Bagian-Bagian Komposisi Konstruksi Atap Bangunan. Konstruksi atap merupakan suatu bagian dalam pembangunan rumah yang sangat penting untuk diketahui baik itu tukang bangunan maupun penghuni rumah. Pasalnya bagian ini harus dibuat agar dapat memberikan kenyamanan lebih bagi penghuninya dari berbagai masalah seperti masalah cuaca.

Perencanaan bentuk atap harus diperhatikan secara matang hingga menghasilkan aspek fungsional. Dalam konstruksi atap rumah terdapat bagian-bagian komposisi berikut ini, karena tampa komposisi yang seimbang, atap akan bekerja secara optimal.

komposisi konstruksi atap
pengadaan.web.id
  1. Garis tepi atap adalah tepi-tepi batas dari atap, biasanya pada bagian kayu ini diberikan lisplang.
  2. Nok (ridge) adalah pertemuan puncak dari kedua kemiringan atap yang kemudian diberi genteng nok. 
  3. Jurai luar (hip) adalah pertemuan luar dari dua kemiringan atap yang bersebelahan kemudian diberi genteng nok. Jurai luar terdapat pada atap perisai. 
  4. Jurai dalam (valley) adalah pertemuan dalam dari dua kemiringan atap yang bersebelahan kemudian diberi balok, papan, dan seng talang. Jurai dalam akan muncul apabila pada atap utama terdapat atap anak.
  5. Overstek (overhang) adalah rambu atap diukur dari tepi atap sampai sisi luar dinding. 
  6. Talang adalah tempat bagian dari atap yang berfungsi untuk menampung air hujan dan dibuang ke tempat yang telah direncanakan. 
  7. Jenis talang terdiri berbagai macam, mulai talang gantung di ujung atap, talang tembok karena pertemuan atap dengan dinding vertikal, talang jurai dalam, dan talang sembunyi terdapat di akhiran atap pelana.
  8. Usuk adalah komponen atap yang terletak di atas gording dan menjadi dudukan untuk reng. 
  9. Reng adalah komponen atap yang berfungsi untuk menahan genteng penutup atau lainnya.

Jangan lupa cek artikel lainnya di sakti desain. Jika kamu ada pertanyaan dan ingin mengetahui tentang sakti desain kamu bisa klik banner di bawah ini atau klik icon whatsapp di samping kanan. Dan juga cek channel youtube kami Sakti Desain Konsultan.

ARTIKEL TERKAIT

Kategori:

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×