Kayu Damar, Karakteristik dan Keunggulannya

Dipublikasikan oleh Administrator pada

Kayu Damar, Karakteristik dan Keunggulannya. Seperti yang kita tahu kayu sering digunakan entah itu untuk struktur bangunan hingga dekorasi. Kayu juga sering dimanfaatkan untuk membuat pagar karena dirasa lebih elegan dan estetis. Kayu yang sering digunakan untuk hal tersebut yaitu kayu damar.

Mungkin dari kamu tak mengetahui apa itu kayu damar karena ia tak sepopuler kayu jati yang sering digunakan untuk membuat furnitur berkualitas. Meskipun demikian, kau ini memiliki beberapa kelebihan dan karakteristik. Untuk lebih jelasnya cek ulasan lengkapnya berikut ini :

Kayu Damar

sababjalal.wordpress.com

Kayu dari pohon damar merupakan salah satu pohon asli Indonesia dan merupakan penghasil utama getah damar. Beberapa daerah  di Indonesia mengenal pohon ini dengan nama kaláne, kèssi, oeneëla  di Maluku, damar lulu atau damar malolo di Sulawesi. 

Bukan hanya damar, di beberapa wilayah, pohon ini juga kerap disebut juga sebagai damar raja. Sedangkan dalam bahasa Inggris, tanaman ini dikenal sebagai amboina pitch tree atau celebes kauri. Untuk nama latinnya sendiri adalah Agathis dammara.  

Kata damar kerap digunakan untuk sebutan resin atau getah yang dihasilkan oleh sejumlah pohon dari genus Shorea dan Hopea. Di sisi lain, getah pohon damar lebih sering dikenal dengan nama kopal. Bukan cuma itu, penggunaan kata kayu damar justru digunakan untuk sebutan kayu dari pohon jenis Araucaria. Sementara kayu pohon damar diperjualbelikan dengan nama kayu Agatis.

Karakteristik dan Kelebihan

kayu damar
Tokopedia.com

Pohon ini tumbuh di hutan hujan tropis dengan ketinggian sekitar 1.200 meter di atas permukaan laut (mdpl). Pohon ini bisa tumbuh hingga setinggi 65 meter.  Batangnya memiliki diameter mencapai 1,5 meter dan bertekstur silindris dan lurus. Kulit batangnya sendiri mempunyai warna khas abu-abu muda sampai coklat kemerahan. Daunnya sendiri berbentuk membulat panjang dengan panjang 6 hingga 8 cm serta lebar 2 sampai 3 cm. 

Kayu ini memiliki beberapa keunggulan.

  • Mudah ditemukan
  • Kuat dan tahan lama
  • Tahan dari rayap
  • Kuat di segala cuaca
  • Mudah dibentuk

Jangan lupa cek artikel lainnya di sakti desain. Jika kamu ada pertanyaan dan ingin mengetahui tentang sakti desain, kamu bisa klik banner di bawah ini. Cek juga channel youtube kami Sakti Desain Konsultan, kami membahas tentang rumah seperti desain terbaru, proses pembuatan, perencanaan dan lain-lain.


Tags :

wonosobo, banjarnegara, temanggung, magelang, yogyakarta, kontraktor interior, kontraktor interior design, interior kontraktor, jasa kontraktor rumah, jasa kontraktor bangunan, jasa kontraktor apartemen, jasa kontraktor gudang, jasa kontraktor hotel, jasa kontraktor terbaik di indonesia, jasa kontraktor kantor, jasa kontraktor lantai, jasa kontraktor lokal, jasa kontraktor rumah 2 lantai, jasa kontraktor per meter, jasa kontraktor renovasi rumah, jasa kontraktor rumah murah, jasa kontraktor taman, jasa kontraktor rumah terbaik, jasa arsitek rumah, jasa arsitek, jasa arsitek murah, jasa arsitek rumah mewah, jasa arsitek rumah minimalis, jasa arsitek desain rumah, jasa arsitek rumah murah, jasa arsitek renovasi rumah, jasa arsitek online, jasa arsitek rumah klasik, jasa arsitek dan desain interior, jasa arsitek profesional, jasa arsitek rumah online, jasa desain rumah, harga jasa desain rumah, jasa desain rumah online, harga jasa desain rumah 3d, jasa desain rumah minimalis, jasa desain rumah minimalis sederhana, jasa desain rumah mewah, jasa desain rumah murah, jasa desain rumah minimalis 1 lantai, jasa desain rumah kita, jasa desain rumah kost, jasa desain rumah dan rab, harga jasa desain rumah per meter, jasa desain rumah minimalis 2 lantai, jasa desain rumah 3d, jasa desain rumah per m2, jasa desain rumah online murah, jasa desain rumah elegan, jasa desain rumah minimalis modern 2 lantai, jasa desain rumah 2 lantai, jasa desain rumah tinggal, jasa desain rumah minimalis murah, jasa desain rumah klasik, jasa desain rumah modern, jasa desain rumah kecil, kontraktor rumah, jasa kontraktor rumah, harga kontraktor rumah per meter, kontraktor rumah sakit, kontraktor rumah murah, rekomendasi kontraktor rumah, jasa arsitek dan kontraktor rumah, jasa kontraktor rumah murah

Kategori:

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×