fbpx

Setiap ruang dalam hunian nggak selalu harus dipisahkan tembok. Untuk kesan lebih menyatu atau lebih luas, setiap ruang bisa dibatasi dengan sekat-sekat ruang. Namun, menyepelekan pemilihan sekat ruang akan mempengaruhi hasil akhir dari presentasi ruangan yang ada. Sebaliknya, dengan sekat ruang yang tepat nggak cuma jadi lebih fungsional namun memiliki nilai tambah dari segi visual.
Nggak heran kebanyakan orang tidak tanggung-tanggung saat merancang sekat ruangan dengan menggunakan material mahal seperti kaca, besi, atau yang lainnya. Kamu nggak perlu khawatir karena sekat ruangan yang estetis dan indah bisa juga kamu hadirkan dengan biaya yang nggak menguras kantong. Dengan sedikit kreativitas, inilah berbagai pilihan desain sekat ruangan yang bisa kamu pilih!

Sekat Ruangan Natural dengan Dahan Pohon

Siapa sangka sisa-sisa dahan dan ranting pohon yang kerap dianggap sampah ternyata bisa disulap secara kreatif menjadi sekat ruang yang menarik? Kamu bisa menyusun rapat dahan-dahan ramping pada pot tanaman panjang sehingga memberikan kesan lebih privat antar ruang.
Untuk kesan lebih terbuka, kamu bisa memanfaatkan dahan pohon yang lebih besar dan menatanya lebih longgar sebagai sekat ruangan. Sekat ruangan dari dahan pohon seperti ini bisa jadi pilihan untuk ruang-ruang yang memiliki gaya natural. Berikan lampu atau pencahayaan dari bagian bawah, sehingga bayangan dan cahaya yang dihasilkan menjadi lebih dinamis karena formasi organik dari dahan pohon.

Kreasikan Potongan Pipa Paralon untuk Sekat Ruangan

Sekat ruang rendah budget juga bisa kamu dapatkan dengan mengkreasikan potongan pipa paralon. Untuk sekat ruang yang rapat, kamu bisa menggunakan potongan pipa paralon berdiameter kecil. Potongan pipa paralon dengan diameter yang besar bisa kamu gunakan untuk sekat ruangan yang lebih terbuka. Misalnya di kamar mandi.
Mengkombinasikan berbagai ukuran pipa paralon juga bisa jadi salah satu cara menghadirkan sekat ruangan yang modern dan dinamis. Nggak cuma membuat ruangan lebih estetis, sekat ruangan dari paralon juga sangat mudah dibuat dan tentunya nggak memerlukan biaya yang banyak.

Box Kayu sebagai Sekat Ruang Praktis

Salah satu cara mudah dan praktis untuk menghadirkan sekat ruangan yang praktis adalah dengan menggunakan box kayu yang disusun menjadi lemari atau kabinet. Berikan warna jika tekstur kayu yang dimiliki box dirasa kurang serasi dengan interior ruangan. Namun, jika kamu memiliki interior yang natural, membiarkan box kayu dengan tekstur aslinya akan sangat membantu memperkuat kesan natual dari ruangan.
Nggak hanya menjadi sekat ruang, box kayu ini bisa menjadi lemari atau rak multifungsi. Mulai dari rak buku hingga rak pajangan dimana kamu bisa meletakkan berbagai pajangan dan juga foto-foto kenangan bersama kelurga.

Sekat Ruangan dari Tanaman Gantung

Memberikan tanaman gantung nggak cuma bisa menghadirkan suasana segar pada ruangan, tapi juga bisa menjadi sekat ruang yang menarik. Gunakan pipa atau tambang untuk menahan pot panjang tanaman. Untuk sekat ruang yang lebih privat, kamu bisa memanfaatkan tanaman rambat sehingga daunnya bisa menjadi sekat ruang yang lebih tertutup.

Daur Ulang Panel Papan Kayu Menjadi Sekat Ruang

Sekat ruang yang minim biaya juga bisa dibuat dari panel papan kayu yang sudah tak terpakai. Susun panel secara zigzag dengan menyambungkannya menggunakan engsel. Setelah panel papan kayu bisa berdiri tegak, panel papan kayu ini kini bisa kamu manfaatkan sebagai sekat ruang.
Berikan penggantung sehingga kamu bisa memajang hiasan dinding atau foto-foto keluargamu pada sekat ruang dari panel papan kayu sehingga ruanganmu jadi jauh lebih menarik

Tirai Dekoratif sebagai Sekat Ruang Fleksibel

Cara sederhana untuk memisahkan fungsi ruang adalah dengan memanfaatkan tirai dan gorden sebagai sekat ruang. Kombinasikan warna serta lapisan atau layering tirai, mulai dari warna tirai, tirai transparan, hingga tirai berpola agar bisa menghadirkan sekat ruang yang tetap terlihat mewah meski nggak menguras banyak biaya.

Sekat Ruang dari Batang Bambu

Untuk menghidupkan kesan natural, batang bambu bisa menjadi alternatif pilihan sebagai material sekat ruang selain dahan pohon. Kamu bisa menyusun batang bambu secara rapi ataupun acak dengan sudut kemiringan serta diameter berbeda untuk menghadirkan bermacam-macam gaya dan suasana ruangan.
Kombinasikan sekat ruang ini pada ruang bergaya interior oriental untuk keserasian visual yang menarik. Interior bergaya natural juga bisa jadi alternatif pas untuk menghadirkan sekat ruang seperti ini.

Partisi dari Bingkai Jendela Bekas

Kreativitas tingkat tinggi bisa mengubah barang yang tak berguna lagi menjadi barang yang lebih bermanfaat. Seperti bingkai jendela yang sudah tak terpakai dan disulap menjadi sekat ruang ini. Sekat ruang dari bingkai jendela bekas ini memberikan kesan tetap terbuka namun tetap memberi batas dari fungsi setiap ruang.
Kamu juga bisa membiarkan warna dan tekstur asli dari bingkai jendela untuk memberikan kesan rustic. Namun jika kesan rustic tidak terlalu cocok dengan interior ruang, jangan ragu untuk mengecat sekat ruangan ini dengan warna yang sesuai dengan gaya interiormu.

Abadikan Memori Menjadi Sekat Ruang

Daripada hanya memenuhi dinding, manfaatkan foto-fotomu bersama keluarga menjadi sekat ruang yang kreatif dengan menyatukan bingkai-bingkai fotomu dengan rangka besi atau kayu. Nggak hanya menjadi sekat ruang yang menarik, kehadiran foto-foto ini tentu akan membuat ruang di dalam rumah terkesan lebih homey.
Kamu juga bisa memberikan engsel putar sehingga bingkai-bingkai foto tersebut bisa diputar sesuai arah. Cetak juga foto dalam warna senada seperti hitam putih atau sephia. Dengan begitu, sekat ruang akan terlihat lebih artistik dan estetis.

Sekat Ruang Sederhana lewat Rangka Kayu

Terkadang nggak perlu menggunakan banyak material mahal dan rumit untuk membuat sekat ruang yang baik dan menarik. Seperti dengan memanfaatkan papan kayu sederhana dan merangkainya menjadi rangka yang dijadikan sekat ruangan.
Meski memiliki kesan yang lebih terbuka dan sederhan, sekat ruang ini bisa jadi pilihan untuk ruang-ruang yang masih berada di area publik hunianmu. Berikan sedikit dekorasi pada rangka kayu seperti vas tanaman kecil sehingga sekat ruang terlihat lebih hidup.

Itulah berbagai pilihan desain sekat ruang kreatif yang nggak akan memerlukan biaya super. Tentunya meski dengan biaya terjangkau, penataan yang baik tetap bisa memberikan nilai estetis bahkan juga kesan mewah pada hunianmu, sudah menemukan yang mana pilihan desain sekat ruang yang paling pas untuk hunianmu?

Tetap setia di website saktidesain dan tunggu artikel lainnya jangan lupa share

SAKTI DESAIN adalah perusahaan jasa konsultan desain arsitektur, kontraktor bangunan untuk hunian (rumah/ apartemen) maupun komersial (kantor/ ruko/ tempat usaha lain) dan properti. Bagi Anda yang membutuhkan konsultasi, Anda dapat menghubungi kantor kami atau ke nomor (0286)323303 atau 085713235758. Kami melayani untuk seluruh wilayah Indonesia.

ARTIKEL TERKAIT

Kategori:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pos Terkait

Uncategorized

Mau bangun/ gambar rumah dulu?

Sakti desain tempat paling tepat untuk konsultasi….

Uncategorized

INGIN PUNYA RUMAH? 

Daripada buat beli rumah mending mbangun aja.. Punya uang 150 juta atau 600 juta tapi memilih beli rumah daripada bangun rumah sendiri?? Daripada membeli rumah lebih baik membangun rumah sendiri melalui kontraktor konsultan berpengalaman, karena Baca Selengkapnya…

TIM SAKTI DESAIN

Selamat Datang di SAKTI DESAIN

Sakti Desain adalah salah satu merk dagang dari PT Sakti Indah Properti Land yang bergerak di bidang Desain Arsitektur, Kontraktor, Toko Bangunan, Developer Properti, dan Agen Properti. Berdiri sejak tahun 2011