Beberapa Manfaat Kembang Sepatu Untuk Kesehatan

Dipublikasikan oleh Administrator pada

Kembang sepatu atau dengan nama latin Hibiscus rosasinesis ini merupakan bunga yang sangat umum digunakan sebagai tanaman hias. Akan tetapi, tidak begitu banyak yang tahu tentang manfaat lain yang dimiliki oleh kembang sepatu. Beberapa bagian dari kembang sepatu kaya akan kandungan nutrisi yang dapat dimanfaatkan untuk pengobatan generik maupun herbal. Kandungan yang terdapat pada kembang sepatu ini dapat membantu menyembuhkan berbagai penyakit.

Untuk dapat dikonsumsi sebagai obat, kembang sepatu terlebih dahulu diolah menjadi teh. Ekstrak kembang sepatu ini biasa diminum dengan campuran air lemon. Apa saja manfaat kesehatan dari kembang sepatu? Simak artikelnya di bawah ini.

Menurunkan Kolesterol

Penyumbatan pembuluh darah yang disebabkan oleh tekanan darah yang tinggi memang sangat berisiko untuk kesehatan. Beberapa penelitian menjelaskan bahwa dengan mengonsumsi ekstrak kembang sepatu bisa menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh hingga dua puluh persen. Kandungan zat sapponins yang dimiliki ekstrak kembang sepatu mampu mengikat kolesterol sehingga kolesterol pun tidak lagi ikut terserap ke dalam tubuh.

Menurunkan Gula Darah

Selain cantik, bunga yang satu ini juga bisa menjadi tanaman obat, lho. Teh dari kembang sepatu juga bisa bermanfaat untuk kamu yang mengidap penyakit diabetes. Penelitian terakhir yang dilakukan pada kembang sepatu menyatakan bahwa bagian akar dari bunga ini mengandung zat antidiabethic yang dapat mencegah naiknya kadar gula darah di dalam tubuh.

Seperti yang dilansir dari Curejoy, mengonsumsi teh ekstrak kembang sepatu dalam 21 hari berturut-turut bisa menurunkan kadar gula darah sampai dengan 46 persen.

Menyembuhkan Berbagai Gangguan Pernafasan

Khasiat lain dari mengonsumsi teh kembang sepatu adalah membantu menyembuhkan berbagai penyakit yang berhubungan dengan gangguan pernafasan, seperti batuk, flu, bahkan bronkhitis.

Khasiat ini diperoleh dari kandungan vitamin C yang tinggi pada kembang sepatu. Selain dengan meminum teh kembang sepatu, kamu juga bisa meracik ramuan kembang sepatu sendiri dengan merebus bagian kelopak dan daunnya.

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Berbanding terbalik dengan bunga Jepun yang berbahaya, mengonsumsi teh kembang sepatu secara rutin dapat meningkatkan imunitas tubuh. Ekstrak dari kembang sepatu dapat menstimulasi perkembangan sel yang berfungsi melawan infeksi dan kuman di dalam tubuh yang dikenal dengan T cells dan E cells. Tingginya kandungan vitamin C yang terdapat pada kembang sepatu juga membantu T&E cells dalam memberantas kuman penyakit.

Mengurangi Rasa Sakit Saat PMS

Di berepa negara seperti Bangladesh dan India, salah satu jenis bunga hiasini populer digunakan untuk menyembuhkan permasalahan menstruasi. Kembang sepatu bisa sangat efektif mengurangi rasa sakit (menstrual cramp) serta mencegah pendarahan berlebih saat menstruasi berlangsung. Untuk perempuan yang juga merasakan rasa sakit saat memasuki fase menopause, ekstrak kembang sepatu juga bisa dijadikan obat untuk menyembuhkannya.

Membantu Penyembuhan Luka

Ekstrak dari kembang sepatu bisa membantu mempercepat penyembuhan luka. Dengan mengkonsumsi teh kembang sepatu luka jadi cepat mengering dan kulit baru pun jadi lebih cepat terbentuk dibandingkan dengan membersihkan luka tersebut dengan obat antiseptik.

Wah, ternyata banyak juga ya manfaat kesehatan yang dimiliki oleh kembang sepatu. Namun, untuk para ibu yang dalam masa kehamilan dan menyusui disarankan untuk tidak mengkonsumsi teh kembang sepatu karena bisa meracuni kandungan dan si bayi.
Bagaimana dengan manfaat yang terdapat dalam kembang sepatu? Menarik bukan kembang sepatu bukan hanya untuk menghiasi rumah saja tetapi juga bisa sebagai bahan obat herbal alami. Jangan lupa share dan cek artikel lainnya di saktidesain.com.

“SAKTI DESAIN adalah perusahaan jasa konsultan desain arsitektur, kontraktor bangunan untuk hunian (rumah/ apartemen) maupun komersial (kantor/ ruko/ tempat usaha lain) dan properti. Bagi Anda yang membutuhkan konsultasi, Anda dapat menghubungi kantor kami atau ke nomor (0286)323303 atau 085713235758. Kami melayani untuk seluruh wilayah Indonesia.”

Tag : wonosobo, banjarnegara, temanggung, magelang, yogyakarta, kontraktor interior, kontraktor interior design, interior kontraktor, jasa kontraktor rumah, jasa kontraktor bangunan, jasa kontraktor apartemen, jasa kontraktor gudang, jasa kontraktor hotel, jasa kontraktor terbaik di indonesia, jasa kontraktor kantor, jasa kontraktor lantai, jasa kontraktor lokal, jasa kontraktor rumah 2 lantai, jasa kontraktor per meter, jasa kontraktor renovasi rumah, jasa kontraktor rumah murah, jasa kontraktor taman, jasa kontraktor rumah terbaik, jasa arsitek rumah, jasa arsitek, jasa arsitek murah, jasa arsitek rumah mewah, jasa arsitek rumah minimalis, jasa arsitek desain rumah, jasa arsitek rumah murah, jasa arsitek renovasi rumah, jasa arsitek online, jasa arsitek rumah klasik, jasa arsitek dan desain interior, jasa arsitek profesional, jasa arsitek rumah online, jasa desain rumah, harga jasa desain rumah, jasa desain rumah online, harga jasa desain rumah 3d, jasa desain rumah minimalis, jasa desain rumah minimalis sederhana, jasa desain rumah mewah, jasa desain rumah murah, jasa desain rumah minimalis 1 lantai, jasa desain rumah kita, jasa desain rumah kost, jasa desain rumah dan rab, harga jasa desain rumah per meter, jasa desain rumah minimalis 2 lantai, jasa desain rumah 3d, jasa desain rumah per m2, jasa desain rumah online murah, jasa desain rumah elegan, jasa desain rumah minimalis modern 2 lantai, jasa desain rumah 2 lantai, jasa desain rumah tinggal, jasa desain rumah minimalis murah, jasa desain rumah klasik, jasa desain rumah modern, jasa desain rumah kecil, kontraktor rumah, jasa kontraktor rumah, harga kontraktor rumah per meter, kontraktor rumah sakit, kontraktor rumah murah, rekomendasi kontraktor rumah, jasa arsitek dan kontraktor rumah, jasa kontraktor rumah murah

Kategori:

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *