fbpx

Jika kamu sudah mengenal apa itu ornamen arsitektur, mungkin kamu ngin tahu pilihan pesona orname yang populer di era kelasik sampai modern yang masih di gemari sampai saat ini. Langsung saja saja simak artikel ini!

Ornamen Baroque

istockphoto.com

Ornamen khas arsitektur Baroque lahir di era Baroque, tepatnya pada akhir abad ke-16 di Italia. Gaya Baroque terkenal akan eksplorasi bentuk yang lebih dramatis.

Kesan saat melihat ornamen Baroque pada arsitektur bangunan adalah megah karena proporsi yang terlampau besar atau gigantisme yang merupakan ciri khas dari arsitektur yang berkembang di era Baroque. Jadi, tak heran jika kamu menemukan pilar yang menjulang tinggi dan besar ataupun pintu yang dibingkai dengan ukiran-ukiran yang tebal dan berukuran cukup fantastis.

Ornamen Bizantium

freepik.com

Ornamen pada arsitektur Bizantium masih menyerupai gaya, pola, dan elemen-elemen arsitektur Romawi sebelumnya. Salah satu ciri khas yang masih bertahan dan terlihat pada desain dari era Bizantium adalah ragam hias geometris, namun dirancang dengan kompleksitas yang lebih tinggi.

Ciri khas lainnya adalah kehadiran mosaik-mosaik sebagai pengganti ukiran sebagai elemen dekorasi. Meskipun tidak semegah dan sebesar seperti gaya Baroque, detail dari gaya Bizantium membuatnya memiliki daya tarik yang tak kalah dari arsitektur bergaya Baroque. Pola arsitektur yang memiliki kekhasan Bizantium banyak ditemukan pada bangunan-bangunan tempat ibadah dan hingga saat ini, kerap dianggap sebagai ornamen yang memiliki nilai kesakralan tersendiri.

Ornamen Gothic

flickr.com

Pola ornamen selanjutnya yang masih masuk dalam kategori arsitektur klasik adalah gaya arsitektur Gothic. Ciri khas dari Arsitektur Gothic adalah olahan gubahan bentuk yang menjulang tinggi ke atas.

Penggunaan patung yang membentuk diorama juga merupakan ciri khas yang sangat mudah ditemui pada ornamen yang mendapatkan pengaruh dari gaya Gothic. Gereja Katedral di Jakarta merupakan salah satu contoh bangunan yang menerapkan gaya arsitektur Gothic.

ARTIKEL TERKAIT

Kategori:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pos Terkait

Uncategorized

Mau bangun/ gambar rumah dulu?

Sakti desain tempat paling tepat untuk konsultasi….

Uncategorized

INGIN PUNYA RUMAH? 

Daripada buat beli rumah mending mbangun aja.. Punya uang 150 juta atau 600 juta tapi memilih beli rumah daripada bangun rumah sendiri?? Daripada membeli rumah lebih baik membangun rumah sendiri melalui kontraktor konsultan berpengalaman, karena Baca Selengkapnya…

TIM SAKTI DESAIN

Selamat Datang di SAKTI DESAIN

Sakti Desain adalah salah satu merk dagang dari PT Sakti Indah Properti Land yang bergerak di bidang Desain Arsitektur, Kontraktor, Toko Bangunan, Developer Properti, dan Agen Properti. Berdiri sejak tahun 2011