Beberapa Penyebab Tembok Retak

Dipublikasikan oleh Administrator pada

Beberapa Penyebab Tembok Retak. Tembok yang retak merupakan permasalahan umum yang sering ditemukan pada hunian. Masalah ini bisa ditemukan mau itu di rumah lama maupun rumah baru. Tembok yang retak ringan membuat hunian kurang estetik, sedangkan keretakan besar bisa membahayakan para penghuninya.

Berikut beberapa penyebab yang menjadi pemicu tembok retak selain bencana alam.

Penyebab tembok retak
multiscreensite.com

Lokasi Rumah

Lokasi rumah yang ada tinggali bisa menjadi salah satu penyebab tembok retak. Beberapa lokasi yang rawan adalah tanah bekas sawah dan rawa. Tekstur tanah yang basah akan membuat tembok tidak berdiri dengan kuat sehingga muncul retak.

Kualitas Material yang Kurang Baik

Masing-masing material memiliki keunggulan dan kelemahannya sendiri. Material dengan daya tahan yang kurang kuat tentu akan meningkatkan risiko tembok retak. Terkadang terkadang material yang sama bisa mendapatkan hasil yang berbeda karena takaran pembuatannya yang tak sesuai. Namun, tetap saja hingga saat ini, material bata merah masih menjadi yang terkuat dibandingkan material tembok lainnya.

bing.com

Kusen yang Mulai Lapuk dan Memuai

Kusen yang memuai dan lapuk sering menjadi penyebab tembok retak. Karena perubahan bentuk tembok pun secara tidak langsung akan retak karena kehilangan ‘penopang’-nya. Umumnya penyebab ini tidak disadari oleh para pemilik hunian. Maka dari itu, ada baiknya kamu memeriksa kondisi rumah secara berkala.

Struktur Berbanding Jauh dengan Beban

Jika kamu berencana menambah jumlah lantai, kamu perlu untuk memperkuat struktur bangunan. Terdapat banyak pemilik hunian yang melakukan renovasi rumah sembarangan yang jadinya membuat tembok retak.

Plester atau Pengacian yang kurang Sempurna

Aci dan plester adalah proses penyempurnaan tembok sebelum tembok di cat. Namun sayang pengeringan aci atau plester membutuhkan waktu yang lama sehingga membuat beberapa orang tidak menunggunya sampai benar-benar kering. Hal inilah yang membuat tembok retak karena ketidaksempurnaan proses.

Jangan lupa cek artikel lainnya di sakti desain. Jika kamu ada pertanyaan dan ingin mengetahui tentang sakti desain, kamu bisa klik banner di bawah ini atau klik icon whatsapp di samping kanan Layar. Cek juga channel youtube kami Sakti Desain Konsultan.

Kategori:

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *