Atasi Genangan Air Dengan Biopori. Di sekeliling rumahmu sering terendam air saat banjir? cara mengatasinya dengan cara menciptakan tempat untuk resapan air atau sumur resapan. Namun ada metode lain yang sederhana untuk mengatasi banjir ini yakni dengan membuat lubang biopori.

Untuk kamu yang ingin membuat biopori ini dilungkungan rumahmu berikut tipsnya. Namun sebelum itu simak ulasan singkat tentang biopori ini :

biopori

Apa itu biopori

Biopori merupakan sejenis lubang resapan air yang dibuat tegak lurus ke dalam tanah. Pada umumnya, biopori dibuat dengan lubang berdiameter sekitar 10 hingga 30 cm dan kamu harus mengisi lubang biopori tersebut dengan sampah organik yang difungsikan sebagai makanan biota tanah seperti cacing, semut, ataupun akar makanan.

Cara membuatnya

Pertama, yang perlu kamu pilih lokasi tanah yang tepat. Jika kering bisa untuk disiram terlebih dahulu agar lunak dan memudahkan saat membuat lubang.
Kedua, persiapkan beberapa alat dan bahan deperti linggis atau bor khusus tanah, pipa pvc ukuran 1 meter berdiameter 10-30cm, kawat besi dan penutup pipa yang sudah dilubangi. Untuk bahan lainnya seperti air dan sampah organik, kulit buah, rumput atau sampah sayuran.
Ketiga, lubangi tanah dengan kedalaman yang disesuaikan menurut pajang pipa pvc menggunakan bor. Pada proses ini bor harus dimasukkan seluruhnya ke dalam tanah dan tarik sesekali agar tanah terbesihkan. Jika tanah terlalu keras, sesekali siram dengan air agar lunak, jika menemukan kerikil atau batu hentikan pengeboran.
Keempat, masukkan pipa pvc yang ukurannya sudah kamu sesuiakan dengan diameter tanah, lalu isi lubang dengan sampah organik yang telah kamu kumpulkan. Lalu tutup lubang dengan kawat besi atau penutup pipa yang telah disiapkan.

Cara kerja dan perawatan

Cara kerja bioini yaitu sampah organik yang kamu masukkan ke dalam lubang akan mengundang biota tanah sehingga dapat membentuk rongga yang berfungsi sebagai jalur peresapan air. Untuk memaksimalkan penggunaan, kamu harus mengisi lubang dengan sampah organik setiap lima kali sehari. Pastikan kamu tidak memasukkan sampah non organik.

Itulah panduan pembuatan biopori di atas, Semoga dengan biopori ini bisa mengurangi banjir disekeliling rumahmu.

Jangan lupa cek artikel lainnya di sakti desain. Jika kamu ada pertanyaan dan ingin mengetahui tentang sakti desain kamu bisa klik banner di bawah ini atau klik icon whatsapp di samping kanan. Dan juga cek channel youtube kami Sakti Desain Konsultan.

ARTIKEL TERKAIT

Kategori:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pos Terkait

Uncategorized

Mau bangun/ gambar rumah dulu?

Sakti desain tempat paling tepat untuk konsultasi….

Uncategorized

INGIN PUNYA RUMAH? 

Daripada buat beli rumah mending mbangun aja.. Punya uang 150 juta atau 600 juta tapi memilih beli rumah daripada bangun rumah sendiri?? Daripada membeli rumah lebih baik membangun rumah sendiri melalui kontraktor konsultan berpengalaman, karena Baca Selengkapnya…

TIM SAKTI DESAIN

Selamat Datang di SAKTI DESAIN

Sakti Desain adalah salah satu merk dagang dari PT Sakti Indah Properti Land yang bergerak di bidang Desain Arsitektur, Kontraktor, Toko Bangunan, Developer Properti, dan Agen Properti. Berdiri sejak tahun 2011

×