Plus Dan Minus Pintu Interior Minimalis. Saat memilih material untuk pintu interior memang seperti tak ada habisnya. Dari pintu yang berengsel seperti pada umumnya sampai pintu dengan konsep yang modern atau biasa disebut kekinian. Seperti misalnya pintu geser, penggunaan pintu ini menjadi pilihan untuk menghemat tempat karena tak berayun ke dalam ruangan.

Pintu geser umumnya digunakan pada lemari karena tentu alasannya untuk menghemat tempat dan juga tampilan yang lebih compact. Namun kamu jangan menggunakan pintu interior untuk exterior karena tentunya mereka dibuat sesuai dengan lingkungan. 

Langsung saja tanpa basa basi lagi  berikut plus dan minus pintu interior dari material yang populer digunakan.

Model Pintu Interior Berbahan Medium Density Fiberboard (MDF)

doorsforbuilders.com

Fiberboard adalah salah satu jenis produk komposit yang terbuat dari partikel-partikel kayu yang diikat dengan perekat sintetis atau bahan pengikat lain. Berdasarkan kerapatannya, fiberboard dibagi menjadi 3 kelompok yaitu:

Fiber board berkepadatan rendah (low density particleboard) yaitu papan yang mempunyai kerapatan kurang dari 0,4 g/cm3.

Fiber board berkerapatan sedang (medium density particleboard) yaitu papan yang mempunyai kerapatan 0,4-0,8 g/cm3.

Fiber board berkerapatan tinggi (high density particleboard) yaitu papan yang mempunyai kerapatan lebih dari 0,8 g/cm3.

Plus : Bahan ini tahan lama dan stabil, sehingga tidak mungkin melengkung. Memiliki tekstur yang lebih baik, karena lebih lurus dan lebih halus bila dibandingkan plywood. Ini nantinya akan berguna pada proses laminasi atau pelapisan lainnya. Dengan tekstur yang lebih rata, halus, dan lurus, pelapisan akan lebih mudah, sehingga menghasilkan kualitas produk yang cukup baik.

Minus : Tidak terlihat seperti kayu asli.

Model Pintu Interior Berbahan Hollow Core Slab (HCS)

plus minus pintu interior
homedepot.com

Adalah material pelat beton prestressed precast berongga yang berfungsi sebagai pengganti pelat lantai beton. HCS atau hollow core slab dapat digunakan untuk bangunan struktur beton dan struktur baja, serta cocok untuk berbagai jenis bangunan seperti rumah tinggal, ruko, mall, gedung parkir, hotel, apartemen, dan lain-lain. Umumnya material HCS menggunakan beton readymix dengan mutu beton K-450.

Plus : Terbuat dari kayu lapis atau komposit yang dibentuk di sekitar inti berlubang, pintu-pintu ini paling murah. Permukaan bawah material HCS umumnya sudah rapi / expose finish sehingga bisa menjadi permukaan plafon expose.

Minus : Bahannya sangat tipis.

Model Solid-Core Doors

plus minus pintu interior
ebay.com

Dibuat dengan lapisan kayu berkualitas yang dilem di atas komposit yang solid, harganya relatif terjangkau namun cukup kokoh. Karena kepadatan tinggi dari kayu, pintu-pintu ini sebenarnya lebih berat dan kuat dari jenis pintu yang lain.

Plus : Pintu dengan harga menengah ini jauh lebih terjangkau daripada kayu. Pintu solid-core menawarkan ketahanan terhadap api yang baik ketika memiliki ketebalan setidaknya 1,75 inci.

Minus : Ini bukan pintu ramah-DIY- dibutuhkan setidaknya dua orang untuk pemasangan.

Terlepas dari pilihan gaya desain seperti apa yang Anda gunakan di rumah Anda, pilihan model pintu juga memiliki gaya dan konsep desainnya tersendiri.

Jangan lupa cek artikel lainnya di sakti desain. Jika kamu ada pertanyaan dan ingin mengetahui tentang sakti desain kamu bisa klik banner di bawah ini atau klik icon whatsapp di samping kanan. Dan juga cek channel youtube kami Sakti Desain Konsultan.

ARTIKEL TERKAIT

Kategori:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pos Terkait

Uncategorized

Mau bangun/ gambar rumah dulu?

Sakti desain tempat paling tepat untuk konsultasi….

Uncategorized

INGIN PUNYA RUMAH? 

Daripada buat beli rumah mending mbangun aja.. Punya uang 150 juta atau 600 juta tapi memilih beli rumah daripada bangun rumah sendiri?? Daripada membeli rumah lebih baik membangun rumah sendiri melalui kontraktor konsultan berpengalaman, karena Baca Selengkapnya…

TIM SAKTI DESAIN

Selamat Datang di SAKTI DESAIN

Sakti Desain adalah salah satu merk dagang dari PT Sakti Indah Properti Land yang bergerak di bidang Desain Arsitektur, Kontraktor, Toko Bangunan, Developer Properti, dan Agen Properti. Berdiri sejak tahun 2011

×