fbpx

Asal Usul Desain Interior Minimalis

Siapa si yang tidak tahu tentang gaya desain interior ini, desain interior minimalis populer di kalangan masyarakat. Dengan segala keterbatasan baik itu lahan maupun anggaran, gaya desain interior ini selalu menjadi solusi dalam mengatasinya.

Namun di tengah popularitasnya, banyak orang yang salah mengartikan atau menafsirkan dari desain interior minimalis. Terutama jika itu dalam pengaplikasiannya hanya di terapkan di rumah kecil atau sedang. Namun itu tidak benar, desain interior minimalis memang terinspirasi dari minimalisme atau seni minimal.

Minimalisme atau seni minimalis adalah aliran dalam seni melukis. Aliran ini cenderung mengurangi bentuk artisik atas dasar pertimbangan logika dan kesederhanaan. Dalam berbagai bidang minimalisme mulai dari seni hingga desain, lebih digunakan sebagai prinsip dari pada pencapaian visual.

Prinsip minimalis pada desain interior minimalis mengedepankan penggunaan esensial demi kepentingan estetika dan fungsi tampa menghiraukan seberapa luas dan kecilnya medium yang digunakan.

Desain interior minimalis merupakan pengaplikasian turunan dari arsitektur rumah minimalis. Pada abad ke-20 salah satu arsitek asal jerman Ludwig Mies van der Rohe mempelopori penggunaan prinsip minimalis dalam bidang arsitektur. Prinsip ini banyak mengandung unsur geometris yang berupa garis, persegi panjang dan warna-warna netral.

Selain hal tersebut penggunaan prinsip minimalis yang dilakukan oleh Ludwig Mies van der Rohe sering mengurangi bentuk modern berbahan besi, semen dan kaca pada masanya. Hal tersebut diterapkan demi memperoleh desain yang efisien, fungsional dan estetis.

Tidak hanya sebatas itu pada tahun 1920 di eropa pengaruh minimalis dalam bidang arsitektur dan seni rupa semakin meluas melalui pergerakan seni bauhaus. Setelah itu desain interior minimalis berkembang hingga abad ke-20. Istilah “less in more” yang menggambarkan minimalisme serta desain interior minimalis mulai di kenal secara luas. Tahun 1960-1970 menandai menimalisme berjaya pada sektor kesenian di eropa dan amerika.

Kesuksesan minimalisme menjadi bagian dari kebudayaan dan kehidupan. Bahkan hasil penelitian oleh Cedric Van Eenoo dari University of Technology Sydney menyebutkan minimalisme memberi pengaruh yang kuat terhadap kesejahteraan pada seseorang.

Itulah asal usul desain interior minimalis. Semoga dengan membaca asal usul ini beberapa dari kamu tidak salah mengartikan atau menafsirkan desain minimalis hanya untuk rumah kecil. Jangan lupa share jika artike ini agar orang-orang tau asal usul dari gaya desain interior minimalis.

ARTIKEL TERKAIT

Kategori:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pos Terkait

Uncategorized

Mau bangun/ gambar rumah dulu?

Sakti desain tempat paling tepat untuk konsultasi….

Uncategorized

INGIN PUNYA RUMAH? 

Daripada buat beli rumah mending mbangun aja.. Punya uang 150 juta atau 600 juta tapi memilih beli rumah daripada bangun rumah sendiri?? Daripada membeli rumah lebih baik membangun rumah sendiri melalui kontraktor konsultan berpengalaman, karena Baca Selengkapnya…

TIM SAKTI DESAIN

Selamat Datang di SAKTI DESAIN

Sakti Desain adalah salah satu merk dagang dari PT Sakti Indah Properti Land yang bergerak di bidang Desain Arsitektur, Kontraktor, Toko Bangunan, Developer Properti, dan Agen Properti. Berdiri sejak tahun 2011