dana untuk biaya yang biasanya, jasa PPAT maksimal 1 persen dari harga rumah. Nilai tersebut bahkan bisa lebih rendah jika kamu menegosiasikannya dengan baik.

Lengkapi Berkas Persyaratan

Baik menggunakan jasa PPAT ataupun melakukan pembayaran biaya balik nama rumah secara mandiri, nantinya kamu harus menyiapkan sejumlah berkas persyaratan. Setidaknya, kamu harus mengisi formulir yang sudah ditandatangani beserta surat kuasa jika memakai PPAT.

Berkas lainnya yang tidak boleh ketinggalan, antara lain adalah fotokopi identitas, sertifikat rumah asli, fotokopi SPPT dan PBB tahun berjalan yang telah dicocokkan dengan aslinya oleh petugas loket, serta bukti BPHTB. Jika sudah lengkap, proses melakukan pembayaran biaya balik nama rumah tidaklah sulit dan bisa berlangsung cepat.

Jangan lupa cek artikel lainnya di sakti desain. Jika kamu ada pertanyaan dan ingin mengetahui tentang sakti desain, kamu bisa klik banner di bawah ini atau klik icon whatsapp di samping kanan Layar. Cek juga channel youtube kami Sakti Desain Konsultan.


Tags :

wonosobo, banjarnegara, temanggung, magelang, yogyakarta, kontraktor interior, kontraktor interior design, interior kontraktor, jasa kontraktor rumah, jasa kontraktor bangunan, jasa kontraktor apartemen, jasa kontraktor gudang, jasa kontraktor hotel, jasa kontraktor terbaik di indonesia, jasa kontraktor kantor, jasa kontraktor lantai, jasa kontraktor lokal, jasa kontraktor rumah 2 lantai, jasa kontraktor per meter, jasa kontraktor renovasi rumah, jasa kontraktor rumah murah, jasa kontraktor taman, jasa kontraktor rumah terbaik, jasa arsitek rumah, jasa arsitek, jasa arsitek murah, jasa arsitek rumah mewah, jasa arsitek rumah minimalis, jasa arsitek desain rumah, jasa arsitek rumah murah, jasa arsitek renovasi rumah, jasa arsitek online, jasa arsitek rumah klasik, jasa arsitek dan desain interior, jasa arsitek profesional, jasa arsitek rumah online, jasa desain rumah, harga jasa desain rumah, jasa desain rumah online, harga jasa desain rumah 3d, jasa desain rumah minimalis, jasa desain rumah minimalis sederhana, jasa desain rumah mewah, jasa desain rumah murah, jasa desain rumah minimalis 1 lantai, jasa desain rumah kita, jasa desain rumah kost, jasa desain rumah dan rab, harga jasa desain rumah per meter, jasa desain rumah minimalis 2 lantai, jasa desain rumah 3d, jasa desain rumah per m2, jasa desain rumah online murah, jasa desain rumah elegan, jasa desain rumah minimalis modern 2 lantai, jasa desain rumah 2 lantai, jasa desain rumah tinggal, jasa desain rumah minimalis murah, jasa desain rumah klasik, jasa desain rumah modern, jasa desain rumah kecil, kontraktor rumah, jasa kontraktor rumah, harga kontraktor rumah per meter, kontraktor rumah sakit, kontraktor rumah murah, rekomendasi kontraktor rumah, jasa arsitek dan kontraktor rumah, jasa kontraktor rumah murah

Kategori:

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×